Specs dan Info Terbaru Harga Selis New Balis, Motor Listrik Roda Tiga

Seiring dengan pasokan bahan bakar minyak yang kian menipis, banyak perusahaan yang kini mulai beralih memproduksi kendaraan dengan tenaga listrik, tidak hanya di luar negeri, melainkan juga di Indonesia. Di Tanah Air, salah satu pelopor kendaraan bertenaga listrik adalah Selis, yang punya varian Balis, sebuah motor listrik roda tiga yang dilepas dengan harga puluhan juta rupiah per unit.

Selis New Balis (sumber: naikmotor.com)
Selis New Balis (sumber: naikmotor.com)

Varian Motor Selis

Selis merupakan merek produk otomotif yang berada di bawah pengelolaan PT Juara Bike. Perusahaan ini sudah eksis sejak tahun 2011 dengan memproduksi berbagai macam varian kendaraan listrik ramah lingkungan. Dengan brand Selis, terdapat lebih dari 34 varian kendaraan listrik yang telah dibuat, dan jumlahnya kemungkinan besar masih akan terus bertambah.

Bacaan Lainnya

Di dalam situs resminya, Selis setidaknya membagi produk kendaraan listrik mereka ke dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Simple Series yang terdiri dari varian Butterfly Grand, Butterfly LE, Thunder, Sniper, dan Murai. Produk-produk tersebut semuanya mengusung model mirip sepeda pada umumnya dan dilepas dengan harga Rp3,6 juta sampai Rp7,8 jutaan di tahun 2019, naik menjadi Rp7 jutaan hingga Rp8,5 jutaan tahun 2022.

Kemudian, kategori kedua adalah Luxury Series yang hadir dalam sembilan model, yaitu Butterfly 3 Roda, Eagle X-tra R3, E-Max, Jalak Pro, Neo Scootic, Eagle Pro, K-Bike, New Robin, dan Patrol. Pada tahun 2019, model paling murah ditawarkan dengan harga Rp5,8 jutaan, sedangkan varian termahal (Eagle X-tra R3) dilepas dengan harga Rp20,8 jutaan, naik menjadi Rp7 jutaan hingga Rp22 jutaan tahun 2022.

Baca juga  Harga Motor Listrik Volta 401 (Tunai dan Kredit)

Kategori berikutnya adalah Sport Series yang hadir dalam enam varian sepeda, yaitu Selis EOI, Selis Nano, Selis Fat Tire, Selis SOI, Selis Roadmaster, dan Selis Flyingfox. Pada tahun 2019, produk paling murah ditawarkan dengan harga sekitar Rp4,5 jutaan, sedangkan model paling mahal dijual dengan banderol Rp14,2 jutaan, naik menjadi Rp7 jutaan hingga Rp15 jutaan tahun 2022.

Kategori terakhir dari kendaraan listrik buatan Selis adalah Special Purpose Vehicle atau disingkat SPV. Ada enam tipe kendaraan yang termasuk dalam kategori ini, yaitu Selis Kuro (Manual Folding), Selis Kuro (Auto Folding), Selis Golf Cart 4 Seat, Selis Golf Cart 6 Seat, Selis Golf Cart 8 Seat, serta tentu saja Selis New Balis.

Bagian Dalam Motor Listrik Selis New Balis (sumber: orator.id)
Bagian Dalam Motor Listrik Selis New Balis (sumber: orator.id)

Review Selis New Balis

Kendaraan ini pertama kali menyapa publik otomotif Tanah Air dalam gelaran GIIAS 2017 yang berlangsung di Jakarta pada bulan Agustus 2017. Sejak meluncur di ajang tersebut, pihak Selis mengklaim bahwa produk buatan mereka tersebut sudah laku terjual sebanyak 100 unit di seluruh Indonesia, bahkan inden rata-rata satu bulan.

Diproduksi di pabrik Selis yang berlokasi di daerah Cikupa, Tangerang, New Balis memiliki bentuk yang cukup unik. Desain kendaraan tersebut menyerupai mungil, atau bahkan mirip bajaj, namun tetap dikategorikan sebagai sepeda motor. Pengendara pun cukup terlindungi dari hujan atau sinar matahari yang menyengat karena unit ini telah dilengkapi atap di bagian atas.

Baca juga  Update Harga Yamaha Virago 250 (XV250)

Secara fisik, Selis New Balis memiliki dimensi dengan panjang 2. meter, lebar 1.1150 meter, dan ketinggian 1.500 meter. Ban belakang memiliki ukuran 135/70 ring 12, sedangkan ban depan memiliki ukuran 130/60 ring 13. Pihak pabrikan mengklaim, sepeda motor roda tiga ini mampu memuat beban maksimal 380 kg.

Untuk sektor jantung pacu, New Balis telah dibekali dengan motor berkapasitas 1.500 Watt, dengan kapasitas baterai 50 Ampere dan daya input sebesar 220 Volt. Ketika baterai terisi penuh, maka motor listrik roda tiga ini dapat dikendarai sejauh 50 km hingga 60 km. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai sekitar 40 km per jam, sedangkan rate torsi puncak berada di angka 30 Nm. Jika pemilik ingin melakukan isi ulang baterai, apabila dimulai dari nol, maka akan membutuhkan waktu sekitar enam jam hingga delapan jam. 

Selis sendiri mengatakan bahwa motor ini merupakan kendaraan yang praktis dan ekonomis, ramah lingkungan, tanpa bensin sehingga tidak menimbulkan asap, tanpa oli, serta tidak berisik. Di samping itu, perusahaan juga menjamin ketersediaan service dan spare part, selain memberikan garansi selama lima tahun untuk frame, garansi satu tahun untuk dinamo, garansi tiga bulan untuk charger dan controller, serta garansi enam bulan untuk baterai. Berikut spesifikasi teknis Selis New Balis.

Selis New Balis (sumber: Selasar.co)
Selis New Balis (sumber: Selasar.co)

Spesifikasi Selis New Balis

Dimensi 2. mm x 1.150 mm x 1.500 mm
Ukuran Packing 2.655 mm x 1.135 mm x 1.530 mm
Motor 1.500 Watt
Baterai 50 Ampere
Daya Input 220 Volt
Jarak Tempuh Maksimal  50 km – 60 km
Kecepatan Maksimal 40 km per jam
Torsi Rata-Rata 30 Nm
Jarak Sumbu Roda 2.220 mm
Ban Depan 130/60 R13
Ban Belakang 135/70 R12
Berat  300 kg
Daya Tampung 380 kg
Durasi Charging Baterai 6 jam – 8 jam 
Baca juga  Update Harga Excavator Mini Yanmar (Berbagai Tipe)

Harga Selis New Balis

Di dalam situs resminya, Selis saat ini hanya menyediakan New Balis dalam satu pilihan warna, yaitu putih. Ketika pertama kali meluncur tahun 2017, motor roda tiga ini dilepas dengan harga Rp35 jutaan. Di tahun 2020, harganya telah naik menjadi Rp45 juta per unit, masih belum berubah dari tahun 2019. 

Namun, harga Selis New Balis di tahun 2022 mengalami kenaikan menjadi Rp48 juta per unit. Sementara, di beberapa situs jual beli online tahun 2022, ada sejumlah pedagang yang menawarkan dengan banderol Rp45 jutaan, naik dari tahun 2020 dan 2021 yang dibanderol Rp42 jutaan.

Sebelum Anda memutuskan membeli kendaraan listrik ini, sesuai regulasi pemerintah, kendaraan listrik di Tanah Air belum dikenakan STNK. Karena itu, Selis pun menyarankan pemakaian New Balis hanya untuk di dalam perumahan, tidak di jalan raya. Tetapi, jika peraturan mengenai kendaraan listrik sudah dikeluarkan, maka pabrikan kemungkinan besar akan menjual New Balis lengkap dengan surat-surat resmi. 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.