Info Terkini Tips Mencerahkan Warna Ikan Louhan yang Pudar

Ikan yang masih anakan, apalagi masih dalam masa pertumbuhan, umumnya membutuhkan proses untuk bisa menjenongkan kepalanya dan juga memunculkan corak warna cerah seperti yang Anda idam-idamkan. Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencerahkan warna ikan louhan.

Ikan louhan (sumber: cermati.com)
Ikan louhan (sumber: cermati.com)

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ikan berwarna cerah adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas. Biasanya, pakan alami seperti cacing sutra dinilai sebagai pakan terbaik untuk ikan louhan. Sebab, cacing sutra dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa membantu mengeluarkan warna pada ikan louhan.

Bacaan Lainnya

Selain cacing sutra, alternatif pakan alami lain yang bisa diberikan adalah jangkrik. Namun, jangkrik yang direkomendasikan biasanya yang masih anakan (belum ada sayapnya). Jika jangkrik tersebut memiliki kaki yang panjang, harus dipotong atau dicabut saja. Manfaat pemberian jangkrik pada ikan kabarnya juga bisa membantu mempercepat munculnya warna merah, asalkan pakan ini diberikan secara rutin.

Baca juga  Update Jenis Ikan Koi Besar dan Harganya di Pasaran

Tak hanya unsur pakan yang perlu diperhatikan, beberapa penghobi ikan hias semacam ikan biasanya menyarankan ikan louhan untuk diletakkan di tempat dengan intensitas cahaya yang terang saat masih masa pertumbuhan. Sebab, ada 2 pigmen yang berperan untuk pembentukan warna pada ikan louhan, yaitu karoten dan melanin.

Karoten berperan untuk pembentukan warna cerah seperti atau kuning, sedangkan melanin berperan untuk pembentukan warna hitam yang selama ini cenderung dihindari oleh para pemilik ikan louhan. Jadi, selain pemberian pakan yang tepat, Anda juga harus memerhatikan penempatan ikan kesayangan Anda.

Jika Anda berencana memunculkan warna yang cerah (karoten), maka letakkan ikan Anda di tempat yang terang, sedangkan tempat gelap untuk pembentukan melanin. Penempatan ikan louhan ini bisa ditaruh di tempat dengan paparan sinar matahari yang baik atau bisa juga diberi lampu fluorescent untuk pencahayaan yang lebih baik.

Kemudian, Anda juga bisa mencoba pemberian zat spirulina pada ikan dengan warna yang pudar. Spirulina dikenal dapat mencerahkan warna ikan louhan yang pudar, terutama ikan louhan yang mempunyai basis warna biru atau hijau. Pemberian zat spirulina ini bisa Anda lakukan dengan memilih pakan atau pelet yang mengandung spirulina. Saat ini, sudah banyak varian pakan ikan louhan yang mengandung spirulina dan diperjualbelikan secara bebas di pasaran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Anjing Samoyed Anakan dan Dewasa

Tips Mencerahkan Warna Ikan

Ilustrasi: warna ikan louhan yang mulai memudar (sumber: jualo.com)
Ilustrasi: warna ikan louhan yang mulai memudar (sumber: jualo.com)
  • Berikan akuarium yang cukup, berisi 80 hingga 120 liter air untuk satu ikan louhan. Umumnya, ukuran akuarium harus 3/4 lebih besar dari ukuran louhan.
  • Berikan filter agar sirkulasi air berjalan baik dalam akuarium dan airnya terjaga.
  • Suhu air 26 hingga 30 derajat Celcius. Gunakan heater untuk kestabilan suhu dalam akuarium.
  • pH air sekitar 7 hingga 8.
  • Jangan mengganti air terlalu sering agar ikan louhan tidak stres. Cukup ganti setiap dua minggu sekali dengan membuang seperempat air dalam akuarium dan menggantinya dengan yang baru.
  • Berikan makanan yang bergizi dengan lemak dan protein yang tinggi untuk mempercepat munculnya warna dan jenong. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari.
  • Tempatkan louhan pada tempat yang cahayanya redup.
  • Interaksi dengan louhan sangat diperlukan. Misalnya mengajaknya bermain dengan menempelkan ujung jari pada kaca akuarium atau menghadapkan cermin ke arah ikan louhan. Hal ini untuk memicu munculnya sifat agresif louhan sehingga mendorong pertumbuhan jenong. Selain cara tersebut, Anda juga dapat menempatkannya bersebelahan dengan louhan lain.
Baca juga  Info Terbaru Harga Pet Cargo Kucing Anjing (Semua Merk dan Ukuran)

Komposisi pemberian pakan pada ikan louhan juga perlu diperhitungkan secara cermat. Sebagai contoh, pada ikan louhan kecil dan remaja dengan ukuran panjang 2-15 cm, sebaiknya diberi pakan yang memiliki kadar protein 45-60%, 5-7% lemak, serta memiliki kandungan vitamin dan mineral. Sementara, pada louhan dewasa dengan panjang 10-15 cm, bisa diberi pakan 0,5 gram per ekor dengan frekuensi 3-4 kali sehari.

Sekadar info, bagi Anda yang sedang memelihara ikan louhan sebagai sumber bisnis, Anda bisa menjual ikan louhan dengan harga mulai Rp150 ribuan untuk anakan hingga Rp5 jutaan untuk dewasa, tergantung dari jenisnya. Harga tersebut tentu saja bisa berubah, tergantung harga di pasaran.

[Update: Almasshabur]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.