Cara Pakai dan Harga Nystatin Drop

Apakah Anda pernah mendengar penyakit bernama candidiasis? Ini adalah gangguan infeksi jamur yang dapat terjadi di rongga mulut, kulit, tenggorokan, bahkan vagina Anda. Jika Anda mengalami masalah tersebut, obat yang sering diresapkan dokter adalah nystatin. Selain tersedia dalam bentuk salep dan tablet, juga ada yang berbentuk drop dengan harga rata-rata puluhan ribu rupiah per botol.

Pengertian Candidiasis

Dilansir dari situs resmi CDC, candidiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh ragi (sejenis jamur) yang disebut Candida. Candida biasanya hidup di kulit dan di dalam tubuh seperti di mulut, tenggorokan, usus, dan vagina, tanpa menimbulkan masalah. Namun, ini dapat menyebabkan infeksi apabila terjadi perubahan kondisi, termasuk disebabkan hormon, obat-obatan, atau perubahan sistem kekebalan tubuh.

Bacaan Lainnya
Gejala Candidiasis (halodoc.com)
Gejala Candidiasis (halodoc.com)

Candidiasis yang terjadi pada rongga mulut dan tenggorokan disebut dengan oropharyngeal candidiasis. Sementara itu, kandidiasis yang terjadi pada kerongkongan atau yang menghubungkan tenggorokan ke lambung disebut dengan Candida esophagitis. Kandidiasis esofagus ini adalah salah satu infeksi paling umum pada orang yang hidup dengan HIV atau AIDS.[1]

Penyedia layanan biasanya dapat mendiagnosis kandidiasis di mulut atau tenggorokan hanya dengan melihat ke dalam. Terkadang penyedia layanan kesehatan akan mengambil sampel kecil dari mulut atau tenggorokan. Sampel lantas dikirim ke laboratorium untuk diuji, biasanya untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Sementara itu, untuk kandidiasis esofagus, biasanya didiagnosis dengan melakukan metode endoskopi. Endoskopi adalah prosedur pemeriksaan saluran pencernaan menggunakan tabung yang dilengkapi lampu dan kamera. Meski demikian, penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan obat anti-jamur tanpa melakukan endoskopi untuk melihat apakah gejala pasien membaik.

Pengobatan Candidiasis

Jika terjadi di mulut, tenggorokan, atau kerongkongan, candidiasis biasanya diobati dengan obat anti-jamur. Pengobatan infeksi ringan hingga sedang di mulut atau tenggorokan biasanya berupa obat anti-jamur yang dioleskan ke bagian dalam mulut selama 7 hingga 14 hari. Obat-obatan ini termasuk clotrimazole, miconazole, atau nistatin.

Untuk infeksi parah, pengobatan yang paling umum adalah fluconazole (obat ant-jamur) yang diminum atau melalui pembuluh darah. Jika pasien tidak membaik setelah mengonsumsi fluconazole, penyedia layanan kesehatan mungkin akan meresepkan obat anti-jamur lainnya. Sementara itu, pengobatan kandidiasis di kerongkongan biasanya juga memakai fluconazole. Jenis obat anti-jamur lainnya juga dapat digunakan untuk orang yang tidak dapat mengonsumsi fluconazole atau yang tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi obat ini.

Indikasi Nystatin Drop

Seperti disinggung di atas, salah satu obat yang dapat diresapkan untuk membantu mengatasi candidiasis adalah nistatin. Obat ini dikatakan bisa membantu mengatasi candidiasis yang terjadi pada kulit, rongga mulut, tenggorokan, usus, dan vagina. Ia bekerja dengan cara merusak membran sel jamur. Akibatnya sel jamur akan berhenti tumbuh dan berkembang.

Di apotek dan toko obat, nistatin setidaknya tersedia dalam tiga varian, yakni tablet vagina (ovula), salep, dan drop. Khusus untuk candidiasis yang terjadi pada rongga mulut dan kerongkongan, memang disarankan memakai nistatin jenis drop. Ini adalah obat yang bisa digunakan baik untuk orang maupun bayi dan anak-anak.

Dosis Nystatin Drop

  • Untuk candidiasis mulut, dosis untuk orang dewasa adalah 100.000 IU diminum 4 kali sehari, sedangkan dosis untuk bayi dan anak adalah 100.000 IU dan diberikan 1 kali sehari.
  • Untuk candidiasis usus, dosis orang dewasa adalah 5 ml diminum 4 kali sehari, sedangkan dosis untuk bayi dan anak-anak adalah 1 ml diminum 4 kali sehari.
Harga Nystatin Drop (YouTube/@kunitmaulana)
Harga Nystatin Drop (/@kunitmaulana)

Saat ini, sudah ada banyak merk nistatin drop yang dapat Anda temukan di apotek dan toko obat. Beberapa yang populer adalah Nystatin Novell, Nystatin Berno, Candistin, Nymiko, dan Nystin. Dijual dalam kemasan botol, biasanya berisi 12 ml. Sebagai referensi, berikut informasi harga nistatin drop di pasaran dalam negeri.

Harga Nystatin Drop

Merk Nystatin Drop Harga
Nocandis Drop 12 ml Rp24.575
Nystatin Novell Drop 12 ml Rp28.354
Cazetin Drop 15 ml Rp29.288
Nystatin Berno Drop 12 ml Rp33.899
Candistin Drop 12 ml Rp39.650
Candigal Drop 12 ml Rp43.948
Kandistatin Drop 12 ml Rp45.100
Fungatin Drop 12 ml Rp45.316
Nymiko Drop 12 ml Rp51.400
Nyndia Drop 12 ml Rp53.959
Nystin Drop 12 ml Rp63.300
Mycostatin Drop 12 ml Rp80.800

Daftar harga obat Nystatin drop di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah apotek dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Nystatin drop tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Seperti obat pada umumnya, penggunaan nistatin mungkin juga menimbulkan beberapa efek samping, terutama jika tidak digunakan sesuai dosis. Efek samping yang sering terjadi antara lain gangguan saluran pencernaan, iritasi mulut, mual dan muntah, diare, ruam, biduran, dan pembengkakan wajah. Jika kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter terdekat.

[1] Buchacz K., et al. 2016. Incidence of AIDS-defining opportunistic infections in a multicohort analysis of HIV-infected persons in the United States and Canada, 2000-2010. J. Infect Dis., 214: 862-72.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *