Karakteristik, Cara Merawat dan Harga Golden Retriever

Penggemar golden retriever konon semakin bertambah, karena bentuk anjing yang lucu dan sifatnya yang manja. Di sendiri, anjing ini dijual dengan harga yang bervariasi, sesuai dengan jenis, usia, dan kelengkapan vaksin. Biasanya, harga golden retriever yang stamboom lebih mahal daripada yang non-stamboom.

Anjing Golden Retriever (credit: noahapopka/Adobestock)

Anjing Golden Retriever (credit: noahapopka/Adobestock)

Karakteristik dan Cara Golden Retriever

Anjing golden retriever mulai digemari di Indonesia pada tahun 2000-an. Anjing ini merupakan jenis yang sangat aktif, lincah, memiliki perilaku yang tenang, baik, penuh kasih sayang, dan menyenangkan. Pada zaman dulu, selain dijadikan teman manusia, golden retriever juga dijadikan sebagai anjing pemburu. Ini karena mereka memiliki insting yang baik untuk mengenali mangsanya.

Semakin berkembangnya zaman, golden retriever juga dimanfaatkan sebagai hewan penolong dan pelacak. Hal ini disebabkan oleh ambisi dan semangatnya yang tinggi dan diimbangi dengan kekuatan indera penciuman yang tajam. Alasan lainnya, golden retriever mudah dilatih dan dapat bekerja dengan baik di darat maupun di air karena memang terbilang pintar berenang.[1]

Secara fisik, anjing golden retriever memiliki penampilan yang cukup dibanding jenis anjing lainnya. Anjing ini memiliki bulu yang panjang, lembut, dan berwarna cokelat keemasan. Warna bulunya yang mengilap saat terkena sinar matahari, menimbulkan efek gemerlap seperti emas. Ini alasan anjing tersebut diberi nama golden retriever. Bentuk fisik yang mirip boneka, tentu membuat siapa saja ingin mengelus kepala anjing ini.

Baca juga  Cara Memelihara & Info Terbaru Harga Bearded Dragon

Golden retriever dari dulu hingga saat ini bisa dijadikan sahabat yang baik untuk manusia bukan hanya karena penampilannya. Mamalia tersebut memiliki sifat yang sabar dan lembut. Sifatnya tersebut tidak hanya berlaku pada -anaknya, tetapi juga manusia dan balita. Bahkan, tak jarang banyak orang tua yang mempercayakan anjing ini untuk menemani bayi mereka yang sedang tidur.

Kesabaran anjing golden retriever memang perlu dilatih dan diuji. Meskipun secara alami hewan ini memiliki sifat yang sabar, Anda perlu melatihnya dengan cara khusus. Latihan kesabaran mampu meningkatkan rasa sayang mereka terhadap tuannya. Ini akan membuat mereka bertahan jika sewaktu-waktu mereka harus menjaga rumah selama berhari-hari tanpa kehadiran Anda.

Kebanyakan anjing yang ditinggal oleh tuannya selama berhari-hari, biasanya akan stres karena tak kuat menunggu. Dengan melatih golden retriever Anda, anjing ini tidak akan mudah stres. Hewan tersebut justru akan senang menunggu kehadiran Anda. Tanda anjing golden retriever yang senang karena kedatangan pemiliknya, yaitu ekor yang bergoyang dan posisi yang seolah ingin dipeluk.

Ilustrasi: Karakteristik Anjing Golden Retriever (credit: mixedpet)

Ilustrasi: Karakteristik Anjing Golden Retriever (credit: mixedpet)

Mengurus golden retriever tidak hanya memperhatikan karakteristik anjing dan melatihnya. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan pakannya. Untuk kebersihannya, pastikan Anda rajin memotong kuku, membersihkan telinga, dan merawat bulunya. Merawat bulu anjing tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu memandikannya maksimal 3 kali dalam seminggu dan menyisir bulunya.

Baca juga  Info Harga Tokek Rumah dalam Berbagai Ukuran

Sangat penting untuk menyisir bulu golden retriever untuk mencegah kutu dan bulu yang sudah mati menempel di kulit anjing. Bulu yang sudah mati bisa menyebabkan gatal, ruam, dan gejala penyakit kulit ringan lain pada anjing. Selain itu, bulu yang sudah mati akan membuat tampilan anjing menjadi kurang menarik.

Untuk menjaga kesehatan golden retriever, paling tidak Anda harus memperhatikan jadwal vaksinnya. Mamalia tersebut harus mendapatkan suntik vaksin yang rutin dan lengkap dari usia minimal 3 bulan. Pastikan juga anjing tersebut mendapatkan vaksin rabies. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit mematikan yang dapat ditularkan dari hewan ke hewan dan dari hewan ke manusia.

Menjaga kesehatan golden retriever tidak hanya sebatas memberinya vaksin. Anda sebagai pemilik anjing, juga perlu menjaga kesehatan mentalnya dengan rutin mengajaknya bermain, berjalan-jalan di sore hari, dan mungkin melatihnya berenang. Memang, anjing ini juga memiliki berenang seperti manusia.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Sepeda Lipat Exotic

Kesehatan anjing tersebut juga akan terjaga selama Anda memberikan pakan yang tepat secara rutin. Pakan yang diberikan bisa berupa makanan anjing jenis kering atau basah. Selain itu, Anda juga bisa memberikan snack khusus sebagai makanan pendampingnya.

Ilustrasi: Cara Merawat Golden Retriever (credit: thehappypuppysite)

Ilustrasi: Cara Merawat Golden Retriever (credit: thehappypuppysite)

Setelah Anda mengetahui karakteristik dan cara merawat anjing golden retriever di atas, apakah Anda tertarik untuk mengadopsinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga golden retriever di pasaran. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran anjing yang harus dikeluarkan.

Harga Golden Retriever

Harga per Ekor (Rp)
Golden Retriever Non-stamboom2.000.000
Golden Retriever Stamboom5.000.000
Golden Retriever Stamboom Full Vaksin5.500.000
Golden Retriever Best Quality/Import9.000.000

Perlu Anda ketahui, harga golden retriever di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Harga golden retriever tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Oktaviami, Tessa Yuli, dkk. 2013. Hubungan Frekuensi dan Waktu Kawin dengan Jumlah Anak Sekelahiran pada Anjing Golden Retriever yang Dipelihara di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu dan Kesehatan Hewan, Vol. 1(7): 7-10.

loading...
author

Leave a reply "Karakteristik, Cara Merawat dan Harga Golden Retriever"