Update Terbaru Biaya Perawatan dan Isi Ulang Freon AC

Freon atau refrigerant merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk AC (air conditioner) karena memiliki khusus menciptakan hawa sejuk untuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam ruangan. Karena pentingnya komponen ini, maka freon AC harus rutin dirawat dengan diisi ulang jika memang cairan di dalamnya sudah habis.

Dewasa ini, kehadiran AC di , kantor, bahkan sebagai pendingin udara memang menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian masyarakat, terutama mereka yang berdomisili di lingkungan tropis seperti Indonesia. Nah, salah satu senyawa yang berperan penting di dalam pendingin udara tersebut adalah freon.

Isi Ulang Freon AC - www.beres.id

Isi Ulang Freon AC - www.beres.id

Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang biasanya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang suhu udaranya ingin dibuat lebih sejuk. Karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak memiliki warna dan juga tidak berbau.

Meski tidak memiliki warna dan juga tidak berbau, namun penggunaan freon secara aman sangatlah dianjurkan. Zat freon ini sebenarnya tidak terlalu membahayakan lingkungan selama tidak terlepas ke udara atau instalasi AC tidak mengalami kebocoran. Namun, jika instalasi AC Anda bocor dan freon terlepas ke udara bebas, maka akan menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan manusia jika terhirup.

Meski sekilas tampak sama, namun freon ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan jenis-jenis freon ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan ketika penggunaan AC. Berikut beberapa jenis freon yang umum digunakan dalam instalasi AC.

  • Freon R22, jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0,05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Namun, freon jenis ini tidak mudah terbakar.
  • Freon R410A, jenis freon AC ini umumnya digunakan pada AC tipe inverter. Berbeda dengan freon jenis R22, freon R410A tidak memiliki potensi merusak lapisan ozon, sedangkan untuk potensi pemanasan global, memiliki nilai yang cukup tinggi jika dibandingkan freon jenis R22. Sama seperti freon jenis R22, freon R410A juga tidak mudah terbakar.
  • Freon R32, jenis freon ini termasuk anyar karena baru ditemukan oleh asal Jepang, Daikin, pada tahun 2012, serta mulai digunakan di line up AC sejak tahun 2013. Dibandingkan dengan freon jenis R410A dan R22, freon R32 ini lebih ramah terhadap lingkungan dan memiliki potensi pemanasan global yang lebih rendah. Meski di lain sisi memiliki potensi yang mudah terbakar, namun freon jenis ini masih aman digunakan untuk AC dalam lingkup rumah tangga.
  • Freon R290, jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan freon jenis lain yang telah disebutkan sebelumnya. Tetapi, karena angka indeks dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya juga cukup tinggi, maka banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon jenis ini dalam produk-produk mereka.

Biaya Isi Ulang Freon AC

Karena berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukkan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis. Biasanya, freon habis disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada selang atau pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC. Jadi, secara ideal, selama tidak ada kebocoran pada sistem AC yang membuat AC tidak dingin atau freon habis, maka freon tidak perlu diganti atau diisi ulang.

Namun sebaliknya, jika ada pengerjaan masalah AC, seperti kompresor macet, filter tersumbat, atau rusaknya komponen AC, maka memang perlu untuk mengganti atau mengisi freon. Pengisian freon ini juga tidak terlalu lama, sekitar 30 menit.

Isi Ulang Freon AC - Muhamad Maulana Saputra

Isi Ulang Freon AC - Muhamad Maulana Saputra

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan AC split. Setelah outdoor unit menerima supply listrik dari indoor unit, buka penutup pengisian freon dengan kunci Inggris. Lalu, pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di tempat penutup freon, dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru. Jika tidak ada tekanan sama sekali, berarti sistem AC mengalami kebocoran.

Karena itu, ruang kebocoran harus diperbaiki terlebih dahulu dengan cara mengelas. Namun sebelumnya, pastikan tidak ada freon yang tersisa di dalam AC agar tidak membahayakan diri Anda. Apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki (dilas), sistem pendingin atau AC ini harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

Memang, meski bisa dilakukan sendiri, alangkah lebih baik jika pengisian freon AC dilakukan menggunakan tenaga yang terlatih. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika proses pengisian freon. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana mengisi ulang freon AC rumah atau kantor Anda, berikut terbaru biaya yang harus Anda keluarkan.

Jenis FreonTipe ACBiaya Isi Ulang (Rp)
Freon R22AC Split 1/2 PK250.000 - 225.000
AC Split 3/4 PK225.000
AC Split 1 PK325.000
AC Split 1,5 PK300.000 - 375.000
AC Split 2 PK150.000 - 375.000
AC Split 2,5 PK475.000
AC Split 3 PK550.000
Freon R410AC Inverter 1/2 PK - 1 PK300.000 - 500.000
AC Inverter 1,5 PK - 2 PK400.000 - 600.000
AC Inverter di atas 2 PK600.000
Freon R32AC 1/2 PK -  1 PK300.000
AC  1,5 PK – 2 PK400.000

Sementara, jika Anda ingin melakukan service AC, biayanya sekitar Rp150.000 per unit untuk membongkar AC split kapasitas 0,5 PK sampai 1 PK. Adapun untuk bongkar AC split/inverter dengan kapasitas 1,5 PK hingga 2 PK, biaya sekitar Rp200.000. Perlu diketahui bahwa jasa isi ulang freon maupun servis AC bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dan tarif yang berlaku di setiap tempat servis kemungkinan bisa berbeda-beda.

[Dian]

Baca juga  Update Biaya Umroh dan Haji Plus Shafira Tour & Travel
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terbaru Biaya Perawatan dan Isi Ulang Freon AC"