Pilihan Kampus dan Biaya D1 Informatika

Di era digital seperti sekarang ini, memilih program studi Informatika saat meneruskan kuliah merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda akan belajar tentang sistem informasi yang sekarang banyak dibutuhkan. Selain jenjang D3 dan S1, ada beberapa kampus yang menawarkan jurusan D1 Informatika dengan durasi kuliah lebih singkat dan biaya lebih terjangkau.

D1 Informatika (its.ac.id)
D1 Informatika (its.ac.id)

Awalnya, teknologi informasi diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan bidang teknologi informasi semakin luas, termasuk untuk berkomunikasi secara jarak jauh melalui . Media sosial ini memang memungkinkan pengguna aplikasi berbasis internet untuk berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan ruang dunia virtual sendiri.[1]

Bacaan Lainnya

Dengan penggunaan media sosial yang semakin luas dan teknologi sejenis, maka kebutuhan akan tenaga yang tidak cuma melek, tetapi juga ahli teknologi informasi pun terus meningkat. Akhirnya, kuliah program studi Informatika pun semakin diminati. Dengan masuk jurusan Informatika, lulusan nantinya berpeluang bekerja dalam bidang multimedia, rekayasa perangkat lunak, atau sistem cerdas.[2]

Kuliah Jurusan Informatika

  • akan menjadi peka terhadap perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Mereka menjadi lebih terbuka dan juga menyadari perkembangan teknologi, yang membantu mendukung kesuksesan kuliah yang sedang mereka jalani.
  • Bagi mereka yang tekun dalam mengikuti kuliah di jurusan Informatika, akan menjadi lebih memahami dari pemrosesan informasi yang terjadi di dalam suatu sistem komputer, Hal ini akan membantu mahasiswa untuk membangun suatu sistem yang baru, dan dapat menciptakan inovasi-inovasi yang menarik.
  • Kelebihan lainnya masuk kuliah Informatika adalah bisa membuat software dan website sekaligus mengembangkannya.
  • Lapangan kerja untuk lulusan Informatika sangat luas. Saat ini, hampir semua kantor dan perusahaan menggunakan teknologi informasi untuk membantu menjalankan bisnis mereka.
Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Umumnya, perguruan tinggi di Indonesia membuka jurusan Informatika untuk jenjang D3, D4, dan S1. Meski demikian, masih ada sejumlah lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan jenjang D1 Informatika. Keuntungan masuk kuliah D1 ini adalah durasi studi yang lebih cepat dan tentu saja biaya yang lebih terjangkau.

Pilihan Kampus D1 Informatika

  • Politeknik Negeri Jakarta, menawarkan program studi D1 Teknik Komputer dan Jaringan sebagai jawaban atas tingginya kebutuhan tenaga terampil bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Lulusan D1 Teknik Komputer dan Jaringan nantinya berkesempatan untuk bekerja sebagai Network Operation Center, IT Support, IT Helpdesk, atau Network Technician.
  • Alfa Prima Bandung, menyelenggarakan studi D1, juga D2, Manajemen Informatika dan Komputer, yang menargetkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang profesional, terampil, dan siap kerja di bidang manajemen informatika dan komputer. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari personality development, basis , mobile programming, rekayasa perangkat lunak, and object oriented programing. Nantinya, lulusan berpeluang berkarier sebagai Web Administrator Developer, Mobile Apps Developer, Perancang Sistem Informasi, Technopreneur, dan Game Developer.
  • STKOM Sapta Computer Indonesia, merupakan kampus yang berlokasi Balangan dan menyelenggarakan sejumlah program studi 1 tahun, salah satunya Manajemen Informatika. Program studi ini adalah jurusan yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki spesialisasi dibidang rancang bangun sistem informasi manajemen, membuat internet marketing dan e-commerce, bahkan mampu merancang visualisasi sistem manajemen. Nantinya, lulusan berkesempatan bekerja sebagai Problem Solver, Programmer, System Designer, Database Administrator, Project Manager, atau Chief Information Officer.
Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi
Biaya D1 Informatika (uph.edu)
Biaya D1 Informatika (uph.edu)

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa melanjutkan kuliah di D1 Informatika? Besaran biaya tentu saja bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing kampus. Ada yang menerapkan biaya full 1 tahun, ada pula yang harus dibayarkan per semester. Sebagai referensi, berikut kisaran biaya kuliah D1 Informatika saat ini.

Biaya D1 Informatika

Nama Kampus Biaya D1 Informatika
Politeknik Negeri Jakarta (021-7270036, 0812 1110 0992) UKT : Rp3.000.000
Alfa Prima Bali (0361-232422, 0363-2787499, 03612-3425452) Rp14.500.000 (Kelas Malam Tambah Rp1.000.000)
STKOM Sapta Computer Indonesia Balangan (0813 4755 4154, 0812 5542 0669) Biaya Pendaftaran : Rp200.000
Biaya : Rp2.550.000 per semester
Biaya SKS : Rp200.000 per SKS
Uang Pangkal Gel. ! : Rp2.000.000
Uang Pangkal Gel. II : Rp2.500.000
Uang Pangkal Gel. III : Rp3.000.000

Daftar biaya kuliah D1 Informatika di atas kami rangkum dari rilis resmi masing-masing kampus yang bersangkutan. Perlu Anda ketahui bahwa tarif studi tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Biasanya, biaya akan mengalami penyesuaian setiap tahun ajaran baru. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi nomor kontak masing-masing institusi pendidikan.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

[1] Rompis, Kristopper M., et al. 2017. Implementasi Web Media Sosial di Program Studi Informatika Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, Vol. 10.

[2] Satria, Reza dan Hindayati M. 2014. Penentuan Minat pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. JUITA, Vol. III(2): 77-83.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *