Info Keistimewaan dan Harga Burung Nuri Bayan

No comment198 views

Tak jauh berbeda dengan kakaktua, burung nuri juga pandai mengoceh dan menirukan perkataan orang. Hal tersebut yang mendorong sebagian besar orang tertarik untuk memeliharanya. Dari banyaknya spesies nuri, nuri bayan terbilang populer karena memiliki dua warna berbeda antara jantan dan betina. Burung ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Tak ayal harga jualnya juga terbilang fantastis di pasaran.

Nuri bayan adalah burung berukuran sedang dengan sekitar 43 cm. Ciri fisik lainnya yakni berat burung ini berkisar 200 gram – 250 gram. Umumnya, nuri bayan betina berukuran lebih kecil dari jantan. Burung dengan nama Latin Eclectus roratus ini tersebar di hutan dataran rendah di wilayah Indonesia bagian timur, seperti pulau-pulau di Maluku dan Papua. Populasi nuri bayan juga dijumpai di Papua Nugini dan Australia.

Ilustrasi: Burung Nuri Bayan (credit: wikimedia.org)

Ilustrasi: Burung Nuri Bayan (credit: wikimedia.org)

Burung nuri bayan seringkali membuat sarang di lubang-lubang untuk mencari makan. Nuri bayan diketahui memiliki saluran pencernaan yang sangat panjang. Untuk itu, burung nuri bayan memerlukan makanan yang mengandung banyak serat. Makanan utama burung ini adalah biji-bijian, kacang, buah-buahan, dan beberapa jenis bunga. Buah favoritnya adalah delima dan pepaya.

Baca juga  Harga Gitar Ukulele Senar 6 (Berbagai Merk)

Biasanya induk nuri bayan akan bertelur sebanyak dua butir dan dierami selama kurang lebih 28 hari. Pada saat induk nuri bayan mengerami telurnya, makanan yang baik untuk diberikan terhadap burung-burung tersebut antara lain buah-buahan dan sayur-sayuran. Burung nuri bayan yang masih muda biasanya diambil atau dipanen setelah berusia 12 minggu.

Daya tarik burung nuri bayan mendorong adanya bisnis satwa satu ini. Setiap tahun setidaknya ada sekitar 10 ribu ekor burung nuri bayan yang ditangkap dari habitat aslinya, untuk itu burung ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi.

Keistimewaan Burung Nuri Bayan

  • Nuri bayan telah dilindungi oleh Undang-undang RI no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan dimasukkannya sebagai daftar lampiran pada Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.[1]
  • Perbedaan warna bulu bayan betina dan jantan sangatlah mencolok. Tak heran, jika awalnya para ahli burung di Eropa mengira keduanya merupakan spesies yang berbeda. Nuri bayan jantan memiliki bulu warna , paruh atas berwarna jingga kemerahan dengan ujung kuning, dan paruh bagian bawah berwarna hitam. Sedangkan, untuk burung nuri bayan betina memiliki bulu merah dengan paruh berwarna hitam.
  • Burung nuri bayan memiliki daya tarik yaitu pandai menirukan suara manusia dan suara burung lain.
  • Burung nuri bayan memiliki beberapa nama lain di berbagai daerah di Indonesia. Masyarakat Sumba menyebutnya kaka moro atau kaka wandala. Berbeda dengan penduduk di Pulau Buru yang menamakannya burung karea, sedangkan di Membramo dikenal dengan nama sopies dan di Bacan disebut ubu.[2]
Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Bet Tenis Meja Butterfly di Pasaran

Tak banyak yang tahu jika nuri bayan betina bisa memiliki lebih dari satu pasangan jantan. Bahkan menurut Jurnal Current Biology Cape York, Queensland mengungkapkan, induk betina membesarkan anaknya yang betina dan bisa saja membunuh anaknya yang berkelamin janta. Mengingat burung ini termasuk hewan yang dilindungi, sehingga tidak bisa dengan mudah Anda temukan di pasar hewan. Namun, ada beberapa burung nuri bayan bersertifikat yang diperjualbelikan di berbagai situs online, seperti OLX dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Ilustrasi: Harga Burung Nuri Bayan (credit: wikipedia)

Ilustrasi: Harga Burung Nuri Bayan (credit: wikipedia)

Daftar Harga Burung Nuri Bayan

Jenis Burung Nuri BayanHarga (Rp)
Burung Nuri Bayan anakanMulai 650.000
Burung Nuri Bayan betina dewasa850.000 – 1.000.000
Burung Nuri Bayan jantan dewasa fasih ngomong6.000.000

Meski tidak boleh diperjualbelikan, tetap saja ada oknum yang memanfaatkan situs jual beli online untuk memperdagangkan burung nuri bayan khususnya tanpa sertifikat resmi. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati sebelum membeli.

Baca juga  Info Ciri Khas dan Harga Kakatua Galah

Tak hanya nuri bayan, ada pula spesies burung nuri lain seperti nuri pelangi yang dijual mulai Rp600 ribuan, burung nuri kepala hitam seharga Rp850 ribuan, nuri red lory seharga Rp900 ribuan, dan nuri dusky seharga Rp1,37 jutaan. Perlu diketahui, telah banyak kasus perdagangan burung nuri bayan yang telah diungkap dan pelakunya ditahan. Walaupun tertarik dengan hewan unik satu ini, ada baiknya Anda memilih burung jenis lain untuk dipelihara.

[1]Syerif dan Dede. Dunia Burung dan : Mengenal Fakta Sains dan Keunikannya (Jakarta: Zikrul Hakim Bestari, ), hlm. 29

[2] Jumanta. Buku Pintar Hewan (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020), hlm. 108

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Keistimewaan dan Harga Burung Nuri Bayan"