Info Terbaru Kisaran Biaya Merakit Sepeda Fixie

No comment13977 views

atau fixed gear (bergigi tetap) merupakan sepeda dengan satu kecepatan yang tidak memiliki freewheel. Dengan sprocket (gear belakang) yang langsung menancap pada fixed hub sepeda, maka sepeda akan bergerak satu arah mengikuti arah kayuh pedal. Ketidakhadiran freewheel ini juga memungkinkan pengendara untuk memperlambat laju sepeda tanpa melakukan pengereman. Caranya, pengendara hanya perlu mengayuh pedal ke belakang. Sementara, pada sepeda torpedo, pengereman cukup dilakukan dengan menahan pedal sepeda ke bagian belakang.

Sepeda fixie (sumber: 8bar-bikes.com)

Sepeda fixie (sumber: 8bar-bikes.com)

Jika memiliki anggaran berlebih, Anda bisa mendapatkan sepeda Fixie dengan membeli dalam bentuk jadi. Ada beberapa sepeda Fixie yang ditawarkan di pasaran. Sepeda Fixie dengan minimum dijual dengan mulai Rp1,5 juta sampai Rp2,5 juta. Sementara, sepeda Fixie rakitan generik dengan cukup baik, harganya bisa mencapai Rp5 juta ke atas.

Namun, jika Anda belum punya anggaran besar, tetapi masih ingin memiliki sepeda Fixie, tak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan sepeda Fixie dengan cara merakit. Caranya, cukup membeli rangka sepeda polos dan diberi warna sesuai keinginan. Sisanya, Anda dapat membeli satu per satu spare part sepeda Fixie. Nah, buat Anda yang ingin merakit sepeda Fixie, berikut spare part yang dibutuhkan dan kisaran biaya yang harus dikeluarkan.

Frame atau Rangka

Frame merupakan bagian rangka utama dari sebuah sepeda fixie. Dalam membangun frame sepeda Fixie, Anda harus mengetahui ukuran frame yang tepat sesuai dengan postur tubuh. Jika Anda tidak mampu membeli frame sepeda Fixie, menggunakan frame sepeda balap bekas juga tidak masalah. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli frame asli sepeda Fixie sekitar Rp450 ribuan, sedangkan frame sepeda balap bekas berkisar Rp45 ribuan hingga Rp80 ribuan.

Fork atau Garpu

Anda bisa menggunakan fork (garpu) bawaan sepeda atau membeli fork satuan. Saat ini, sudah tersedia berbagai jenis fork yang bisa Anda pilih, seperti fork single speed, fork gigi, fork , fork chrome, dan lainnya. Yang perlu diingat, fork harus berukuran panjang agar ban berukuran 26-27 inci bisa muat. Harga fork asli sekitar Rp450 ribuan, sedangkan fork sepeda bekas sekitar Rp50 ribuan.

Handlebar (Stang)

Stang sepeda digunakan untuk mengendalikan roda depan agar berbelok. Jenisnya pun bervariasi, seperti flat handlebar yang membuat tubuh pengendara membungkuk atau rise handlebar yang membuat tubuh menjadi lebih tegak. Untuk sepeda Fixie, stang boleh berbentuk balap, lurus, atau naik seperti sepeda BMX. Banyak tipe setang yang beredar di pasaran, dan termurah berada di kisaran Rp25 ribuan hingga Rp50 ribuan.

Grip (Karet Stang)

Karet stang biasanya harus dilengkapi jika Anda menggunakan stang model lurus atau flat. Sementara, untuk stang balap, biasanya menggunakan bar-tape semacam sola-tape dari busa/kulit yang dililit di stang balap tersebut. Harga karet stang di pasaran saat ini sekitar Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan per buah.

Stem/Pengikat Stang

Stem Fixie bisa berbentuk kotak, atau bango (untuk stang balap) dengan harga berkisar Rp50 ribuan.

Fixie, harga, jenis, model, pasaran, sepeda, tipe, spare part, rincian, kisaran, biaya, cara, merakit, sendiri, komponen, frame, headset, ban, warna, rangka, 700, cc, velg, rim, cat, las, merek, merk, produk, kualitas, spoke, ban, rantai, crank, bottom, bracket, stem, fork, handlebar, free, wheel

Mengendarai sepeda fixie atau fixed gear (sumber: tokyobike.com)

Headset

Headset merupakan part yang memiliki bearing/cincin pada frame dan fork yang bekerja agar fork dan stang dapat diputar. Karena itu, komponen ini merupakan salah satu hal penting untuk sepeda Fixie. Agar awet, sebaiknya gunakan tipe bearing dengan harga sekitar Rp250 ribu. Jika dana terbatas, Anda bisa menggunakan headset milik United seharga Rp30 ribuan.

Bottom Bracket

Alat ini memiliki fungsi yang sama seperti headset, yaitu mengatur gesekan. Namun, bottom bracket terletak di bagian bawah frame, tepatnya di bagian tempat crank dipasang. Harga bottom bracket berkisar Rp50 ribuan sampai Rp75 ribuan.

Crank (Gigi Depan)

Ini adalah gigi depan Fixie yang menyatu dengan tangkai pedal. Crank biasanya dijual dalam bentuk gigi depan dan tuas pedal. Agar lebih matching, pilih crank dengan warna senada frame dan memiliki 40, 48, atau 56 runcingan. Harga crank di pasaran saat ini sekitar Rp150 ribuan.

Salah satu sparepart yang banyak dicari, seperti Crank merek Sugino 48 gigi, hanya dijual Rp250 ribu. Crank tersebut banyak dipakai oleh pecinta sepeda Fixie. Bukan saja bagus, tetapi ringan karena terbuat dari bahan aluminium. Pilihan lainnya, Anda dapat menggunakan crank sepeda gunung seperti produk dari Shimano Alivio. Hanya saja bagian ring crank dalamnya dilepas, dan hanya menggunakan ring utama saja.

Cog (Gigi Belakang)

Cog merupakan gigi belakang sepeda Fixie. Cog bisa bermodel ring (putar) atau model 6 bolt, tergantung hub (tromol) yang akan digunakan. Harga cog saat ini berkisar Rp50 ribuan sampai Rp100 ribuan.

Pedal

Seperti diketahui, pedal merupakan alat untuk mengayuh sepeda. Ada berbagai macam pedal yang tersedia di pasaran. Harga pedal yang ada di pasaran mulai Rp50 ribuan. Jika ingin lebih murah, ada juga pedal dengan harga Rp25 ribuan per pasang.

Sadel (Tempat Duduk)

Sadel merupakan salah satu alat vital di sepeda. Harga sadel bervariasi, termurah mulai Rp25 ribu.

Seat Post

Seat post merupakan sebuah tiang yang menghubungkan frame dengan sadel. Seat post dengan ukuran 27,2 saat ini ditawarkan dengan harga Rp75 ribuan sampai Rp100 ribuan.

Sepeda fixie (sumber: thefixedgearshop.co.uk)

Sepeda fixie (sumber: thefixedgearshop.co.uk)

Rim (Pelek)

Ada dua pilihan rim atau pelek yang bisa digunakan dalam merakit sepeda Fixie,  pertama adalah rim klasik dengan bentuk seperti pelek sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hybrid. Kedua, dan yang sedang tren, adalah pelek lebar. Harga velg untuk merakit sepeda Fixie berkisar Rp200 ribuan hingga Rp2 jutaan untuk roda depan dan belakang dengan merk yang berkualitas. 

Hub

Hub sepeda Fixie bisa dipasang dual sprocket (Flip Flop) atau rem tromol. Spare part bagian roda hub sepeda Fixie sudah banyak jenisnya. Salah satu model hub untuk gear atau gigi belakang sepeda adalah Flip-flop hub dengan harga sekitar Rp90 ribuan.

Spoke (Ruji atau Jari-jari)

Ada banyak pilihan spoke yang saat ini beredar di pasaran. Untuk spoke stainless steel, harganya berkisar Rp75 ribuan.

Ban dan Rantai

Mengingat rancangan sepeda fixie akan terlihat modis, maka warna ban mengikuti warna sepeda sehingga akan terlihat lebih matching. Umumnya ban sepeda Fixie mengunakan ukuran saat ini seperti Road Bike (sepeda balap) atau Hybrid Bike (sepeda dalam kota) dengan velg / Rim 700c dengan ukuran ban 19 – 23 C. Harga ban sepeda Fixie bermacam macam, ban tanpa merek bisa dibeli hanya seharga Rp50 ribuan saja. Tapi untuk produk yang lebih bermerek, seperti CST tipe Wireband, harganya bisa melambung di atas Rp125 ribu. Sementara, untuk rantai, Anda bisa memilih rantai DID untuk kualitas yang lebih baik dengan harga Rp25 ribuan sampai Rp40 ribuan.

Cat dan Las

Sebenarnya, warna cat tergantung kreasi Anda. Namun, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan dua buah cat spray, yang pertama untuk cat dasar dan yang kedua sebagai warna. Harga cat per kaleng sekitar Rp35 ribuan sampai Rp50 ribuan untuk kemasan paling kecil. Sementara, biaya las untuk menyambung komponen sepeda sekitar Rp50 ribuan.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Harga Groupset Shimano Alivio Terbaru di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Biaya Merakit Sepeda Fixie"