Daftar Harga Pompa Air Sibel (Submersible) di Pasaran

pompa air merupakan elektronik rumah tangga yang perannya cukup vital, terutama di daerah perkotaan karena sebagian besar menggunakan sumur bor sehingga harus disedot dengan pompa air listrik.

Instalasi pompa air untuk sumur (sumber: cwschultzandson.com)

Instalasi pompa air untuk sumur (sumber: cwschultzandson.com)

Saat ini baru sekitar 25% rumah tangga yang sudah dilayani oleh sebuah layanan air seperti PDAM. Sisanya masih banyak yang menggunakan sumber air tanah atau sumur. Maka dari itu pemakaian pompa air masih sangat dominan dan sebagai kebutuhan yang mendesak. Banyak rumah tangga di kota-kota besar pun sudah banyak menggunakan pompa air, walaupun di rumah mereka telah dilayani PDAM.

Jenis pompa air rumah tangga yang beredar di pasaran berbagai dan tipe, baik produksi luar atau produksi lokal sendiri dengan beragam pompa air.
Untuk memilih jenis pompa yang cocok sebenarnya tidak begitu sulit, yang penting Anda memiliki informasi tentang pompa air tersebut sebelum membelinya.

Tips Membeli Pompa Air Sesuai Kebutuhan

Kedalaman air

Ukurlah kedalaman air dari permukaan air sampai dasar sumur air tanah di mana pipa pompa air akan dipasang. Informasi mengenai kedalaman permukaan air seringkali tidak sesuai atau tidak benar, ukurlah kedalaman air dengan tali yang diberi pemberat.

Jenis pompa air

Untuk kedalaman air pada permukaan yang kurang dari 7 meter, pilihlah jenis mesin pompa untuk sumur dangkal, baik non otomatis atau otomatis. Untuk kedalaman 7–9 m seharusnya menggunakan pompa sumur dangkal dengan tipe semi jet pump. Jika untuk sumur dengan kedalaman 20 sampai 30 meter atau sumur bor harus menggunakan pompa air jet pump .

Baca juga  Update Harga Lampu LED Philips 5, 7, 10, 13 Watt di Pasaran

Spesifikasi mesin pompa

Dari spesifikasi pada mesin pompa air, Anda dapat membandingkan kedalaman permukaan air dengan informasi hisap pompa. Pada umumnya standar yang digunakan oleh pompa air adalah kedalaman permukaan air maksimal di mana air dapat terisap.

Suara pompa

Untuk suara mesin pompa air, meskipun pompa baru kadang ada yang bersuara kasar, mintalah ganti dengan mesin pompa yang lainnya, kemungkinan pompa terlalu lama sehingga laker mesin mengering tidak ada pelumas, bisa juga pemasangan laker agak miring.

Ilustrasi: instalasi sistem pompa air besar (sumber: easternwater.com)

Ilustrasi: instalasi sistem pompa air besar (sumber: easternwater.com)

Volume air/debit air

Carilah informasi tentang berapa volume air yang dihasilkan pada mesin pompa tersebut untuk tiap jamnya, biasanya di buku petunjuk mesin pompa tersebut sudah ada, apabila kesulitan mintalah informasi kepada produsen tersebut.

Daya listrik pompa

Pompa biasa berdaya listrik 125 atau 200 watt sedangkan semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, daya listrik yang lebih besar bukan berarti dapat mengisap lebih dalam. Contoh: dengan daya 200 watt, kapasitas air yang dikeluarkan oleh pompa air tersebut per jam, lebih besar dari pada yang 125 watt. Berbeda pula dengan mesin pompa berjenis jet pump, daya listrik yang besar mempunyai daya hisap yang lebih dalam pula.

Ketinggian tower air

Hingga ketinggian berapa air akan disalurkan. Untuk itu Anda perlu mempelajari lebih lagi dari pompa air. Biasanya disebut total head. Daya dorong juga dipengaruhi oleh berapa kedalaman hisapnya. Makin pendek daya hisap, makin jauh daya dorongnya. Maka dari itu usahakan untuk menempatkan mesin pompa air dengan sumber air atau sumur serendah-rendahnya.

Baca juga  Jenis Timbangan Digital 50 Kg beserta Harga di Pasaran

Budget Anda

Ini juga mempengaruhi merek yang akan dibeli. Perbedaan harga pada masing-masing merek, lebih pada kualitas dari lilitan motornya, yang mempengaruhi panjang pendek umur pompa, adalah kualitas bahan, komponen dan elektronik dan juga layanan purna jualnya. Sehingga memilih merk yang sesuai tergantung dari budget dan juga preferensi merk yang Anda miliki. Pilih pompa dari merek terpercaya, menyediakan layanan serta purna jual di kota anda dengan suku cadang juga terjamin. Hati-hati dengan pompa palsu yang beredar sekarang ini, karena kualitasnya juga pasti tidak terjamin dan tidak dapat diperbaiki apabila terjadi kerusakan.

Pompa Air Submersible (Pompa Sibel)

Di pasaran, juga ada pompa air submersible atau lebih akrab disebut sibel. Pompa Submersible (pompa benam) disebut juga dengan electric submersible pump (ESP) adalah pompa yang dioperasikan di dalam air dan akan mengalami kerusakan jika dioperasikan dalam keadaan tidak terdapat air terus-menerus.

Aneka jenis pompa air sibel

Aneka jenis pompa air sibel

Jenis pompa ini mempunyai tinggi minimal air yang dapat dipompa dan harus dipenuhi ketika bekerja agar life time pompa tersebut lama. Pompa jenis ini bertipe pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal sendiri prinsip kerjanya mengubah energi kinetis (kecepatan) cairan menjadi energi potensial (dinamis) melalui suatu impeller yang berputar dalam casing.

Baca juga  Update Harga Huruf Timbul Acrylic LED untuk Papan Nama

Prinsip kerja pompa jenis ini berbeda dengan jenis jet pump. Jenis pompa submersible bekerja dengan mendorong air ke permukaan. Berikut kelebihan dari jenis pompa submersible:

  • Biaya perawatan yang rendah
  • Tidak bising, karena berada dalam sumur
  • Pompa memiliki pendingin alami, karena posisinya terendam dalam air
  • Sistem pompa tidak menggunakan shaft penggerak yang panjang dan bearing, jadi  problem yang biasa terjadi pada pompa permukaan (jet pump) seperti keausan bearing dan shaft tidak terjadi.

Daftar Harga Pompa Air Sibel

Nama Produk Harga
Pompa Submersible 4 Inch CS4A 18-M Oil Motor 3/4 HP 1 Phase (DAB )Rp5.400.000
Pompa Submersible 250 Watt 4 Inch 4XRm2/7-0.25 1/3 HP 1 Phase (LEO)Rp1.403.000
Pompa Submersible 375 Watt 4 Inch 4XRm2/9-0.37 1/2 HP 1 Phase (LEO)Rp1.507.000
Pompa Submersible 550 Watt 4 Inch 4XRm2/12-0.55 3/4 HP 1 Phase (LEO)Rp1.639.000
Pompa Submersible 750 Watt 4 Inch 4XRm2/15-0.75 1 HP 1 Phase (LEO)Rp1.801.000
Pompa Submersible 1.1kW 4 Inch 4XRm2/21-1.1 1.5 HP 1 Phase (LEO)Rp2.204.000
Pompa Submersible 1.5kW 4 Inch 4XRm2/28-1.5 2 HP 1 Phase (LEO)Rp2.604.000
Pompa Submersible 2.2kW 4 Inch 4XRm2/37-2.2 3 HP 1 Phase (LEO)Rp3.399.000
Pompa Submersible 250 Watt 4 Inch 4XRm3/5-0.25 1/3 HP 1 Phase (LEO)Rp1.369.000
Pompa Submersible 375 Watt 4 Inch 4XRm3/7-0.37 1/2 HP 1 Phase (LEO)Rp1.469.000
Pompa Submersible 550 Watt 4 Inch 4XRm3/10-0.55 3/4 HP 1 Phase (LEO)Rp1.610.000
Pompa Submersible 750 Watt 4 Inch 4XRm3/13-0.75 1 HP 1 Phase (LEO)Rp1.782.000

Daftar harga tersebut kami ambil dari situs jual beli online populer. Harga bisa berbeda-beda tergantung di mana lokasi Anda membelinya.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Daftar Harga Pompa Air Sibel (Submersible) di Pasaran"