Update Harga Salep Burnazin Cream untuk Luka Bakar

Luka tidak bisa ditangani dengan sembarangan. Pasalnya, jika Anda menanganinya secara sembrono, justru akan berpotensi untuk membuat luka bakar tersebut semakin parah atau bahkan berisiko terinfeksi bakteri. Untungnya, saat ini sudah ada banyak produk obat luka bakar dan salah satunya adalah salep Burnazin yang dijual dengan harga cukup lumayan.

Mengoleskan krim pada bekas luka bakar (sumber: freepik.com)

Mengoleskan krim pada bekas luka bakar (sumber: freepik.com)

Luka bakar sendiri adalah kerusakan lapisan kulit yang disebabkan oleh benda panas, termasuk api, panas, dan uap panas. Rusaknya kulit akibat luka bakar membuat penderitanya rentan mengalami infeksi, karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, penanganan terhadap luka bakar perlu dilakukan secepatnya.

Penanganan luka bakar bisa berbeda-beda, tergantung lokasi dan tingkat keparahan luka. Luka bakar yang ringan biasanya dapat ditangani sendiri di rumah. Namun, untuk luka bakar yang parah atau luas, dibutuhkan penanganan khusus di fasilitas kesehatan.

Gangguan kulit seperti ini memiliki beberapa derajat atau tingkat keparahan. Pertama adalah luka bakar derajat satu yang hanya menyebabkan kerusakan di lapisan luar kulit (epidermis). Kemudian, luka bakar derajat dua menyebabkan kerusakan di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis), dan yang terakhir luka bakar derajat tiga kerusakannya mencapai lapisan lemak serta merusak saraf dan pembuluh darah. Penanganan luka bakar salah satunya dengan menggunakan produk salep Burnazin.

Indikasi Burnazin

Burnazin adalah salep produksi Darya Varia yang di dalamnya memiliki kandungan Silver sulfadiazine yang merupakan topical antibiotic golongan sulfonamide. Obat ini digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi pada luka bakar yang rentan terhadap infeksi sekunder. Burnazin cream bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi luka terbuka sehingga membantu untuk menurunkan risiko bakteri menyebar ke kulit di sekitarnya atau yang menyebabkan infeksi darah yang serius.

Silver sulfadiazine sendiri adalah antibiotik topikal yang mempunyai aksi antimikroba yang tinggi, terutama terhadap bakteri gram negatif serta beberapa ragi dan jamur. Biasa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka bakar, senyawa kimia ini kelarutannya kurang baik, dan penetrasinya ke kulit sangat terbatas. Silver sulfadiazine bekerja dengan cara mengganggu integritas sel dan membran sehingga memungkinkannya untuk merusak enzim esensial, DNA bakteri dan RNA yang menyebabkan kematian sel.

Komposisi Burnazin

Setiap 1 gram Burnazin cream mengandung zat aktif (nama generik) Silver sulfadiazine 10 mg.

Salep Burnazin Cream (sumber: shopee)

Salep Burnazin Cream (sumber: shopee)

Burnazin

Setelah luka dibersihkan, gunakan krim dengan kasa steril pada permukaan kulit yang terbakar, 1-2 kali sehari dengan ketebalan 2 mm. Terapi dilanjutkan sampai sembuh betul atau sampai bagian yang terbakar siap untuk pencangkokan kulit. Dosis pemakaian Burnazin cream harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Indikasi Burnazin

Kegunaan Burnazin cream adalah untuk mengobati atau mencegah infeksi pada luka bakar yang rentan terhadap infeksi sekunder.

Kontraindikasi Burnazin

  • Kontraindikasi untuk pasien dengan riwayat alergi antibiotik Silver sulfadiazine atau obat golongan sulfonamida lainnya.
  • Tidak boleh digunakan untuk pasien dengan porfiria.
  • Sebaiknya tidak diberikan untuk bayi prematur atau bayi berumur kurang dari 2 bulan.

Efek Samping Burnazin

  • Hipersensitif.
  • Gatal.
  • Beberapa orang menunjukkan reaksi alergi antibiotik ini seperti ruam atau eritema multiforme.
  • Kumpulan ion perak dapat menyebabkan argyria lokal (perubahan warna pada kulit), terutama jika area yang dirawat terkena sinar ultraviolet. Argyria umum yaitu terjadinya akumulasi perak di ginjal, hati, dan retina bisa terjadi jika digunakan jangka panjang dan berlebihan, atau penggunaan berulang pada luka bakar parah dan sangat meradang. Konsekuensi yang mungkin timbul dari argyria umum misalnya nefritis interstisial dan anemia.

Apabila efek samping menetap dan memburuk, segera hentikan pemakaian obat dan konsultasikan ke dokter.

Ilustrasi: memakai salep (sumber: verywellfit.com)

Ilustrasi: memakai salep (sumber: verywellfit.com)

Peringatan & Perhatian Pemakaian Burnazin

  • Waspadai reaksi alergi terutama bagi orang yang peka.
  • Jangan berbagi obat untuk mengurangi risiko infeksi silang.
  • Bersihkan area kulit yang luka sebelum dilakukan pengobatan.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung selama pengobatan. Area luka bisa dibalut dengan menggunakan kasa steril.
  • Hindari kontak dengan mata.
  • Jangan ditelan.
  • Meskipun penetrasinya ke dalam kulit sangat terbatas, obat-obat yang mengandung Silver sulfadiazine sebaiknya tidak digunakan untuk ibu hamil yang mendekati persalinan.

Interaksi Obat Burnazin

  • Enzim protease seperti tripsin dan enzim clostridium peptidase, yang biasanya terkandung dalam salep yang digunakan untuk menghilangkan kulit mati pada luka, dapat dihambat oleh ion perak jika diaplikasikan secara bersamaan.
  • Bila Silver sulfadiazine diserap dalam yang banyak, maka dapat meningkatkan efek dan efek samping dari beberapa obat seperti antagonis vitamin K.

Burnazin Cream saat ini telah tersedia dalam tiga jenis kemasan, yakni kemasan tube isi 5 gr, tube isi 25 gr, dan jar isi 500 gr. Berikut adalah referensi harga salep Burnazin di pasaran dalam negeri. 

Harga Salep Burnazin

Kemasan Salep BurnazinHarga
Burnazin Plus CR 25 gr Rp143.891
Burnazin Cream 35 gr Rp88.414
Burnazin Cream 500 gr Rp630.027

Harga salep Burnazin di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, harga salep Burnazin 35 gr tahun 2019 lalu Rp72 ribu, naik menjadi Rp76 ribuan di tahun 2020, dan naik lagi menjadi Rp88 ribu di tahun 2021. Info lebih lengkap bisa datang ke apotek terdekat di kota Anda.

Salep Burnazin tergolong obat keras yang hanya bisa dibeli di apotek dengan resep dokter. Efek yang dirasakan setiap orang setelah penggunaan suatu produk bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda merasakan efek samping yang negatif, segera hentikan pemakaian dan periksakan kondisi Anda ke dokter.

[Update: Almas]

Baca juga  Manfaat dan Harga Albumin Kapsul Ikan Gabus
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Salep Burnazin Cream untuk Luka Bakar"