Harga Boba Mentah 1kg dan Kemasan Lainnya

Bisnis dan minuman memang tidak pernah mati. Nah, salah satu yang sekarang sedang menjadi tren adalah minuman boba. Boba adalah sejenis bola tapioka yang kerap menjadi isian minuman bubble tea.[1] Dengan pangsa pasar yang luas, berbisnis minuman boba bisa menjadi yang menggiurkan. Anda pun tidak perlu membuat boba sendiri karena sudah banyak boba mentah yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

Apabila Anda hendak berbisnis, salah satu peluang yang cukup menjanjikan memang menjual minuman,. Pasalnya, dalam beberapa belakangan, pasar minuman ringan di Indonesia berkembang cukup pesat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minuman ringan semakin diminati bukan cuma sebagai pelepas dahaga atau teman makan, tetapi juga sudah menjadi bagian lifestyle atau gaya hidup.[2]

Bacaan Lainnya
Harga Boba Mentah (sumber: taipec.com)
Harga Boba Mentah (sumber: taipec.com)

Meski varian dan harga menjadi pertimbangan, mengatakan bahwa keputusan memilih minuman ringan sebagian besar justru dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu.[3] Jadi, kemungkinan seseorang untuk membeli minuman ringan jauh lebih besar dibandingkan produk makanan misalnya. Riset yang sama menemukan, minuman yang paling banyak dikonsumsi adalah air dalam kemasan, minuman bersoda, dan teh dalam kemasan.

Apa Itu Boba?

Nah, jika Anda tertarik berbisnis minuman teh dalam kemasan, sekarang variannya semakin beragam dan salah satu yang sedang diminati adalah teh boba. Kebanyakan resep mengandung bahan dasar teh yang dicampur dengan buah atau , ditambahkan bola tapioka kenyal atau jeli buah yang disebut boba.[4] campuran es biasanya dicampur dengan buah atau sirup, sehingga menghasilkan konsistensi yang cair.

Industri minuman boba mulai merambah dunia food and beverages di Indonesia sekitar awal 2011 silam. Beberapa gerai yang telah menjual minuman ini sebut saja Chatime, Share Tea, Gulu-Gulu, dan lainnya. Tidak sekadar teh yang dicampur dengan boba, melainkan dikombinasikan dengan beragam rasa seperti , anggur, strawberry, dan lainnya.

Apabila Anda juga tertarik berbisnis minuman boba, memang Anda bisa mengajukan kemitraan dengan gerai yang sudah eksis dan membuka sistem franchise atau waralaba. Namun, jika ingin memulai usaha secara mandiri, maka Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, termasuk boba. Boba terbuat dari tepung tapioka yang tidak memiliki banyak rasa, sehingga rasa manis sebagian besar berasal dari gula atau madu yang direndam sebelum disajikan.

Cara Membuat Boba

  • Anda harus menyiapkan bahan dasarnya terlebih dahulu, yakni 60 sampai 70 gram tepung tapioka, 60 ml air mendidih, dan pewarna makanan (opsional).
  • Setelah bahan siap, siapkan mangkuk tahan panas. Masukkan tepung tapioka dan air mendidih. Aduk rata. Tutup adonan boba dengan kain lembap agar tidak mengering.
  • Kalau menggunakan pewarna makanan, ambil adonan sekitar 1/8 sendok teh dan bentuk bulat-bulat.
  • Siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti. Letakkan boba di atasnya dan biarkan sampai kering selama minimal 2 jam.
  • Isi panci dengan air, didihkan, dan masukkan boba yang sudah kering.
  • Boba akan mengapung saat sudah setengah matang. Rebus lagi selama 15-20 menit. Angkat dari kompor dan tiriskan. Boba siap digunakan untuk membuat bubble tea atau dessert lain.

Sebenarnya cara membuat boba cukup mudah. Namun, apabila Anda tidak memiliki banyak waktu luang atau mungkin belum terlalu jago mengolah bahan, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang sudah banyak pedagang yang menjual boba mentah, baik secara kiloan atau kemasan. Berikut informasi harga boba mentah di pasaran dalam negeri.

Harga Boba Mentah (sumber: pearllemonboba.com)
Harga Boba Mentah (sumber: pearllemonboba.com)

Harga Boba Mentah

Kemasan Boba MentahHarga
Belza Boba Mentah 1 kgRp22.000
Iptin Boba Mentah 1 kgRp22.500
Jitu Boba Mentah 1 kgRp23.000
Panda Boba Mentah 1 kgRp25.000
Bendiga Boba Mentah 1 kgRp26.000
Dal-Del-Dol Boba Mentah 1 kgRp27.000
Bobatee Boba Mentah 1 kgRp28.000
Nataria Boba Mentah 500 grRp35.000
Boba Mentah Rainbow 1 kgRp37.000
Bobatee Boba Mentah 1 kg x 10 pcsRp250.000

Daftar harga boba mentah di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga boba mentah tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain produk bermerk, banyak juga pedagang yang menawarkan boba mentah tanpa brand dengan harga yang tidak jauh berbeda.

[1] Tari, Putri Sukma dan Hartini. 2021. Pengaruh Minat Beli, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Minuman Boba (Studi Kasus pada “Your Boba” di Kecamatan Empang). Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa,

[2] Alamsyah, Zeffry, dkk. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Jenis Minuman pada Situasi Konsumsi Hang-Out dan Celebration. Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol. 1(1): 40-55.

[3] Ibid.

[4] Schwartz, Samantha. 2016. Boba Tea Recipes: Join the Bubble Tea Revolution. CrateSpace Independent Publishing Platform.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *