Harga Ikan Channa Limbata (Semua Ukuran)

Apakah Anda mengenal ikan channa? Jika tidak, bagaimana dengan ikan gabus? Yup, channa dapat dikatakan sebagai istilah ‘kerennya’ ikan gabus. Varian itu sendiri hadir dalam beberapa jenis, salah satunya channa limbata. Ikan tersebut sekarang semakin populer dan telah sering dilombakan atau diadakan kontes. Jika Anda tertarik memelihara ikan ini, harganya di ternyata cukup terjangkau.

Ikan channa limbata (sumber: shopee)
Ikan channa limbata (sumber: shopee)

Sebelum membahas mengenai channa limbata, tidak ada salahnya jika kita kulik sedikit mengenai varian channa. Channa adalah salah satu dari genera famili Channidae, selain parachanna[1]] Genus channa ini dapat dibedakan menjadi setidaknya 34 spesies dan merupakan ikan asli dari wilayah Asia, sedangkan genus parachanna terdiri atas tiga spesies dan merupakan ikan asli Afrika.

Bacaan Lainnya

Ikan channa merupakan ikan predator yang dapat dikonsumsi sekaligus dijadikan ikan hias karena punya bentuk fisik yang unik. Secara umum, ikan ini memiliki habitat di air tawar dan banyak ditemukan di rawa. Karena bersifat predator, tak heran ikan channa akan tumbuh dengan baik di rawa-rawa, apalagi jika rawa tersebut dipenuhi dengan dan ditinggali banyak serangga atau katak.[2]

Baca juga  Info Ciri Fisik dan Update Harga Burung Flamboyan di Pasaran

Meskipun habitat aslinya ada di rawa-rawa, tetapi ikan channa juga dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan seperti aquarium. Pasalnya, ikan ini dikenal punya daya tahan yang kuat dan tidak mudah sakit atau stres. Karena memiliki daya imun yang kuat dan mampu beradaptasi dengan mudah, tak heran cara merawat atau memelihara ikan channa juga tergolong mudah.

Ciri Channa Limbata

Seperti disinggung di atas, channa terdiri dari banyak spesies, dan salah satu yang sekarang sedang populer dibudidayakan masyarakat Indonesia adalah channa limbata. Channa limbata termasuk salah satu ikan gabus lokal asli Indonesia selain channa marulioides yellow. Jika channa marulioides yellow banyak ditemukan di Danau Sentarum, Kalimantan Barat, maka channa limbata bisa ditemukan di perairan pegunungan di Pulau Jawa.

Berdasarkan suatu riset, channa limbata tersebar luas di seluruh kepulauan Indonesia bagian barat, termasuk Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Pada habitat aslinya, ikan ini hidup di hulu sungai, sumber mata air jernih, dan parit persawahan. Hal tersebut berbeda dengan gabus besar yang kebanyakan ditemukan di hilir sungai dan rawa-rawa.

Secara umum, postur channa limbata cukup kecil, dengan panjang maksimal sekitar 25 cm sampai 30 cm. Sering pula disebut channa gunung, ikan ini kebanyakan memiliki tubuh berwarna abu-abu hingga hitam, dengan garis merah pada ujung sirip dorsal dan sirip ekor. Ada pula varian yang punya sirip atas berwarna kombinasi cokelat dengan kuning, meskipun memang cukup jarang.

Baca juga  Update Harga Guppy Red Dragon (Jantan, Betina, Sepasang)

Selain punya warna yang cantik, channa limbata juga terkenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat meskipun diletakkan tidak di habitat aslinya. Pasalnya, ikan ini mampu mengambil oksigen langsung dari udara. Bahkan, dengan volume air yang sedikit saja, mereka masih bisa bertahan hidup dan berkembang. Meski demikian, jika gagal beradaptasi dengan suhu kota, gabus gunung dapat terkena white spot dan penyakit velvet.

Saat ini, pamor channa limbata semakin menanjak dan bahkan menyaingi ikan gabus impor. Di beberapa kota di Indonesia, seperti Semarang dan Surabaya, sudah ada kontes ikan hias yang juga melombakan channa limbata. Dengan kata lain, ikan ini naik kasta dari sebelumnya ‘hanya’ sebagai ikan gunung, sekarang menjadi ikan kecantikan.

Ikan channa limbata (sumber: jagadtani.com)
Ikan channa limbata (sumber: jagadtani.com)

Nah, apabila Anda tertarik memelihara ikan channa limbata, tidak sulit mendapatkan ikan tersebut. Anda dapat membelinya langsung di toko atau pasar ikan terdekat. Jika kesulitan, banyak pedagang yang saat ini juga sudah menjual channa limbata lewat sejumlah  situs beli online. Lalu, berapa ikan tersebut saat ini?

Channa Limbata

Ukuran Channa Limbata
Channa Limbata 2 – 3 cm Rp5.400 – Rp7.000 per ekor
Channa Limbata 4 – 5 c, Rp10.000 per ekor
Channa Limbata 8 cm Rp15.500 per ekor
Channa Limbata 10 – 12 cm Rp22.500 – Rp25.000 per ekor
Channa Limbata 13 – 15 cm Rp27.500 per ekor
Channa Limbata 16 – 17 cm Rp35.500 per ekor
Channa Limbata 20 cm Rp52.000 – Rp65.000 per ekor
Channa Limbata Lawu Grade A Rp80.000 per ekor
Channa Limbata Proven Sepasang Rp100.000
Channa Limbata Golden Xanthic 5 – 6 cm Rp155.000 per ekor
Channa Limbata Golden Xanthic 7 cm+ Rp600.000 per ekor
Baca juga  Update Harga Drum Plastik Kotak (Baru dan Bekas)

ikan channa limbata di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga ikan gabus gunung tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa berbeda meskipun produk yang ditawarkan mungkin sama.

[1] Irmawati, et al. 2017. Identifikasi Ikan Gabus, Channa spp. (Scopoli 1777) Stok Liar dan Generasi I Hasil Domestikasi Berdasarkan Gen Cytochrome C Oxidase Subunit I (COI). Jurnal Iktiologi Indonesia, Vol. 17(2): 165-173.

[2] Astria, Jimmi, dkk. 2013. Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Gabus (Channa striata) pada Berbagai Modifikasi PH Media Air Rawa yang Diberi Substrat Tanah. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, Vol. 1(1): 66-75.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.