Info Jenis dan Update Harga Cuka Beras Berbagai Merek

Bukan rahasia umum jika kebanyakan masakan China maupun Jepang menawarkan sensasi asam yang segar. Cita rasa tersebut dihasilkan dari penambahan cuka saat memasak. Salah satu cuka yang dijadikan bumbu pelengkapnya yakni cuka beras. Di pasaran, Anda mungkin dapat menemukan berbagai merek cuka beras dengan harga bervariasi.

Cuka beras (sumber: thespruceeats.com)
Cuka beras (sumber: thespruceeats.com)

Cuka (vinegar) adalah larutan yang diproduksi dengan memakai bakteri (Acetobacter). Kata vinegar berasal dari bahasa Perancis yakni vin aigre yang artinya anggur asam. Cuka menghasilkan rasa asam karena memiliki kandungan asam asetat. Pada umumnya, cuka mengandung 4-8% asam asetat. Selain menambahkan rasa asam, senyawa kimia organikĀ  ini juga berperan sebagai pengawet makanan.[1] Cuka awalnya dibuat dari cairan yang mengandung alkohol seperti wine, bir, hingga jus buah fermentasi yang kemudian difermentasikan oleh bakteri dengan bantuan oksigen. Namun, semakin banyaknya inovasi membuat jenis cuka kian beragam salah satunya cuka beras.

Bacaan Lainnya

Cuka beras merupakan hasil samping pengolahan sake (minuman tradisional khas Jepang). Cuka beras lokal bukan limbah dari sake melainkan sengaja diproduksi menjadi cuka. Umumnya, cuka beras hadir dalam beberapa macam meliputi putih, merah, dan hitam. Masing-masing tergantung dari jenis beras yang digunakan. Rasanya yang manis dan lembut serta sedikit asam ini dihasilkan dari cuka beras alami ditambah dengan aroma dan garam.

Baca juga  Update Harga Air Kemasan Vit (Gelas, Botol, Galon)

Jenis Cuka Beras

  • White Rice Vinegar: Terbuat dari fermentasi beras putih. Berwarna bening hingga kekuningan dengan aroma dan cita rasa asamnya paling ringan dibandingkan dengan cuka beras lainnya. Cuka beras produksi Jepang lebih bervariasi dan lebih enak dibandingkan cuka produksi negara-negara Asia lainnya.
  • Brown Rice Vinegar: Terbuat dari fermentasi brown rice yang belum pecah kulit sehingga lebih kaya rasa dan nutrisi. Warnanya kecokelatan hingga coklat gelap.
  • Black Rice Vinegar: Terbuat dari fermentasi beras hitam atau beras ketan hitam, gandum, hingga sorghum. Warnanya cokelat pekat, sedangkan aroma dan rasanya pekat dan terkadang ada aroma asap (smokey).
  • Red Rice Vinegar: Terbuat dari beras merah yang sudah difermentasi (fermented rice) dan terkadang dari barley dan sorgum. Cita rasanya asam-manis, getir, dan sedikit asin. Cuka ini banyak digunakan untuk memasak seafood dan saus pencelup.
  • Seasoned Rice Vinegar: Terbuat dari white rice vinegar dengan tambahan gula, garam, atau terkadang monosodium glutamat (MSG). Biasa dipakai untuk bumbu sushi dan salad dressing.
Baca juga  Update Harga Alucobond per Lembar dan per M2

Cuka beras sangat nikmat jika Anda gunakan untuk membuat acar sayur atau buah-buahan. Anda pun dapat mencampurkannya minyak sebagai saus salad. Bagi penggemar roti, cuka beras cokelat dapat digunakan sebagai olesan roti. Sementara itu, untuk yang gemar mengonsumsi hidangan laut, cuka beras merah akan cocok menemani hidangan khas China dan Jepang tersebut.

Cuka beras selain digunakan di Indonesia juga banyak dipakai negara-negara Asia seperti Cina, Jepang, Korea, hingga Vietnam. Aroma dan rasa cuka beras lebih ringan dibandingkan cuka dari buah atau biji-bijian. Hadir dalam berbagai merek dan kemasan, berapa harga cuka beras saat ini?

Ilustrasi: Cuka Beras (credit: gastronomixs)
Ilustrasi: Cuka Beras (credit: gastronomixs)

Harga Cuka Beras di Pasaran

Merk Cuka Beras Harga (Rp)
Cuka Beras Swatao 600 ml 16.500
Otafuku Vinegar Halal 500 ml 28.000
Wan Ja Shan Cuka Beras premium 200 ml 29.000
Cuka Beras Mizman Vinegar 1,8 ml 30.000
Cuka Beras Narcissus 600 ml 32.000
Mizkan Kokumotsu Vinegar 500 ml 43.000
Pearl River Bridge cuka beras putih 500 ml 53.900

Harga cuka beras di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Perlu diketahui, harga cuka beras tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga cuka beras tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, cuka beras Mizman Vinegar 1,8 ml yang dijual dengan harga Rp20 ribu tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Ro30 ribu tahun 2022.

Baca juga  Update Harga Indomie 1 Dus (Semua Varian Rasa)

Cuka beras terbilang sulit ditemukan di supermarket maupun minimarket seperti Indomaret, karena Anda hanya akan menemukan cuka biasa. Untuk itu, Anda dapat memesan produk secara online dan memastikan kehalalannya sebelum membeli.

Walaupun dinilai kalah pamor dibandingkan cuka apel, Anda masih dapat memperoleh manfaat hebat dari cuka beras. Cuka asli Asia ini selain sebagai penyedap masakan juga berkhasiat sebagai herbal. Bahkan, Japan Food Research Laboratories menyatakan bahwa cuka beras memiliki kandungan yang kaya akan asam amino esensial, yaitu lysine, histidina, arginin, valin, isoleusin, leusin, dan fenilalanin.[2]

[Update: Almas]

[1] Garjito, Murdijati. 2013. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 67.

[2] Lingga, Lani. 2014. Health Secret of Pepper. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm. 214.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.