Rekomendasi Biaya Kuliah di Australia Paling Murah

Australia menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan populer orang Indonesia untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pasalnya, Negeri Kanguru memang memiliki banyak kampus oke, bahkan beberapa di antaranya sudah masuk universitas terbaik di dunia. Sayangnya, biaya kuliah di negeri terkenal mahal. Lantas, apa saja kampus di Australia dengan biaya kuliah paling murah?

Kelebihan Kuliah di Australia

Banyak pelajar Indonesia, terutama yang punya anggaran banyak, memutuskan melanjutkan kuliah di Australia. Pasalnya, negara ini memang termasuk salah satu negara yang memiliki kepedulian yang besar terhadap pendidikan. Sistem pendidikan Australia berstandar tinggi dan telah memperoleh pengakuan internasional.

Bacaan Lainnya
Kuliah di Australia (educations.com)
Kuliah di Australia (educations.com)

Institusi pendidikan di Australia mengembangkan keterampilan dan membangun kepercayaan diri peserta didik. Lulusan universitas di Australia memiliki keunggulan pada penelitian dan inovasi terdepan, sedangkan pendidikan kejuruan dan teknik di negara tersebut telah memajukan sektor industri yang sedang berkembang pesat.[1]

Australia juga menjadi salah satu penyelenggara pendidikan dan pelatihan terdepan di dunia bagi siswa internasional, termasuk pelatihan bahasa Inggris.[2] Lebih dari 400 ribu pelajar dari sekitar 20 negara menerima pendidikan di Australia setiap tahunnya. Kursus ditawarkan bagi di Australia maupun di luar negeri.

Mencari kampus di Australia pun sangat mudah, karena banyaknya perguruan tinggi di negara tersebut. Universitas dan institut bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru negara ini. Namun, bagi yang berburu perguruan tinggi dengan biaya pendidikan cukup murah, berikut nama-nama yang sering direkomendasikan.

Kampus Murah di Australia

  • University of Southern Queensland. Seperti namanya, kampus ini terletak di Queensland, Australia. Juga kerap disebut USQ, universitas tersebut menawarkan beragam studi, dan beberapa yang menjadi favorit antara lain engineering, health, law, business, science, arts, dan education. Tergantung jurusan yang diambil, biaya kuliah di tempat ini termasuk murah.
  • James Cook University. Juga berada di kawasan Queensland, tepatnya di Queensland Utara, James Cook University adalah perguruan tinggi negeri yang memberikan biaya kuliah terjangkau bagi mahasiswa. Bisa ditemukan pula di Brisbane, kampus ini menitikberatkan pendidikan pada ilmu kelautan, keanekaragaman hayati, dan pengelolaan ekosistem tropis. Meski demikian, masih ada jurusan lainnya, seperti business, arts, dan healthcare sciences.
  • University of Canberra. Banyak yang bilang, University of Canberra adalah salah satu kampus paling terjangkau di negeri Kanguru. Merupakan universitas pemerintah di Bruce, perguruan tinggi tersebut menawarkan banyak program studi, seperti arts, build environment, business, communication and , design, education, law, health, politics, science, dan sport.
  • Royal Melbourne Institute of Technology. Sering disingkat RMIT, ini adalah perguruan tinggi riset public yang, seperti namanya, terletak di Melbourne. Banyak yang bilang RMIT sebagai salah satu kampus murah terbaik di Australia, terutama dalam bidang seni dan desain. Selain program studi tersebut, juga tersedia jurusan business, communication, aviation, media, property, psychology, engineering, biomedical sciences, dan lainnya.

Selain nama-nama di atas, masih ada sejumlah perguruan tinggi lainnya di Australia yang mematok tarif pendidikan terjangkau. Nama-nama yang telah populer antara lain Federation University, Southern Cross University, Edith Cowan University, Charles Darwin University, University of Wollongong, Curtin University, dan University of the Sunshine Coast. Lalu, berapa biaya pendidikan di kampus-kampus tersebut?

Biaya Kuliah Australia (www.stkate.edu)
Biaya Kuliah Australia (www.stkate.edu)

Biaya Kuliah Murah di Australia

Nama KampusBiaya Kuliah S1
Federation UniversityAUD 9.150 per semester
Charles Sturt UniversityAUD 10.840 per semester
University of Southern QueenslandAUD 12.000 per semester
University of the Sunshine CoastAUD 12.200 per semester
University of QueenslandAUD 12.500 per semester
University of CanberraAUD 13.400 per semester
Charles Darwin UniversityAUD 13.484 per semester
Western Sydney UniversityAYD 13.376 per semester
University of WollongongAUD 13.918 per semester
James Cook UniversityAUD 14.000 per semester
Southern Cross UniversityAUD 14.680 per semester
Royal Melbourne Institute of TechnologyAUD 16.300 per semester
Curtin UniversityAUD 15.875 per semester
Edith Cowan UniversityAUD 16.900 per semester

Informasi biaya kuliah di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Ketika artikel ini ditayangkan, 1 AUD setara dengan Rp10.400. Perlu Anda catat, besaran biaya pendidikan tersebut merupakan rata-rata dan bisa berbeda untuk masing-masing program studi. Selain itu, biaya studi ini juga dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak universitas.

[1] Saifullah. 2014. Konsep Pendidikan Jerman dan Australia (Kajian Komparatif dan Aplikatif terhadap Mutu Pendidikan Indonesia). Jurnal Ilmiah Peuradeun, Vol. 2(2): 261-286.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *