Harga Talas Bogor Mentah (1 kg dan 1 pcs)

Bogor tidak cuma terkenal dengan tempat wisatanya, tetapi juga memiliki banyak kuliner menarik, termasuk olahan talas. Secara tradisional, orang Kota Hujan mengonsumsi talas untuk camilan, bisa digoreng atau dikukus. Nah, apabila Anda juga ingin merasakan menjadi ‘orang Bogor’, sekarang sudah banyak yang menawarkan talas Bogor mentah dengan harga yang terjangkau.

Anda pasti sudah sering mendengar tentang talas. Talas (Colocasia esculenta) adalah tanaman yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia, termasuk tanaman umbi-umbian minor yang dapat digunakan sebagai tanaman pangan.[1] Di Indonesia, talas dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang cukup populer dan produksi cukup tinggi, terutama di daerah Jawa, seperti Bogor, , dan Sumedang.

Bacaan Lainnya
Harga Talas Bogor Mentah (bogorraincake.com)
Harga Talas Bogor Mentah (bogorraincake.com)

Jenis Olahan Talas Bogor

Nah, dari sekian banyak talas, salah satu yang cukup populer adalah talas Bogor. Umbi talas Bogor kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan , talas kukus dengan parutan kelapa sebagai pelengkap hidangan, atau dengan membuat olahan kripik dari talas.[2] Dalam 100 gram talas Bogor, disebutkan mengandung 98 kkal kalori, 1,9 gr protein, 0,2 gr lemak, 23,7 gr karbohidrat, 28 mg kalsium, dan 61 mg fosfor.

Talas Bogor juga kerap diolah menjadi tapai karena punya kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Sebelum dibuat menjadi tapai, kulit talas dikupas terlebih dahulu serta dipotong batangnya, kemudian dicuci untuk menghilangkan getahnya serta mengurangi kadar senyawa oksida yang ada di dalam tersebut. Talas lantas direndam dalam larutan natrium klorida, lalu dibilas dengan air bersih untuk menghilangkan . Jarum-jarum kristal kalsium oksalat penyebab gatal-gatal juga dapat dihilangkan dengan pencucian dan perendaman beberapa kali secara tepat.

Talas yang telah dicuci dan dibilas kemudian dipotong sesuai keinginan. Selanjutnya, dilakukan proses pengukusan untuk memperoleh talas yang empuk serta untuk mempermudah ragi mengurai pati yang ada. Ragi yang sudah dihaluskan ditaburkan ke dalam talas, kemudian ditempatkan pada wadah yang telah dilapisi daun pisang. Setelah itu, talas yang telah ditaburi ragi dilapisi daun pisang sebelum difermentasi pada wadah yang tertutup selama kurang lebih tiga hari.

Selain tapai, kuliner populer lainnya berbahan baku talas Bogor adalah kue lapis. Untuk membuat makanan ini, Anda bisa menyiapkan loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti tanpa diolesi margarin. Setelah itu, masukkan talas, air, dan santan ke , proses hingga halus. Campur talas dengan mentega, aduk hingga rata dan sisihkan.

Langkah selanjutnya, Anda bisa mengocok , , dan garam hingga larut, lalu tambahkan cake emulsifier dan kocok hingga mengembang menggunakan mixer. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder, aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan campuran talas, aduk kembali sampai rata. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu diberi green tea bubuk dan lainnya pewarna kuning, aduk rata.

Tuang adonan kuning ke dalam loyang yang sudah disiapkan, kukus dalam panci pengukus yang telah dipanaskan selama sekitar 15 menit. Tuang adonan green tea, kukus kembali selama 20 menit hingga matang dan angkat. Keluarkan kue dari loyang, hiasi dengan butter cream dan taburan . Anda pun bisa memberikan potongan strawberry dan kue siap disajikan.

Olahan Talas Bogor (urbanjabar.com)
Olahan Talas Bogor (urbanjabar.com)

Apabila Anda tertarik mencoba resep dari talas Bogor di atas, Anda tentu harus memiliki umbinya terlebih dahulu. Tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat, karena talas Bogor sudah dijual secara luas. Anda pun bisa membelinya lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga talas Bogor saat ini di pasaran.

Harga Talas Bogor Mentah

Ukuran Talas Bogor MentahHarga
Talas Bogor Mentah Potong 1 kgRp20.000 – Rp25.000
Talas Bogor Mentah 1 kgRp35.000
Talas Bogor Mentah 1 pcsRp40.000 – Rp50.000
Talas Bogor Mentah 2 kgRp60.000

Daftar harga talas Bogor mentah di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga talas Bogor mentah tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Selain umbinya, daun talas Bogor ternyata juga kaya kandungan gizi. Daun talas dikatakan mengandung protein, lemak, karbohidrat, gula, kalsium, serta serat. Dalam 100 gram daun talas mentah diklaim mengandung 85,66 gram air dan 42 kkal energi. Dengan kandungannya tersebut, manfaat daun talas Bogor setara dengan umbinya.

[1] Andarini, Yusi N. dan Andari Risliawati. 2018. Variabilitas Karakter Morfologi Plasma Nutfah Talas (Colocasia esculenta) Lokal Pulau Jawa. Buletin Plasma Nutfah, Vol. 24(1): 63-76.

[2] Kuswara. 2022. Buku Kuliner Populer: Kudapan Enak dari Singkong, Ubi, Kentang dan Talas. Jakarta: Tim Dapur Gramedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *