Harga Channa Stewartii (Baby, Dewasa, Full Dot)

Banyak varian channa yang dapat Anda pilih untuk dipelihara, salah satunya channa stewartii. Ini adalah varian channa dengan warna sisik yang memukau, mengeluarkan warna biru cerah. Ukuran tubuh channa stewartii juga dapat mencapai 25 cm atau lebih. Di pasaran dalam negeri, ikan ini ditawarkan dengan harga mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah per ekor, tergantung size.

Bagi yang belum tahu, channa adalah sebutan bagi ikan gabus hias, karena ada juga ikan gabus yang dipelihara untuk dikonsumsi. Banyak hidup di Asia dan Afrika, ikan gabus hias ini rata-rata memiliki tubuh memanjang dengan kepala bersisik yang berbentuk pipih dan lebar. Bentuk badan ikan gabus hampir mirip bundar ke bagian depan dan pipih tegak ke arah belakang, sehingga juga kerap disebut ikan berkepala ular atau snakehead.[1]

Bacaan Lainnya

Meskipun tampak mirip, ikan gabus hias jantan dan memiliki beberapa perbedaan. Kepala channa jantan cenderung lonjong, sedangkan betina membulat. Tubuh channa jantan juga lebih tipis dan tidak membulat dibandingkan betina, dengan warna tubuh lebih gelap. Meski demikian, gerakan ikan gabus jantan lebih lincah dibandingkan betina.

Harga Channa Stewartii (Instagram.com/meenkaran_ig)
Harga Channa Stewartii (Instagram.com/meenkaran_ig)

Ciri Channa Stewartii

Seperti disinggung di atas, ada banyak varian ikan channa yang sudah dipelihara, salah satunya channa stewartii. Ini adalah spesies snakehead dalam keluarga Channidae, yang berasal dari Nepal dan negara bagian Arunachal Pradesh, Assam, Manipur, Meghalaya, Nagaland, dan Tripura di . Juga dapat ditemukan di Bangladesh, ikan air tawar ini kebanyakan menghuni aliran di perbukitan meski juga bisa ditemukan di kolam.

Sering disebut sebagai ikan channa barca KW, channa stewartii rata-rata punya tubuh maksimal 25 cm, meskipun ada juga yang melebihi 30 cm. Warnanya cenderung biru, dengan warna channa stewartii karbianglong lebih cerah dibandingkan channa stewartii arunachal yang lebih gelap. Dot pada channa stewartii karbianglong membentuk bar seperti channa auranti, sedangkan channa stewartii arunachal punya dot hampir penuh seperti channa barca.

Tips Merawat Channa Stewartii

  • Jika Anda kebetulan tidak memiliki kolam, Anda bisa mempersiapkan aquarium terlebih dahulu. Ukuran akuarium yang disarankan adalah 60 x 30 x 30 cm untuk ikan yang berukuran kecil atau 100 x 40 x 40 cm untuk ikan berukuran sedang.
  • Setelah aquarium siap, isi dengan air bersih dan endapkan selama 2 sampai 4 hari, bertujuan menghindari kotoran bercampur dengan air.
  • Untuk membuat lingkungan aquarium menjadi cerah, Anda bisa mengatur background, dasaran atau substrat, dan air aquarium. Latar aquarium sebaiknya berwarna putih, sedangkan dasar aquarium atau substrat disarankan memakai pasir merah atau cokelat berukuran sedang.
  • Siapkan pula air pump (bisa berkapasitas 100 line), pH meter digital untuk mengukur derajat keasaman air (disarankan pH 5-7), obat-obatan seperti garam ikan, scoop nylon lembut, selang air, dan gas oksigen.
  • Memasang sistem filter sangat disarankan agar kondisi air di dalam aquarium tetap bersih dan berkualitas sehingga ikan nyaman dan warna ikan keluar maksimal.
  • Seperti lainnya, pakan juga penting apabila Anda memelihara channa stewartii. Anda bisa memberinya pakan alami seperti ikan kecil, jangkrik, cacing, ulat hongkong, atau kutu air. Sementara itu, untuk pakan buatan, bisa menggunakan pelet, maggot kering, ulat kering, dan lainnya.
  • Untuk mendapatkan warna biru yang menyala, porsi pemberian pakan juga perlu diperhatikan. Jika memilih udang, bisa diberikan sampai ikan kenyang, kemudian 6 hari sisanya diberi produk pelet khusus untuk meningkatkan warna biru. Udang mengandung vitamin A dan protein yang tinggi.
  • Dalam sebulan, usahakan sekali atau dua kali memberi pakan cacing tanah atau katak sawah sebagai selingan.
Harga Channa Stewartii (fishkeeper.co.uk)
Harga Channa Stewartii (fishkeeper.co.uk)

Nah, setelah mengetahui tips memelihara channa stewartii, apakah Anda tertarik membudidayakan ikan tersebut? Jika iya, Anda tidak perlu bingung mencarinya karena varian ini telah dijual bebas. Anda bisa membelinya di toko atau pasar ikan hias. Selain itu, banyak juga pedagang yang menjualnya lewat sejumlah marketplace. Sebagai referensi, berikut kisaran harga ikan channa stewartii di pasaran dalam negeri.

Harga Channa Stewartii

Ukuran Channa Stewartii Harga
Channa Stewartii Baby Rp18.000 – Rp25.000 per ekor
Channa Stewartii 5-6 cm Rp130.000 per ekor
Channa Stewartii 7-8 cm Rp161.000 per ekor
Channa Stewartii 15-17 cm Rp291.000 per ekor
Channa Stewartii 20 cm Rp450.000 per ekor
Channa Stewartii 23 cm Rp950.000 per ekor
Channa Stewartii 30 cm Rp1.002.000 per ekor
Channa Stewartii Full Dot 22 cm Rp1.492.000 per ekor
Channa Stewartii Himalaya Full Dot 27-28 cm Rp2.475.000 per ekor

Daftar harga channa stewartii di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga ikan channa stewartii tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga channa stewartii di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Makmur, S, et al. 2003. Biologi Reproduksi, Makanan (Channa striata Bloch) di Daerah Banjiran Sungai Musi Sumatera Selatan (Tesis). Jurnal Iktiologi Indonesia, Vol. 3(2): 57-62.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *