Update Harga Meja Billiard 7 Feet (Berbagai Merk)

Selain bola dan stick, salah satu wajib untuk permainan billiard adalah meja. Biasanya terbuat dari material granit atau lempengan tebal dan dilapisi kain khusus, meja billiard saat ini telah hadir dalam berbagai ukuran, termasuk 7 feet. Di pasaran, harga meja billiard ini memang jauh lebih mahal dibandingkan stick dan bola billiard.

Ilustrasi: permainan biliar (pexels: Pavel Danilyuk)
Ilustrasi: permainan biliar (pexels: Pavel Danilyuk)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga bernama billiard. Billiard adalah permainan ketangkasan memasukkan bola ke dalam kantong di sudut meja billiard, dengan cara menusuk bola menggunakan stik.[1] Selain itu, billiard juga dapat diartikan sebagai sejenis permainan yang dilakukan dengan cara menyodok atau memukul bola di tempat yang telah ditentukan (meja).[2]

Bacaan Lainnya

Layaknya olahraga pada umumnya, untuk bisa bermain billiard, diperlukan sejumlah peralatan dan aksesori. Ada setidaknya tiga peralatan utama dalam permainan billiard. Peralatan pertama adalah stick billiard, yakni alat yang digunakan pemain untuk menyodok atau memukul bola. Meskipun bentuknya cenderung sama, para master atau atlet billiard mengatakan bahwa stick tersebut ibarat pacar, sehingga harus menemukan yang benar-benar cocok, baik itu dari segi ukuran berat, panjang stik, diameter genggaman, keseimbangan, hingga material yang dipakai.[3]

Baca juga  Info Terbaru Harga Alat Sounding Meter di Pasaran

Peralatan lainnya yang tidak kalah penting adalah clue ball, yang biasanya berwarna putih polos. Sering juga disebut sebagai bola gaco, bola ini ternyata memiliki beragam dan punya berat yang berbeda. Bisa dilihat dalam 25 titik berlainan berdasarkan ara clue ball dan elevasi clue ball terhadap meja, tidak banyak yang tahu bahwa semakin sering clue ball dimainkan, maka efeknya akan semakin sulit dikendalikan.[4]

Fungsi Meja Billiard

Selain dua peralatan tersebut, perangkat penting lainnya dalam sebuah permainan billiard adalah meja. Meja ini berfungsi sebagai medan permainan billiard, yang memiliki karakteristik spesifikasi dan sangat bergantung pada material yang dipakai, teknik pemasangan, dan kelembapan udara dalam permainan biliar.

Di pinggiran meja, ada beberapa titik yang dinamakan diamond, yakni sebagai alat bantu jalannya bola berdasarkan sudut-sudut yang akan dihasilkan setelah menyentuh rail atau bantalan meja billiard. Dengan menghubungkan titik-titik tersebut, akan menghasilkan setidaknya 32 bidang permainan dan pemahaman terhadap titik ini akan memantapkan permainan billiard kita.

Umumnya memiliki bentuk persegi panjang, dengan ukuran panjang biasanya dua kali ukuran lebarnya, ukuran meja billiard biasanya disebutkan dalam satuan kaki atau feet, yang dimulai dari ukuran 7 feet, 8 feet, dan 9 feet. Meja ukuran 9 kaki lazim dipakai mereka yang sudah profesional, sedangkan meja berukuran 7 kaki dan 8 kaki biasanya dipilih untuk permainan di kediaman atau tempat penyewaan billiard.

Baca juga  Update Harga Tanaman Miana dan Cara Perawatannya
Permainan Billiard - www.greatersouthern.com
Permainan Billiard – www.greatersouthern.com

Ukuran Meja Billiard 7 Feet

  • Memiliki lebar 140 cm dengan panjang 230 cm.
  • Dimensi meja billiard 7 feet memiliki permukaan meja bermain adalah 76 inci dan 38 inci (193,04 cm x 96,52 cm).
  • Ukuran ideal meja billiard 7 feet adalah 440 x 530 cm.
  • Ukuran area bermain meja billiard 7 feet memiliki lebar 96,52 dan panjang 193,04.

Nah, apabila Anda juga ingin bermain billiard sepuasnya di rumah Anda atau kebetulan ingin membuka bisnis penyewaan billiard, Anda bisa mencari meja berukuran 7 feet. Sudah ada banyak merk yang dapat Anda pilih. Bahkan, tidak sedikit yang merupakan rakitan sendiri atau homemade. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai jutaan hingga puluhan juta rupiah, tergantung merk dan tipe.

Harga Meja Billiard 7 Feet

Merk Meja Billiard Harga
Extreme Coin 7 Feet Rp4.200.000
De Belle Coin 7 Feet Rp6.800.000
De Belle Coin 7 Feet Oval Rp7.200.000
Yupiter 7 Feet Rp10.500.000
Murrey Dinner Pool 7 Feet Rp12.500.000
Thunderbird USA 7 Feet Rp19.625.000
Minnova Custom 7 Feet Rp20.000.000
Minnova Classic 7 Feet Rp22.250.000
Orileys Designer 7 Feet Rp28.750.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga meja billiard 7 feet di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, meja billiard merk De Belle Coin 7 feet yang semula dijual seharga Rp7,8 juta, sekarang menjadi Rp6,8 juta. Berbeda dengan harga merk Minnova Classic 7 Feet yang justru naik dari Rp20 juta menjadi Rp22,25 juta.

Baca juga  Review dan Update Harga Cash PB (Semua Voucher)

Selain merk-merk di atas, banyak juga pedagang yang menawarkan meja billiard 7 feet rakitan sendiri dengan harga mulai Rp4,5 juta hingga Rp8,25 juta per unit, tergantung model dan kualitas produk. Harga tersebut sedikit naik dari tahun lalu yang berkisar Rp4 juta hingga Rp6 jutaan per unit.

Sementara itu, jika Anda ingin model yang lebih canggih, sekarang sudah tersedia meja billiard 7 feet 4-in-1 yang juga dapat digunakan untuk bermain pingpong dan hockey serta bisa dipakai untuk makan. Di pasaran, harga meja billiard 7 feet 4-in-1 ini berada di kisaran Rp17,5 juta hingga Rp23 jutaan. Perlu diingat, harga perangkat ini tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Surahman, Oki. 2015. Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional dan Konsentrasi terhadap Hasil Permainan Bola 9 pada Pemain Pemula di Klub Biliar Kudus (Skripsi). Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

[2] Daniswara, Radhitya. 2011. Jago Bermain Billiard. Sleman: Second Hope, hlm. 11.

[3] Marchamah. 2009. Olahraga Biliar. Semarang: CV Aneka Ilmu, hlm. 10.

[4] Surahman, Oki. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.