Info Terbaru Harga Bingkai Foto Ukuran 5R, 10R, 20R

Ketika Anda memutuskan mencetak foto kenangan, selain diletakkan di album, foto tersebut juga dapat Anda taruh di meja atau digantung di dinding. Namun, sebelum memutuskan menaruh di atas meja atau digantung di dinding, foto akan lebih elok jika disertai dengan bingkai. Saat ini, sudah hadir beragam bingkai foto, mulai ukuran 5R, 10R, hingga 20R, dengan harga bervariasi, tergantung ukuran dan modelnya.

Ilustrasi: Seseorang Memasang Bingkai Foto (credit: kellymcphail)
Ilustrasi: Seseorang Memasang Bingkai Foto (credit: kellymcphail)

Dikutip dari Wikipedia, foto bisa dikatakan sebagai gambar diam, baik berwarna maupun hitam-putih, yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, foto adalah gambaran, bayangan, pantulan, atau potret tentang suatu objek tertentu.

Bacaan Lainnya

Meski hanya berupa gambar, foto adalah suatu cerita dari momen ketika gambar tersebut dijepret. Foto bisa menggambarkan kisah seorang bayi yang baru saja lahir, momen pernikahan sepasang kekasih, perjalanan wisata ke suatu daerah, momen bersantai bersama keluarga, hingga momen kelulusan atau wisuda kuliah.

Foto sendiri banyak jenisnya. Ada yang dikategorikan berdasarkan objek yang difoto, ada juga yang dikategorikan menurut momen atau suasana ketika foto itu diambil. Nah, berikut jenis-jenis foto yang banyak dikenal masyarakat, terutama dalam lingkungan pencinta fotografi.

Jenis Foto

Ilustrasi: Frame Foto dalam Berbagai Ukuran (credit: parents)
Ilustrasi: Frame Foto dalam Berbagai Ukuran (credit: parents)
  • Journalism Photography, adalah bentuk khusus dari jurnalisme (mengumpulkan, mengedit, dan menyajikan bahan berita untuk diterbitkan atau disiarkan) yang menciptakan gambar agar dapat menceritakan sebuah kisah berita. Sekarang, biasanya dipahami untuk merujuk hanya untuk gambar diam. Tetapi, dalam beberapa kasus, istilah ini juga merujuk ke video yang digunakan dalam jurnalisme penyiaran.
  • Foto Still Life, merekam gambar benda mati sehari-hari secara artistik dengan menggunakan cahaya pembantu dll, termasuk makro (benda-benda kecil).
  • Portrait Photograph, adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), dengan ekspresi wajah yang dominan. Tujuannya adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan.
  • Foto Commercial Advertising, adalah foto yang diambil untuk keperluan promosi, biasanya dibuat semenarik mungkin dengan bantuan editing dan computer graphics.
  • Foto Abstract, adalah foto yang bisa disebut sebagai aliran para pemuja komposisi. Dengan demikian, seorang fotografer yang akan membuat foto abstrak akan mengisi kanvas mereka dengan sebuah komposisi yang dilihatnya di alam. Dari sebuah realitas tiga dimensi yang ada, bisa tercipta jumlah tak terhingga komposisi foto abstrak ini.
  • Wedding Photography, adalah salah satu yang paling populer karena setiap orang pasti ingin memiliki foto yang bagus pada momen penting mereka. Tipe ini membutuhkan fotografer yang berpengalaman karena diperlukan keahlian untuk menangkap momen-momen penting. Biasanya, dibutuhkan lebih dari ratusan foto, baik berupa foto warna, BW (black and white), dan sepia.
  • Fashion Photography, adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan -barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri, dengan pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.
  • Landscape Photography, jenis ini merupakan kumpulan foto dari berbagai tempat yang biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.
  • Food Photography, biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.
Baca juga  Info Harga Besek Bambu Aneka Ukuran
Bingkai foto meja (sumber: frameology.com)
Bingkai foto meja (sumber: frameology.com)

Fungsi Bingkai Foto

Foto memang dapat diletakkan dalam sebuah album foto. Namun, jika Anda ingin memajang foto terbaik di atas meja atau digantung di dinding, Anda memerlukan sebuah bingkai. Ini adalah tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah gambar, foto, atau lukisan. Sering juga disebut pigura, bentuk bingkai biasanya persegi panjang, dibuat dari kayu atau logam, dan kadang-kadang memiliki selembar kaca untuk melindungi bagian lukisan/gambar yang dipasang. Bingkai ada yang dilapisi cat ataupun sintetik.

Jika foto ingin terlihat cantik, alangkah baiknya foto tersebut juga dipadukan dengan frame yang menarik. Besar atau kecilnya bingkai foto menyesuaikan nilai ekspresi yang ingin ditawarkan foto tersebut. Foto yang menggambarkan kebahagiaan, bisa ditempatkan di area tengah, sedangkan jenis foto landscape, portrait, atau artistik, umumnya ditempatkan pada sudut ruang tertentu.

Tips Memilih Bingkai Foto

  • Tentukan ukuran bingkai foto. Ada beragam ukuran bingkai foto yang dapat disesuaikan dengan foto, mulai 3R, 4R, 5R, 6R, 8R, 10R, 12R, 16R, hingga 20R. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena ukuran foto bisa sedikit berbeda tergantung dari penyedia jasa cetak foto.
  • Kesesuaian bingkai foto dengan interior ruangan. Jika Anda dapat menyesuaikan model dan warna ruangan, serta jenis perabotan dengan warna dan jenis bingkai foto yang tepat, hal tersebut akan menghasilkan sebuah dekorasi ruangan yang cantik. Pemilihan bingkai foto yang tepat akan sangat berpengaruh pada nuansa ruangan di tempat foto dipajang.
  • Tentukan bahan dan warnanya. Jika ruangan Anda bernuansa natural atau alami, Anda bisa memilih bingkai foto dengan bahan kayu. Jika ruangan Anda bernuansa modern, maka lebih cocok memilih bingkai foto berbahan aluminium atau akrilik.
Baca juga  Info Harga Selai Nanas Royal per Bungkus & per Karton
Bingkai foto berbagai ukuran (sumber: pexels.com)
Bingkai foto berbagai ukuran (sumber: pexels.com)

Harga Bingkai Foto

Ukuran Bingkai Foto Harga
5R Minimalis Rp23.500
5R IKEA Knoppang Rp179.000
5R Jbrothers Single 3D Rp75.000
5R Hermosa 105 Rp70.000
5R Izemu Omoide Rp120.000
5R Ade Pigura Photo Frame Matt Rp170.000
5R Royal Selangor Silver Rp675.000
10R Wilis Rp55.000
10R JYSK 8184B-6 Rp100.000
10R JYSK Picture Frame Are Rp100.000
10R Frame Minimalis Rp30.000
10R Jbrothers Single Frame Matt Rp185.000
10R Jbrothers Single Frame Stainless Rp115.900
10R IKEA Virserum Rp558.600
20R Laris Bingkai U002F Rp54.000
20R IKEA Fiskbo Bingkai Rp39.900
20R IKEA Ribba Bingkai Rp79.900
20R IKEA Skatteby Bingkai Rp195.000

Harga bingkai foto ukuran 5R, 10R, dan 20R di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko pigura dan situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harganya tahun 20 dan 2022 ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, bingkai foto 5R minimalis yang harganya Rp10 ribu di tahun 2020, naik menjadi Rp23 ribuan di tahun 2021 dan 2022.

Baca juga  Update Harga Karpet Bulu Cendol dalam Berbagai Ukuran

Sementara itu, bingkai foto 10R Wilis yang dibanderol Rp70 ribu di tahun 2020, turun menjadi Rp45 ribu di tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp55 ribu di tahun 2022. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko peralatan foto terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.