Modem 4G Harga Murah dengan Kualitas Bagus

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan modem. Modem atau modulator demodulator merupakan perangkat yang biasa digunakan guna mendapatkan sinyal internet untuk perangkat komputer atau laptop. Jika sebelumnya modem yang banyak beredar adalah jenis 3G, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak pabrikan yang kemudian meluncurkan modem 4G dengan kualitas bagus dan yang tergolong murah.

Huawei E5673 4G - www.jakartanotebook.com
E5673 4G – www.jakartanotebook.com

Sebelum memberikan informasi terbaru mengenai modem, kita ulas sedikit terlebih dulu mengenai perlengkapan yang satu ini. Seperti diutarakan sebelumnya, modem merupakan akronim dari modulator demodulator, dengan modulator sebagai bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Bacaan Lainnya

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya. Namun, umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Modem dapat dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Modem eksternal, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk komputer agar dapat mengakses internet, dengan data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Jika modem menerima data yang berupa sinyal analog, akan diubah menjadi sinyal digital, kemudian akan diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog ini dapat dikirimkan menggunakan media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
  • Modem internal, yaitu alat yang digunakan untuk melanjutkan sinyal dari modem eksternal ke komputer atau laptop.
  • Modem ISDN (Integrated Services Digital Network), yaitu sebuah sistem telekomunikasi yang terdapat dalam layanan berupa data, suara, atau gambar yang kemudian akan diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Jaringan ini menyediakan konektivitas digital dari ujung ke ujung untuk menunjang ruang lingkup pelayanan yang luas.
  • Modem GSM, adalah jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media sistem untuk transfer data. Modem GSM biasanya didukung dengan menggunakan kartu koneksi yang mendukung provider yang memiliki sifat GSM.
  • Modem analog, yang sesuai namanya, adalah sebagai alat untuk membentuk sinyal analog dan kemudian diubah menjadi sinyal digital.
  • Modem ADSL, merupakan alat untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Cara penggunaannya dibantu dengan alat penghubung yang disebut dengan splitter. Fungsi splitter pada modem ini adalah untuk menghilangkan gangguan sehingga hasilnya dapat berjalan secara bersamaan, yakni dapat menggunakan internet dan juga dapat menggunakan telepon biasa.
  • Modem kabel, yaitu jenis modem yang digunakan untuk menerima data secara langsung dari suatu penyedia layanan melalui TV satelit.
  • Wireless modem, yaitu teknologi yang menghubungkan dua perangkat tanpa media kabel guna bertukar data.
  • Modem CDMA, adalah jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Bahkan, modem CDMA yang terbaru saat ini sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A atau setara 3G, dan yang paling terbaru adalah modem CDMA dengan frekuensi EVDO Rev-B.
Baca juga  Update Harga GTX 1080 Ti (Semua Seri)

Modem 4G

Saat ini, tidak sulit mendapatkan modem 4G di pasar gadget Indonesia. Salah satu merek yang cukup bagus di pasaran adalah Alcatel Y853. Produk yang dikenal juga dengan sebutan Osprey 2 tersebut merupakan salah satu modem 4G LTE termurah yang bisa ditemukan, di luar paket dari operator seluler. Meski tidak menawarkan banyak hal, seperti layar, slot micro SD, maupun konektor antena tambahan, tetapi perangkat ini memiliki rubber band di sekeliling perangkat yang bisa diganti dengan warna lain. Dengan sekitar Rp600 ribuan, Anda sudah mendapatkan modem 4G yang ringkas dan cepat.

Movimax MV003 4G - www.jakartanotebook.com
Movimax MV003 4G – www.jakartanotebook.com

Di samping itu, ada juga BOLT! Vela Mobile yang sebenarnya merupakan perangkat produksi Huawei. Modem ini tidak hanya menawarkan bentuk yang menarik, tetapi juga menghadirkan jaringan 4G LTE ke beberapa perangkat mobile Anda yang lain. Dengan kecepatan maksimal hingga 150 Mbps, jumlah koneksi Wi-Fi mencapai 10 unit, dan daya tahan baterai hingga 8 jam, modem ini dilepas dengan Rp700 ribuan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Printer Bluetooth EPSON (Semua Tipe)

Alternatif lainnya adalah Sierra AirCard 760S, yang juga merupakan modem MiFi 4G LTE murah yang dapat dijumpai di pasaran. Dengan harga sekitar Rp600 ribuan, modem ini telah dibekali berbagai fitur menarik, termasuk slot micro SD, konektor antena tambahan, serta dukungan untuk AirCard Smart Cradle yang bisa dimanfaatkan untuk menambah fitur yang dimilikinya sekaligus membuatnya memiliki kemampuan sekelas sebuah router rumahan.

Untuk model yang lebih murah, ada Andromax New M2Y dari Smartfren. Pasalnya, modem 4G ini dijual dengan harga hanya Rp300 ribuan. Meski fitur yang ada di perangkat ini bisa dikatakan standar, namun apa yang ditawarkan sudah akan memungkinkan pengguna merasakan internet 4G dan membaginya ke banyak perangkat lain.

Jika Anda mencari opsi yang lain, berikut kami sampaikan modem 4G dengan harga termurah yang dijual di pasar Indonesia, namun tetap dengan kualitas yang bisa diandalkan.

Merek Modem 4G Harga (Rp)
E5577 4G LTE 300.000
E3372 4G LTE 472.000
Cyborg E288 4G 490.000
Sierra AirCard 754S 4G LTE 499.000
ZTE MF825A STC 4G LTE 500.000
E5673 4G 577.000
Movimax MV003 4G 588.000
E5673 4G 588.000
Baca juga  Info Update Harga Stapler Ukuran Besar Merk Joyko (Semua Tipe)

Daftar harga tersebut kami rangkum dari beberapa situs jual beli dan juga toko elektronik online. Daftar harga di atas bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *