Harga Alat Berat Bomag

Alat berat merupakan alat yang dipakai untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan, menjadi faktor penting dalam suatu proyek, terutama proyek konstruksi, pertambangan, atau kegiatan lainnya dengan skala besar.[1] Di pasaran, sudah ada banyak merk alat berat yang dapat dipilih, salah satunya Bomag. Menghadirkan beragam varian dan tipe, harganya memang lumayan menguras kantong.

Bomag merupakan salah nama lawas di bidang konstruksi bangunan karena telah eksis sejak tahun 1957 silam. Brand yang didirikan di Jerman ini diklaim sebagai pemimpin pasar dalam bidang teknologi pemadatan, sering digunakan di sektor konstruksi. Alat pemadatan jalan yang telah dirilis antara lain pemadatan tanah, pemadatan aspal, recyclers, dan juga asphalt finisher.

Bacaan Lainnya
Harga Alat Berat Bomag (sumber: www.heavyequipmentguide.ca)
Harga Alat Berat Bomag (sumber: www.heavyequipmentguide.ca)

Jenis Alat Berat Bomag

  • Asphalt Finisher, digunakan untuk menghamparkan, meratakan, dan memadatkan campuran aspal hotmix untuk membuat lapisan base, binder, dan surface pada konstruksi jalan aspal. Seri C dipakai untuk aplikasi tanah dan aspal dengan tingkat mobilitas rendah, sedangkan Seri P atau Pneumatic (ban) digunakan untuk aplikasi aspal dengan tingkat mobilitas tinggi.
  • Soil stabilizer atau Recycler, alat ini berfungsi sebagai recycler untuk memperbaiki lapisan permukaan sampai dengan lapisan base course jalan yang telah rusak. Sementara sebagai soil stabilizer, alat ini digunakan untuk mencampurkan bahan kapur, semen, atau adiktif lainnya dengan material yang tersedia untuk meningkatkan stabilitas dan homogenitas material jalan.
  • Soil Compactors, merupakan alat berat yang berfungsi untuk memadatkan dan meratakan lapisan tanah atau material pada pekerjaan konstruksi hingga tercapai tingkat kepadatan yang diinginkan.
  • Single Drum Rollers, merupakan alat yang banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi seperti pemadatan tanah pada pembangunan jalan, lapangan parkir, bangunan gedung, bandara, dan bendungan. Seri D dimanfaatkan untuk pemadatan tanah jenis non-kohesif, sedangkan Seri PD digunakan untuk pemadatan tanah jenis sangat kohesif dengan kadar air tinggi dan seri-H untuk pemadatan tanah pada kemiringan curam.
  • Refuse Compactors, adalah alat berat yang berfungsi untuk memadatkan, meratakan, dan menghancurkan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Alat ini dilengkapi dengan blade untuk mendorong dan meratakan sampah pada TPA.
  • Pneumatic Tyred Rollers (PTR), memiliki fungsi utama sebagai alat pemadatan lapisan base course, binder course, dan permukaan pada jalan aspal. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk pemadatan tanah dasar, tanah campur kapur dan semen. PTR juga andal digunakan untuk mengikat campuran aspal guna mendapatkan efek sealing pada lapisan permukaannya.
  • Light Equipment, merupakan alat pemadatan tanah dan aspal untuk galian, saluran pipa, parit, trotoar, taman, lapangan, tempat parkir, perumahan, gedung, jalan, dan jalan perkebunan.
  • Combination Rollers, banyak digunakan pada pekerjaan konstruksi dan perawatan jalan, jalan tol, runway bandara, serta tempat parkir, terutama untuk pemadatan lapisan aspal. Ban pada bagian belakang berfungsi untuk menutup pori-pori permukaan aspal sehingga membuat lapisan aspal menjadi kedap air.
  • Cold Milling, merupakan alat yang tepat digunakan untuk proses perbaikan jalan rusak, pengupasan lapisan aspal atau beton tanpa tulangan atau aspal beton pada proyek rehabilitasi jalan tol, jalan perkotaan, dan jalan antarkota/provinsi.
  • Tandem Vibratory Rollers, digunakan untuk proses pemadatan lapisan aspal pada pekerjaan konstruksi serta perawatan jalan, jalan tol, runway bandara, dan tempat parkir.

Dari berbagai jenis alat berat Bomag tersebut, masih terbagi lagi menjadi beberapa tipe. Single Drum Rollers misalnya, terdiri dari tipe BW-211D-40SL, BW 212D-5SL, BW 220D-5, dan BW 226 DH-5. Sementara itu, Refuse Compactor memiliki seri BC 463 RB-3 dengan berat 24,3 ton, BC 473 RB-3 dengan berat 25 ton, dan BC 573 RB-3 dengan berat 28 ton.

Harga Alat Berat Bomag (sumber: www.constructionequipmentguide.com)
Harga Alat Berat Bomag (sumber: www.constructionequipmentguide.com)

Di Indonesia sendiri, alat berat Bomag disalurkan oleh United Tractors (member of Astra). Sayangnya, pihak perusahaan enggan membocorkan berapa harga produk tersebut untuk yang masih dalam kondisi baru. Sebagai referensi, berikut kami sajikan harga alat berat Bomag second di pasaran dalam negeri.

Harga Alat Berat Bomag

Varian Alat Berat BomagHarga
Bomag BW 120AD-3Rp105.000.000
Bomag BW 219DH-3Rp239.201.000
Bomag BW 212D-2Rp250.000.000 – Rp335.000.000
Bomag BW 141AD-2 2011Rp600.000.000
Bomag BW 211D-40 2019Rp675.000.000
Bomag BW 211D-40 2016Rp750.000.000

Daftar harga alat berat Bomag di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs online. Perlu Anda ingat bahwa harga alat berat Bomag tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda, tergantung kebijakan penjual dan kondisi barang.

Harga Sewa Alat Berat Bomag

Apabila membeli Anda rasa masih sangat mahal, tidak perlu khawatir. Sebagai solusi hemat, Anda bisa menyewa alat berat Bomag. Saat ini sudah ada banyak jasa yang menyewakan alat berat tersebut. Sewa Bomag Roller Tandem BW 120 misalnya, dikenakan biaya Rp150 ribu per jam, belum termasuk . Sementara itu, harga sewa Bomag BW 212D berkisar Rp120 ribu per jam.

[1] Lydianingtias, Diah dan Suhariyanto. 2018. Alat Berat. Malang: Penerbit Polinema Press, hlm. 2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *