Info Terbaru Harga Ikan Channa di Indonesia

Bagi Anda penggemar ikan hias, pastinya sudah tidak asing dengan ikan channa atau ikan gabus. Meskipun termasuk salah satu jenis ikan konsumsi, ikan channa memiliki banyak varian yang tergolong dalam ikan hias. Harga ikan channa hias di pasaran tak kalah mahal dengan ikan jenis lainnya yang sedang populer saat ini.

Ikan channa (sumber: petpintar.com)
Ikan channa (sumber: petpintar.com)

Karakteristik dan Aturan Memelihara Ikan Channa

Ikan channa merupakan ikan predator yang dapat dikonsumsi sekaligus dijadikan ikan hias karena bentuk fisiknya yang unik. Setiap varian ikan channa memiliki keunikan pada corak tubuhnya. Ada ikan gabus yang memiliki corak seperti macan, garis-garis, hingga warna yang menyerupai kulit ular.

Bacaan Lainnya

Secara umum, ikan channa memiliki di air tawar dan banyak ditemukan di rawa. Rawa sendiri adalah lahan genangan air yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat. Karena bersifat predator, tak heran ikan channa akan tumbuh dengan baik di rawa-rawa, apalagi jika rawa tersebut dipenuhi dengan tumbuhan dan ditinggali banyak serangga atau katak.[1]

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan channa, Anda tidak perlu khawatir dengan habitatnya. Pasalnya, ikan channa adalah ikan yang mampu beradaptasi dengan mudah di berbagai macam lingkungan. Anda bahkan bisa meletakkannya dalam akuarium dengan air yang jernih.

Baca juga  Info Terbaru Harga Murai Bordan (Gacor, Jantan, Betina)

Ikan channa juga merupakan salah satu jenis ikan yang dapat bertahan lebih lama dibanding dengan jenis ikan hias lainnya. Ikan gabus memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah sakit atau stres. Karena daya imun yang kuat dan mampu beradaptasi dengan mudah, tak heran merawat atau memelihara ikan channa juga tergolong mudah.

Selain dan perawatannya, banyak penggemar ikan predator yang memilih memelihara ikan channa karena sifatnya yang unik. Ikan channa memiliki sifat yang agresif dan keagresifannya bisa meningkat saat mereka memangsa makanan. Cara ikan gabus memangsa makanannya merupakan hiburan tersendiri bagi kolektor ikan predator.

Sifat ikan channa juga dapat berbeda-beda, meskipun ikan tersebut adalah hasil peranakan dari jenis ikan gabus yang sama. Bisa dibilang, ikan channa memiliki karakternya sendiri-sendiri, dilihat dari tingkat keagresifan dan caranya menerkam mangsa.

Untuk pakannya, Anda bisa memberikan dua jenis makanan, yaitu makanan dan mati. Jenis pakan hidup yang bisa Anda berikan antara lain ikan sungai berukuran kecil, jangkrik, dan belalang. Jika Anda malas memberikan makanan hidup, Anda juga bisa memberi pakan mati, seperti cincangan ikan rucah, cincangan siput sawah atau bekicot, dan pelet ikan berprotein tinggi.

Baca juga  Info Update Harga Plastisin Lilin di Pasaran

Sebaiknya, Anda memilih jenis pakan dengan kandungan protein dan lemak yang seimbang. Hal ini akan membuat ikan channa dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Ikan channa sendiri dapat tumbuh hingga sepanjang 1 m, tergantung dari jenisnya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan vitamin ikan untuk menjaga kesehatan ikan dan mencegah penyakit.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada banyak jenis ikan channa yang bisa Anda pelihara. Meskipun begitu, ada dua varian ikan channa yang tidak diperbolehkan untuk dipelihara, yaitu ikan channa argus dan mallius. Sementara, yang lain, seperti ikan channa striata, dapat Anda pelihara. Ikan gabus tersebut adalah jenis ikan channa konsumsi yang bisa dikembangbiakkan dengan bebas.

Sementara, jika Anda ingin memelihara ikan channa selain channa striata, Anda tidak boleh sembarangan mengembangbiakkannya. Diperlukan izin khusus untuk mengembangbiakkan ikan channa, entah itu sebagai bisnis atau koleksi. Selain itu, Anda dilarang keras membuang atau melepaskan ikan channa di selokan atau perairan bebas. Hal ini karena sifat ikan channa yang mudah berkembang biak dan agresif, dapat merusak keseimbangan ekosistem.

Baca juga  Info Terbaru Harga Burung Ekek Keling Jawa dan Kalimantan
Ikan Channa (sumber: Ikanesia)
Ikan Channa (sumber: Ikanesia)

Harga Ikan Channa

Varian Ikan Channa Harga per Ekor
Channa Limbata 2 – 3 cm Rp5.400 – Rp7.000 per ekor
Channa Pulchra (Baby) 4 cm Rp25.000
Channa Maru Yellow Sentarum (Baby) Rp50.000
Channa Gachua Rp250.000
Channa Red Maru Rp500.000
Channa Asiatica Rp500.000
Channa Maru Yellow Sentarum Red Eye Rp500.000
Channa Andrao India Rp800.000
Channa Toman Big Size Rp1.000.000
Channa Red Marulioides Red Sampit Rp1.200.000
Channa Maru Red Sampit 58 cm Rp2.500.000

Harga ikan channa di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga ikan channa tahun 2021 dan 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Channa Gachua yang dibanderol Rp100 ribu per ekor tahun 2020, naik menjadi Rp200 ribu per ekor tahun 2021, naik lagi menjadi Rp250 ribu per ekor tahun 2022. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa datang ke hewan atau ikan terdekat.

[Update: Almas]

[1] Astria, Jimmi, dkk. 2013. Kelangsungan dan Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata) pada Berbagai Modifikasi PH Media Air Rawa yang Diberi Substrat Tanah. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, Vol. 1(1): 66-75.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.