Untuk menyerap getaran dan kejutan dari permukaan jalan sehingga kendaraan dapat melaju dengan nyaman sekaligus aman, biasanya dipasang sistem suspensi atau sering disebut shockbreaker. Nah, dalam komponen tersebut, ternyata ada sebuah tabung yang berguna untuk menstabilkan redaman. Dapat dibedakan menjadi tabung atas dan tabung bawah, shockbreaker tabung ini sering digunakan untuk sepeda motor matic. Di pasaran sendiri, harga piranti tersebut rata-rata ratusan ribu rupiah.
Meski sudah banyak orang yang mampu membeli mobil, tetapi sepeda motor tetap menjadi kendaraan yang paling sering digunakan masyarakat, terutama untuk melintasi jalanan yang sempit dengan tingkat mobilitas yang tinggi.[1] Meskipun mudah dioperasikan, ternyata banyak kendala yang dihadapi para pemakai sepeda motor, termasuk ketika memasuki jalan-jalan dengan tingkat kekasaran yang tinggi dan jalanan yang berlubang atau tidak rata.
Nah, untuk mengurangi getaran dan guncangan, sepeda motor ini lantas dilengkapi dengan sistem suspensi atau sering disebut shockbreaker. Shockbreaker secara umum berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Selain itu, shockbreaker juga diharapkan dapat membuat sepeda motor tetap stabil ketika menikung sehingga mudah dikendalikan.[2]
Shockbreaker sendiri hadir dalam berbagai model atau jenis. Untuk sepeda motor sport, biasanya dipasang shockbreaker model single atau monoshock. Ciri utama shockbreaker monoshock ini adalah satu peredam kejut dipasang di rangka tengah, bagian depan dari lengan ayun.[3] Keunggulan model ini dibandingkan tipe konvensional adalah lebih lembut, stabil, dan nyaman untuk manuver.
Fungsi Shockbreaker Tabung
Sementara, untuk sepeda motor dengan mesin berkapasitas lebih kecil, skuter matik misalnya, biasanya digunakan shockbreaker tabung. Seperti namanya, shockbreaker ini memang dilengkapi dengan sebuah tabung, yang dapat dipasang di sisi atas maupun di bawah. Bukan cuma sebagai pemanis, ternyata tabung tersebut memiliki fungsi yang sangat penting.
Dikutip dari berbagai sumber, shockbreaker tabung sebenarnya berawal dari shock biasa, yang telah dilengkapi dengan oli, yang berfungsi mengembalikan per suspensi yang memantul ketika meredam kejut di permukaan jalan yang tidak rata. Seiring waktu, fungsi oli bisa mengalami penurunan karena senyawanya akan memisah dan menciptakan gelembung busa, sehingga menyebabkan kekuatan shockbreaker menurun. Nah, sebagai solusi mengatasi permasalahan tersebut, akhirnya tercipta shockbreaker tabung.
Menurut laporan Harapan Rakyat, dengan adanya tekanan dari gas di dalamnya, fungsi oli bisa menjadi lebih terbantu. Meski sudah digunakan dalam waktu lama, shockbreaker tabung diklaim tetap prima dan berfungsi secara optimal. Tidak hanya itu, tampilan sepeda motor Anda juga akan terlihat lebih kece jika dibandingkan saat menggunakan shockbreaker biasa.
Di pasaran sendiri, seperti sudah disinggung sebelumnya, ada dua varian shockbreaker tabung, yakni shockbreaker tabung atas dan shockbreaker tabung bawah. Sistem kerja shockbreaker tabung atas adalah memompa oli ke atas terlebih dahulu, kemudian akan ikut ke bawah. Sementara itu, sistem shockbreaker tabung bawah sudah langsung melewati as.
Perbedaan dua jenis shockbreaker tabung tersebut juga dapat dilihat dari adjust kompresi pada shockbreaker tabung atas dan reborn yang dimiliki shockbreaker tabung bawah. Adjust kompresi sendiri adalah tekanan, kalau untuk reborn, adalah cepat lambat balik per-nya. Jadi, sebaiknya pengendara mengetahui terlebih dahulu tujuan pemakaian dan kondisi jalan yang kerap dilalui sebelum memilih tipe shockbreaker tabung. Shockbreaker tabung bawah lebih cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari, sedangkan shockbreaker tabung atas biasanya untuk touring.
Nah, apabila Anda juga berminat memasang shockbreaker tabung untuk sepeda motor Anda, tidak sulit menemukan perangkat ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai bengkel atau lewat situs jual beli online. Hadir untuk berbagai tipe motor, termasuk matic, harga shockbreaker tabung ini berada di angka ratusan ribu rupiah.
Harga Shockbreaker Tabung Matic
Merk/Tipe Shockbreaker Tabung | Harga |
Shockbreaker Tabung Atas No-Merk | Rp190.000 |
ASL Shockbreaker Tabung Atas | Rp195.000 |
DBS MDL GT Plus Shockbreaker Tabung | Rp200.000 |
DBS GAZI Shockbreaker Tabung | Rp200.000 |
HMS Shockbreaker Tabung Bawah | Rp200.000 |
JFK Shockbreaker Tabung | Rp201.500 |
Yoko Shockbreaker Tabung 305mm | Rp220.000 |
MOTOGP Copy Nitron Shockbreaker Tabung | Rp225.000 |
WP Shockbreaker Tabung Atas | Rp232.500 |
Yoko Shockbreaker Tabung 310mm | Rp245.000 |
Scarlet Black Series 8971 Shockbreaker Tabung | Rp270.000 |
Yoshimura Shockbreaker Tabung Bawah | Rp288.000 |
Fast Bikes Shockbreaker Tabung 310mm | Rp290.000 |
Showa Advantage Shockbreaker Tabung 310mm | Rp300.000 |
Crazo Shockbreaker Tabung Bawah 280 | Rp320.000 |
Combiz Shockbreaker Tabung | Rp360.000 |
YSS GP2 Shockbreaker Tabung | Rp780.000 |
YSS G-Series 300 | Rp900.000 |
Kitaco Racing Shockbreaker Tabung Atas | Rp910.000 |
YSS GZA Shockbreaker Tabung 305mm | Rp960.000 |
YSS C Euro Gold Series | Rp1.150.000 |
Gen Shockbreaker Tabung Atas 305mm | Rp1.172.000 |
YSS GOG Shockbreaker Tabung 330mm | Rp1.845.000 |
YSS G-Plus Gold Tabung | Rp2.275.000 |
YSS G-Sport Black Series OG302-330TRL | Rp2.750.000 |
Ohlins 701 Shockbreaker Tabung Atas | Rp10.499.000 |
Harga shockbreaker tabung di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah bengkel sepeda motor dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga shockbreaker tabung tersebut memang rata-rata mengalami penurunan. Gen shockbreaker tabung atas 305mm misalnya, semula dijual Rp2,6 juta dan sekarang turun drastis menjadi Rp1,1 jutaan.
[1] Noerdien, Achmad, Gatut Rubiono, Ikhwanul Qiram. 2018. Pengaruh Studi Karakteristik Getaran Shock Breaker pada Sepeda Motor Matic 110 cc. Jurnal V-Mac, Vol. 3(1): 5-8.
[2] Ibid.
[3] Ibid.