Komposisi, Indikasi, Dosis dan Update Harga Laserin (Semua Varian) di Apotek, Indomaret, & Alfamart

Ketika cuaca sedang ekstrem, tak jarang kita harus menghadapi masalah penyakit flu dan sejenisnya. Umumnya, kita akan mengalami batuk pilek sebagai gejala utama flu. Untuk mengatasinya, Anda tidak harus terburu-buru pergi ke klinik atau puskesmas. Anda bisa membeli obat batuk pilek yang dijual bebas di pasaran, seperti Laserin yang harga jualnya tergolong terjangkau di apotek, Indomaret, dan Alfamart.

Ilustrasi terserang flu dan batuk (sumber: eymatters.co.uk)
Ilustrasi terserang flu dan batuk (sumber: eymatters.co.uk)

Gejala flu atau selesma, seperti batuk dan pilek, adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang paling umum diderita oleh masyarakat. Sebenarnya, jika Anda flu atau mengalami gejala batuk dan pilek, Anda tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Anda tidak perlu mengonsumsi obat. Namun, jika Anda merasa gejala batuk dan pilek terlalu mengganggu hingga menimbulkan sesak dan pusing, Anda disarankan minum obat.

Bacaan Lainnya

Rentan waktu penyembuhan gejala batuk dan pilek tanpa menggunakan obat tergantung dari seberapa tinggi daya imun Anda. Semakin tinggi daya tahan tubuh Anda, maka semakin cepat proses penyembuhan gejala flu, dan sebaliknya. Puncak gejala batuk dan pilek biasanya akan terasa pada hari ke-3 dan ke-4. Pada hari tersebut, batuk akan terasa lebih berat dengan pilek yang tak kunjung habis. Sementara itu, rata-rata durasi gejala flu, seperti batuk dan pilek, akan berlangsung selama 7 hingga 10 hari.[1]

Baca juga  Update Harga British Propolis (Varian Reguler dan Kids)

Indikasi Laserin

Untuk mempercepat proses penyembuhan batuk dan pilek, Anda bisa minum obat batuk keluarga, seperti laserin. Laserin sendiri merupakan salah satu jenis obat syrup sekaligus obat tradisional yang diformulasikan dari berbagai macam ekstrak herbal dan tanaman TOGA lainnya yang berkhasiat meredakan berbagai macam gejala flu. Karena termasuk obat tradisional, tak heran jika Laserin sudah dikenal turun-temurun hingga kini.

Laserin dikategorikan sebagai obat batuk dan pilek yang diproduksi oleh PT Mecosin Indonesia UAI. Pabrik tersebut memproduksi Laserin dalam beberapa varian, seperti Laserin original atau biasa disebut dengan Laserin obat batuk hitam, Laserin madu untuk anak-anak, dan Laserin obat herbal keluarga dengan kemasan warna hijau.

Dengan banyaknya kandungan herbal pada Laserin, obat ini dikatakan memiliki indikasi untuk meredakan batuk, mengatasi masuk angin, mengobati sakit perut, menghilangkan rasa mual, meredakan muntah, dan membantu melegakan pernapasan. Meskipun indikasi setiap varian Laserin sama, namun komposisi setiap obat Laserin berbeda.

Komposisi Laserin

Varian Laserin Komposisi
Laserin Syrup Original Herba euphorbia hirta, jahe, cengkeh, sirih, daun saga, buah kardamon, mentha arvensis, daun hibiscus, minyak permen, dan sari manis
Laserin Syrup Rasa Madu Anak Herba euphorbia hirta, jahe, cengkeh, sirih, daun saga, buah kardamon, mentha arvensis, daun hibiscus, minyak permen, sari manis, dan mel depuratum (madu)
Laserin Herbal Kemasan Hijau Zingiberis rhizoma, piper betle folium, blumeae folium, plantaginis herba, centella herba, cinnamomum cortex, caryophylli flos, euphorbia hirta herba, amomi fructus, menthae arvensis folium, dan succus liquiritiae
Laserin Plus Batuk Syrup Herba euphorbia hirta, Jahe, Cengkeh, sirih, Daun saga, Buah kardamon, Mentha arvensis, Daun hibiscus, Minyak permen, Sari manis, Mel depuratum (madu)
Baca juga  Update Harga Perban Kasa Steril di Apotek

Tahun 2020 tersedia varian Laserin Herbal Kemasan Hijau. Namun, tampaknya varian tersebut mulai tahun 2021 dan 2022 telah digantikan oleh produk Laserin Plus Batuk Syrup dengan kemasan warna biru. Untuk mendapatkan khasiat optimal dari Laserin, tentunya Anda perlu memperhatikan dosis dan cara penyajian yang tepat. Tidak memperhatikan cara penyajian dan takaran obat, tentu akan berakibat fatal dan penyakit tak kunjung sembuh.

Ilustrasi: Harga Laserin (credit: Shopee)
Ilustrasi: Harga Laserin (credit: Shopee)

Dosis dan Cara Penyajian Laserin

Varian Laserin Dosis
Laserin Syrup Original Dewasa: 1-2 sendok makan 3 x sehari, anak: 1-2 sendok teh 3 x sehari, bayi: 1/2 sendok teh 2 x sehari
Laserin Syrup Rasa Madu Anak Anak: 3 x sehari 1-2 sendok teh, bayi: 2 x sehari 1/2 sendok teh
Laserin Plus Batuk Syrup Dewasa: 3 kali sehari 1-2 sendok makan, anak-anak: 3 kali sehari 1-2 sendok teh, bayi: 2 kali sehari 1/2 sendok teh.

Semua varian obat Laserin di atas dapat disajikan setelah makan atau ketika kondisi perut sudah terisi. Perlu Anda ketahui, pemberian obat Laserin yang tidak tepat dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti rasa gelisah atau cemas dan jantung berdebar-debar. Selain itu, obat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pasien yang memiliki atau sensitif pada kandungan Laserin. Sebagai informasi, berikut daftar harga Laserin semua varian pada tahun 2021 dan tahun 2022 di apotek.

Baca juga  Info Terbaru Harga Al Quran Latin dan Terjemahan

Harga Laserin di Apotek

Varian Laserin Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Laserin Syrup Original 30 ml 6.219 6.821
Laserin Syrup Rasa Madu Anak 30 ml 6.798 6.917
Laserin Syrup Original 60 ml 12.413 13.515
Laserin Syrup Rasa Madu Anak 60 ml 13.473 13.708
Laserin Syrup Rasa Madu Anak 110 ml 22.932 23.252
Laserin Syrup Original 110 ml 22.217 24.389
Laserin Plus Batuk Syrup 60 ml 13.460
Laserin Plus Batuk Syrup 100 ml 22.371

Harga Laserin di atas telah kami rangkum dari situs apotik online. Sementara itu, berikut harga Laserin di Indomaret dan Alfamart tahun 2022.

Harga Obat Laserin - katalog.or.id
Harga Obat Laserin – katalog.or.id

Harga Laserin di Indomaret

Varian Laserin Harga (Rp)
Laserin Obat Batuk 60 ml 14.100
Laserin Obat Batuk 110 ml 22.200

Harga Laserin di Alfamart

Varian Laserin Harga (Rp)
Laserin Obat Batuk 60ml 14.900
Laserin Obat Batuk 110ml 23.500

Harga Laserin di Indomaret dan Alfamart di atas telah kami rangkum dari website resmi minimarket yang bersangkutan. Perlu diingat bahwa harga Laserin di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Almas]

[1] Gitawati, Retno. 2014. Bahan Aktif dalam Kombinasi Obat Flu dan Batuk Pilek, dan Pemilihan Obat Flu yang Rasional. Media Litbangkes, Vol. 24(1): 10-18.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.