Update Info Harga Tanam (Implan) Gigi Depan Permanen

No comment22811 views

adalah salah satu organ tubuh yang membutuhkan secara cermat. Meski sudah rajin menyikat setiap hari, masih ada saja sisa-sisa makanan yang terkumpul di sela-sela karena proses pembersihan Anda yang kurang maksimal dan sempurna. Sisa-sisa makanan tersebut apabila dibiarkan begitu saja lama kelamaan akan berubah menjadi plak hingga karang yang sulit dibersihkan sendiri tanpa bantuan .

Gigi sehat

Gigi

Dalam jangka panjang, gigi Anda menjadi lebih mudah berlubang, gusi berdarah, bahkan bisa saja di masa tua Anda mengalami gigi ompong. Tak hanya karena kurang bersih dalam menyikat gigi, gigi ompong bisa saja disebabkan karena faktor gaya hidup seperti merokok atau juga karena faktor usia. Lalu bagaimana jika gigi Anda sudah terlanjur habis atau ompong? Adakah solusi yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan Anda cantik atau tampan lagi seperti semula?

Ternyata ada solusi yang bisa mengembalikan tampilan dan fungsi gigi Anda seperti semula, yakni dengan cara implan gigi. Implan atau yang oleh sebagian orang disebut tanam gigi palsu adalah suatu penanaman material tertentu berwujud sekrup silinder khusus, di antaranya dari bahan titanium ke dalam tulang rahang yang berfungsi untuk menggantikan bagian akar gigi.

Bahan titanium tersebut dirancang sedemikian rupa hingga ada bagian yang tertanam di dalam gusi dan masih ada pula yang muncul di permukaan gusi. Nantinya bagian yang muncul di permukaan gusi tersebut akan diselubungi oleh mahkota (crown) gigi. Gigi tanam atau implan tersebut bisa digunakan untuk menggantikan satu atau lebih dari gigi yang hilang, baik di bagian depan, bawah, atau bagian gigi belakang seperti geraham sekalipun.

Kelebihan Implan Gigi

informasi, info, tanam, implan, gigi, depan, dental, implant, permanen, berapa, 2017, 2018, palsu, kumpulan, murah, termurah, di, medan, solo, terbaru, baru, atas, bawah, belakang, geraham, bahan

Implan gigi depan permanen (sumber: lahabra-dentist.com)

  • Menambah kepercayaan diri para penggunanya.
  • Mempertahankan bentuk muka.
  • Efisiensi pengunyahan makin meningkat dibandingkan jenis penggantian gigi konvensional lainnya seperti gigi tiruan lepasan, serta mengurangi rasa tidak nyaman maupun sakit karena pemakaian gigi palsu lepasan.
  • Lebih meningkatkan kemampuan berbicara, dalam artian bisa berbicara santai dengan nada alami dibanding pemakaian gigi tiruan lepasan yang tidak mudah dicapai akibat tegangnya otot muka yang menahan pergeseran gigi palsu dalam mulut dan seringkali menimbulkan bunyi suara tidak jelas.
  • Memiliki fungsi layaknya gigi asli.
  • Mudah dibersihkan.
  • Lebih nyaman dipakai.
  • Mempertahankan tulang rahang, setidaknya memperlambat penyusutan tulang rahang.
  • Tidak rentan terhadap pengeroposan, bahkan diklaim bisa bertahan seumur hidup.

Dibandingkan pembuatan gigi palsu lepasan biasa, pemasangan implan gigi permanen memang lebih rumit karena proses implan membutuhkan prosedur ketat pemeriksaan dan pengontrolan lokal gigi maupun mulut, serta umum calon klien karena pelaksanaannya melalui tindakan bedah tertentu.

Oleh sebab itu, proses implan atau tanam gigi depan secara permanen harus dilakukan oleh dokter yang memang sudah berpengalaman. Keberhasilan pemasangan implan gigi kabarnya mencapai 95% dan bukan hanya dipengaruhi oleh faktor kondisi pasien saja, tetapi juga ditentukan oleh sang dokter. Dokter yang dianjurkan untuk melakukan tanam gigi adalah dokter yang memiliki kualifikasi spesialis bedah mulut, gusi (prostho), dan yang tergabung dalam FISID (Fellowship Indonesian Society of Implant Dentistry).

Anda juga tak perlu khawatir, sebab saat ini kabarnya sudah banyak dokter yang memenuhi kualifikasi tersebut dan siap untuk memenuhi permintaan implan gigi bagi setiap pasien yang membutuhkannya. Berikut ini informasi lengkap tanam gigi depan permanen.

Harga Tanam Gigi Depan Permanen

Gigi pengganti

Gigi pengganti

Beberapa dari Anda mungkin kini sudah banyak yang penasaran, kira-kira berapa harga tanam gigi atau implan gigi depan? Jawabannya sebenarnya cukup bervariasi, tergantung banyaknya gigi yang hendak diimplan dan bahan implan yang Anda gunakan.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, biaya pembuatan gigi implan di dokter gigi tahun 2019 lalu berkisar antara Rp17 juta hingga Rp25 juta per gigi yang hendak digantikan. Sementara itu, tahun 2020 ini tarif implan gigi di salah satu klinik gigi yang berada di Bekasi dipatok mulai Rp15 juta. Bahkan kabarnya perawatan implan gigi permanen bisa mencapai Rp50 juta. Cukup mahal bukan? 

Ternyata mahalnya harga tanam gigi di Indonesia disebabkan oleh bahan implan yang sebagian besar masih impor atau dibeli dari luar negeri. Harga tanam gigi juga ditentukan oleh tingkat kesulitan prosedur implan yang biasanya membutuhkan bahan pendukung lainnya seperti bahan pencangkokan tulang (bone graft), dan sebagainya.

Implan gigi yang relatif murah biasanya menggunakan bahan dari Asia, sedangkan yang paling mahal bahannya berasal dari Eropa atau Amerika Serikat. Bahan implan gigi yang banyak beredar di Indonesia biasanya berasal dari China, India, Korea, Jepang, Jerman, Swiss, Prancis, dan USA. Anda bisa memilih sendiri bahan seperti apa yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan budget setelah berkonsultasi dengan dokter gigi.

Apabila Anda memiliki masalah gigi ompong atau semacamnya dan berencana untuk melakukan implan gigi permanen, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Perlu diketahui bahwa usia minimal yang disarankan untuk bisa melakukan tanam gigi adalah 19 tahun, sebab usia di bawah 19 tahun masih mengalami perkembangan dimensi tulang rahang. Dikhawatirkan jika implan dilakukan pada usia di bawah 18 tahun justru posisi implannya akan berubah dengan mempengaruhi pertumbuhan tulang rahangnya.

Sementara itu usia maksimal yang disarankan untuk menerima implan gigi adalah 65 tahun. Pada dasarnya untuk pasien di atas umur 65 tahun juga masih bisa implan gigi dan memiliki peluang untuk sukses. Bahkan kabarnya ada juga dokter gigi yang sukses melakukan penanaman gigi palsu pada pasien yang berusia 88 tahun.

[Update: Dian]

Baca juga  Keunggulan, Kekurangan dan Harga Behel Keramik
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Harga Tanam (Implan) Gigi Depan Permanen"