Info Terkini Manfaat, Komposisi, dan Harga Zambuk di Pasaran

Gigitan serangga selain menimbulkan rasa gatal, terkadang juga mengakibatkan kulit terasa nyeri. Hal tersebut tak dapat dianggap remeh karena dapat menimbulkan bekas yang sulit hilang. Untuk mengatasinya, sebagian orang kerap menggunakan obat oles atau salep yang memiliki formula dengan komposisi lengkap yang dapat menyembuhkan keluhan. Salah satu obat salep yang digunakan yakni Zambuk. Produk yang memiliki banyak kegunaan tersebut dijual di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Ilustrasi: mengoleskan salep obat (sumber: netdoctor.co.uk)

Ilustrasi: mengoleskan salep obat (sumber: netdoctor.co.uk)

Herbal tradisional Zam-Buk diracik pertama kali oleh Zam-Buk Company di Inggris yang diciptakan oleh Charles Edward Fulford dan untuk pertama kalinya Zam Buk terjual sebagai salep alami oleh Bile Beans Company pada tahun 1902. Disamping itu, pada tahun 1903 Great Britain mengenalkan Zam-Buk sebagai obat pertolongan pertama yang penting bagi luka gores dan iritasi kulit sebelum adanya obat antibiotic. Maka tak heran jika Zam-Buk menjadi terkenal di berbagai belahan dunia misalnya Inggris, Canada, Thailand, bahkan beredar luas di Indonesia.

Zambuk atau Zam-buk merupakan obat yang diproduksi oleh PT. Bayer Indonesia. Obat salep ini memiliki formula yang disempurnakan sehingga terasa lembut saat dioleskan pada kulit. Kegunaan obat zambuk yakni dapat membantu meredakan gatal akibat gigitan serangga dan sekaligus mengobati rasa nyeri pada luka ringan. Bahkan, sejumlah orang juga memanfaatkan obat ini untuk menyembuhkan memar dan terkilir ringan akibat aktivitas olahraga. 

Menurut review beberapa pengguna di internet, Bayer sendiri merupakan perusahaan obat yang memiliki basis di Jerman, tetapi di bagian belakang kemasan Zam-buk tertulis Switzerland. Kemasannya Zambuk berbahan kaleng yang pipih dengan isi berwarna hijau lumut dan aromanya benar-benar khas. Saat mengoleskan obat Zam-buk, tidak terasa panas di kulit. Obat ini dinilai mampu meredakan biang keringat selama dua hari pemakaian. Luka lecet pada kulit mengering dan biang keringat hilang. 

Manfaat Obat Zambuk

Biang keringat dan gatal-gatal

Zambuk ternyata dapat meredakan biang keringat yang biasanya terjadi pada anak-anak di area punggung, leher dan jidat. Beberapa pengguna juga menggunakan obat ini untuk mengatasi ruam pada kulit bayi. Untuk pemakaian pada anak anak serta muka, lebih baik lakukan tes alergi lebih dulu, melihat kulit di bagian ini sangat sensitif.

Mampu menolak serangga

Zam-Buk mempunyai zat herbal minyak eukaliptus yang mempunyai fungsi amat bagus untuk menjauhkan serangga. Khususnya ketika Anda sedang berpergian ke luar rumah di daerah pedesaan yang masih banyak memiliki sawah serta kebun. Apalagi dikemas praktis sehingga Anda mudah membawa salep ini ke mana saja.

Pertolongan pertama pada luka bakar

Zambuk juga terbilang ampuh digunakan untuk mengobati luka bakar. Setidaknya dalam waktu tiga hari, luka bakar akan sembuh tanpa meninggalkan bekas.

 

Baca juga  Update Harga Interlac Drops, Tablet dan Sachet

Mengatasi benjol dan memar

Selain luka bakar, obat Zambuk biasa digunakan untuk mengobati memar. Anda perlu mengoleskan beberapa kali dengan pemakaian rutin, maka luka benjol dan memar dapat hilang. Selain obati sakit sebab memar, kandungan didalamnya juga bermanfaat untuk mengobati peradangannya.

Pegal-pegal dan keseleo

Anda dapat menggunakan salep Zambuk untuk menghilangkan pegal dan keseleo. Mirip seperti pengobatan memar, Anda dapat kompres bagian badan yang keseleo dengan menggunakan produk ini dengan dipijat ringan.

Mengatasi sesak napas

Cream Zambuk memiliki kandungan minyak eucalyptus dan camphor/kamper herbal yang bisa membuat Anda melegakan pernapasan yang terasa sesak karena asma serta pengaruh udara. Efeknya dapat melegakan serta lancarkan organ pernapasan.

Mengobati sinus dan hidung yang tersumbat

Sama seperti kegunaan Zam-Buk untuk pelega napas, Anda juga bisa menggunakan Zam-Buk untuk obati sinus serta hidung mampet.

Tumit pecah-pecah dan kulit kering

Dengan formula khusus melembutkan kulit, salep Zambuk dapat membantu Anda meredakan tumit pecah-pecah dan kulit kering. 

Obat salep Zambuk telah terdaftar BPOM nomor POM QI. 104 708 861, sehingga aman dipakai rutin. Sebagai obat herbal, obat Zambuk memiliki komposisi lengkap dan diklaim dengan bahan alami.

Komposisi Obat Zambuk

Obat Zambuk memiliki komposisi: Eucalyptus Oil BP 5.02% w/w, Camphor BP 1.76% w/w, Thyme Oil BPC 1949 0.50% w/w, Colophony BP 2.51% w/w.

Obat oles Zambuk (sumber: manual.co.id)

Obat oles Zambuk (sumber: manual.co.id)

Ilustrasi: benjolan gatal pada kulit (sumber: gillettevenus.com)

Ilustrasi: benjolan gatal pada kulit (sumber: gillettevenus.com)

Petunjuk Pemakaian Obat Zambuk

Oleskan Zam-buk bila diperlukan, kemudian digosok dengan sedikit ditekan pada bagian yang sakit. Obat Zambuk dioleskan dengan lembut dan tipis-tipis pada bagian yang dibutuhkan saja. Bila perlu dapat ditutup dengan kasa steril. Tidak disarankan untuk digunakan secara langsung di bawah lubang hidung. 

Efek Samping Obat Zambuk

Efek samping Zambuk dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dalam waktu singkat karena mengandung camphora. Produk ini di kontraindikasikan pada bayi di bawah usia 2 tahun. Pemakaian pada anak di bawah usia 12 tahun harus dengan pengawasan orang tua.

Jika Anda penasaran, berikut kisaran harga obat Zambuk di pasaran saat ini.

Harga Obat Zambuk

Varian Obat ZambukHarga (Rp)
Zambuk kemasan 8gr16.587
Zambuk salep kemasan tube 25 gr39.233
Zambuk kemasan 36 gr214.830

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga obat Zambuk mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, salep Zambuk kemasan tube 25 gram yang awalnya dijual seharga Rp38.799, sekarang naik sedikit menjadi Rp39.233. Berbeda dengan Zambuk kemasan 8 gr yang justru turun harga dari Rp25 ribu, kini dijual hanya berkisar Rp16.587.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet dan sewaktu-waktu dapat berubah. Anda dapat membeli obat Zambuk di apotik terdekat seperti Apotek K24 dan Kimia Farma. Pada setiap daerah harga obat salep Zambuk tentu berbeda-beda tergantung pihak penjual.

Kandungan senyawa di dalam Zambuk Multipurpose Herbal Body Cream dapat berfungsi memulihkan bekas luka tanpa mengganggu struktur kulit. Obat ini tidak akan mempengaruhi pigmen di kulit, sehingga tidak akan menggelapkan atau memutihkan. Kulit Anda akan pulih pada warna alami semula. Jika dalam jangka waktu 1 hingga 2 minggu memar belum membaik, maka disarankan untuk menghentikan penggunaan serta konsultasi ke .

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Terkini Manfaat, Komposisi, dan Harga Zambuk di Pasaran"