Update Harga Kain Woolpeach (Wolfis) per Meter dan Roll

Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang butik pakaian atau konveksi, mungkin sudah tak asing lagi dengan kain bernama woolpeach. Woolpeach adalah kain yang berasal dari campuran antara kain sutra, kain katun, dan serat sintetis (buatan). Juga kerap disebut dengan nama wolfis, wollvis, wolvis, atau sebagainya, Anda bisa membelinya per meter atau per langsung dengan harga cukup hemat.

Kain wolpeach/wolfis (sumber: aminama.com)
Kain wolpeach/wolfis (sumber: aminama.com)

Karakteristik Kain Woolpeach

Nama asli kain ini berasal dari , yakni wool peach. Namun karena tidak semua orang bisa menyebutkan ‘wool peach’ secara fasih, maka penyebutan kain ini pun banyak mengalami perubahan karena disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, yakni menjadi wolfis. Beberapa orang bahkan juga menyebutnya dengan sebutan kain Arab lantaran banyak kain woolpeach yang dikirim ke Arab Saudi sebagai bahan pembuatan pakaian dan hijab.

Bacaan Lainnya

Di pasaran, ternyata kain wolfis ini memiliki grade yang berbeda-beda, tergantung kualitas kainnya. Kualitas kain itu pula yang memengaruhi harga kain woolpeach. Ada kain wolfis yang halus, agak kasar, tebal, dan ada pula yang agak tipis. Kain woolpeach grade A biasanya adalah kain wolfis berkualitas premium atau yang paling bagus, sedangkan di bawahnya ada kain wolfis grade B, dan yang paling adalah kain wolfis grade C.

Karakteristik kain woolpeach sangat mudah diamati, sebab umumnya bahan satu ini punya karakter tebal, tetapi ringan dan tidak tembus pandang. Dengan adanya campuran serat sintetis, maka warna printing kain wolfis terlihat lebih hidup atau lebih terang daripada jenis kain lainnya seperti kain sifon, kain katun, kain sutra, atau kain satin. Kain woolpeach juga tidak tampak berserat, kemudian memiliki struktur kain yang halus, saat dikenakan tidak kaku atau terlihat ‘jatuh’, mudah disetrika, tidak mudah kusut, dan tidak licin.

Kelebihan Kain Wolfis

  • Mudah didapatkan. Kain satu ini termasuk bahan sandang yang cukup mudah ditemui di berbagai toko atau penjual kain. Pasalnya, peminat kain tersebut cukup banyak, sehingga ketersediaan kain wolfis di pasaran pun relatif banyak pula.
  • Banyak pilihan warna. Salah satu daya tarik sekaligus keunggulan dari kain wolfis adalah pilihan warnanya yang sangat beragam. Anda bisa dengan mudah mencari warna, mulai dari yang bernuansa soft atau muda hingga warna-warna cerah maupun gelap. Bahkan ada juga kain woolpeach bermotif yang mengusung desain motif-motif yang indah seperti motif floral (bunga-bunga), motif abstrak, atau sebagainya. Anda bisa memilih motif kain wolfis yang paling sesuai dengan selera.
  • Harga terjangkau. Kain wolfis kerap digunakan untuk bahan hijab atau kerudung maupun pakaian karena termasuk bahan yang harganya cukup ramah di kantong. Tak heran jika bahan kain satu ini begitu disukai oleh berbagai kalangan.
  • Ringan. Karakter kain woolpeach sebenarnya cenderung tebal, tetapi bobotnya cukup ringan. Oleh sebab itu, kain tersebut disukai sebagai bahan hijab karena akan tetap terasa nyaman meski dikenakan seharian dan bisa memudahkan Anda berkreasi dengan gaya hijab yang tentunya kekinian.
  • Halus. Karakteristik lain dari kain wolfis adalah memiliki serat kain yang halus. Kain satu ini terasa begitu lembut di kulit saat dikenakan, sehingga nyaman digunakan sebagai jilbab sedang maupun panjang, serta bisa digunakan untuk bahan pakaian syar’i.
  • Tidak mudah kusut. Kelebihan lainnya kain wolfis adalah tidak mudah kusut. Jadi, jika Anda termasuk seseorang yang mempunyai aktivitas padat pun tak perlu khawatir jika jilbab atau pakaian dari bahan wolfis akan terlihat kusut dan kurang sedap dipandang.
  • Tebal dan tidak menerawang. Aspek satu ini memang cukup penting bagi kalangan , terutama kalangan Muslimah. Menggunakan pakaian dari bahan nyaman, tetapi tetap menutup aurat dengan baik tentunya menjadi hal yang wajib. Nah, kain woolpeach memiliki karakter kain yang cenderung tebal dan tidak menerawang, sehingga relatif aman digunakan oleh para wanita sebagai pakaian meski tidak menggunakan dalaman atau manset.

Meskipun menawarkan sederet kelebihan, kain woolpeach tetap memiliki kelemahan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kain woolpeach memiliki beberapa pilihan tingkat ketebalan. Hal inilah yang membuat Anda harus lebih jeli dalam memilih. Pasalnya tidak semua penjual bersedia dengan jujur mengakui seperti apa kualitas kain yang dijualnya. Kadang kualitas grade C, tetapi harganya sama seperti kain woolpeach grade A. Oleh sebab itu, pastikan Anda lebih cermat saat mencari kain woolpeach dan pastikan membeli di pedagang yang tepercaya.

Kain wolpeach (sumber: alibaba)
Kain wolpeach (sumber: alibaba)

Harga Kain Woolpeach

Varian Kain Woolpeach Harga
Kain Woolpeach Emboss Batik 1/2 meter Rp17.500
Kain Woolpeach Polos Grade A per meter Rp24.000
Kain Woolpeach Jet Leuwitex per meter Rp32.750
Kain Woolpeach Printing Bunga D-1533  per meter Rp35.000
Kain Woolpeach Motif Bunga Kecil per meter Rp38.000
Kain Woolpeach Basic Color 1 roll (50 yard) Rp1.000.000
Kain Woolpeach Grade Premium Quality 1 roll (70 yard) Rp1.295.000 – Rp1.600.000
Kain Woolpeach Jet Black Leuwitex 1 roll (50 yard) Rp1.375.000

Daftar harga kain woolpeach per meter atau per roll di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa harga kain tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga kain woolpeach basic color per roll berkisar Rp950 ribuan, sedangkan harga kain woolpeach emboss batik per setengah meter mulai Rp15 ribuan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi toko kain terdekat di daerah Anda.

Tampilan Kain Woolpeach - (www.dahliasiregar.com)
Tampilan Kain Woolpeach – (www.dahliasiregar.com)

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *