Update Harga Kitab Al Umm Karya Imam Asy-Syafi’i (Edisi Lengkap dan per Jilid)

Untuk memudahkan umat dalam menjalankan ibadah agama dengan baik dan benar, telah banyak fikih yang telah diterbitkan dan bisa menjadi pedoman. Di antara semua fikih yang pernah terbit, salah satu yang cukup fenomenal di dunia Islam adalah Al Umm karya Imam Asy-Syafi’i. ini hadir dalam 16 . Untuk memiliki ke semua seri buku ini, harganya memang bisa mencapai jutaan rupiah. Mahal? Tentu saja relatif, apalagi ini ditulis dengan yang tergolong unik.

Seri kitab Al Umm (twitter: @bukurepublika)

Seri kitab Al Umm (twitter: @bukurepublika)

Kitab Al Umm bisa jadi merupakan kitab fikih terbesar dan tiada tandingan pada masanya. Kitab ini membahas berbagai persoalan lengkap dengan dalil-dalilnya, baik dari , al-Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. Isi kitab ini adalah sebagai bukti keluasan Imam Syafi’i dalam bidang fikih. Sementara dari sudut yang lain, kitab ini juga dianggap sebagai kitab hadis. Pasalnya dalil-dalil hadis yang dia kemukakan menggunakan jalur periwayatan tersendiri sebagaimana layaknya kitab-kitab hadis.

Sebenarnya, di kalangan ulama, terdapat keraguan dan perbedaan pendapat mengenai penulisan Al Umm, apakah kitab ini ditulis sendiri oleh Imam Syafi’i atau oleh para muridnya. Menurut Ahmad Amin, kitab ini bukanlah karya langsung Imam Syafi’i, tetapi hasil karya muridnya berdasarkan jalan imlak yang dia terima dari Imam Syafi’i. Namun, di sisi lain, Abu Zahrah berpendapat bahwa kita ini merupakan tulisan dari Imam Syafi’i dan juga muridnya.

Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, kitab ini boleh dinisbahkan Imam Syafi’i karena ia memuat pandangan dan pemikirannya dalam bidang hukum, berdasarkan riwayat -muridnya yang diakui adil dan tsiqah. Sebagaimana kaidah penulisan dan penyusunan hadis Rasulullah SAW yang disusun muhaddisin berdasarkan riwayat-riwayat yang sahih di sisi mereka.

Dalam kitabnya, Imam Syafi’i memulai ulasannya dengan mengutip sebuah ayat yang memiliki kandungan hukum dan berkaitan dengan bahasannya tersebut. Kemudian, untuk lebih memperkuat lagi, ia mencantumkan sejumlah hadis dan penjelasan tentang status hadis tersebut. Khusus untuk status hadis, kebanyakan hadis yang dijelaskan derajatnya adalah hadis daif. Sementara, hadis yang tidak diterangkan hukumnya oleh Imam Syafi’i, dianggap sahih dan kuat sebagai landasan hukum.

Layaknya kitab fikih kebanyakan, Imam Syafi’i juga membuat klasifikasi bahasan dalam bab utama, seperti bersuci, salat, zakat, puasa, haji, iktikaf, jinayat (kriminalitas pembunuhan), sumpah (yamin), luqathah (barang temuan), jual beli, alih hutang (hiwalah), pernikahan dan perceraian, serta gadai (rahn). Dalam bab-bab utama tersebut, dibahas juga persoalan-persoalan cabang (furu’).

Di samping itu, kitab ini juga dilengkapi dengan bahasan perdebatan dan perbedaan yang terjadi di kalangan ulama secara tersendiri dan terfokus. Misalnya saja, perbedaan yang terjadi antara Malik dengan Abu Hanifah, Ibnu Abi Laila dengan Al-Awzai, serta perselisihan pandangan di antara ulama Irak dan sanggahan atas Muhammad bin Al Hasan. 

Kitab Al Umm karya Imam Asy-Syafi’i

Lalu, berapa harga Kitab Al Umm karya Imam Asy-Syafi’i? Seperti disampaikan di atas, harga kitab ini memang relatif mahal mengingat kualitas tulisannya. Untuk satu set berisi 16 jilid, kitab tersebut dijual dengan harga Rp2.674.000. Harga tersebut terbilang naik dari tahun lalu yang dijual mulai Rp2.375.000 hingga Rp2.500.000. Sementara, apabila ingin membeli eceran, harganya berkisar Rp110 ribuan, atau Rp350 ribuan untuk tiga jilid sekaligus.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Biaya Kuliah Program S2 (Pascasarjana) Universitas Terbuka
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Kitab Al Umm Karya Imam Asy-Syafi’i (Edisi Lengkap dan per Jilid)"