Update Harga Green Bean Kopi Robusta Lampung (Semua Kemasan)

Secara umum, dikenal empat jenis kopi, yakni kopi arabika (coffea arabica), kopi liberika (coffea liberica), kopi robusta (coffea canephora), dan kopi excelsa (coffea dewevrei). Dari empat jenis tersebut, varian robusta memang menjadi yang paling digemari. Indonesia sendiri, sudah ada banyak daerah penghasil kopi robusta, salah satunya Lampung. Nah, jika Anda ingin mengolah dan merasakan kelezatan kopi robusta Lampung, Anda bisa membeli green bean-nya di berbagai lapak dagang online dengan harga puluhan ribu rupiah per kg.

Ilustrasi: minuman kopi panas (unsplash: Clay Banks)
Ilustrasi: minuman kopi panas (unsplash: Clay Banks)

Dibandingkan kopi arabika, kualitas kopi robusta memang sering dikatakan berada bawahnya, dengan rasa yang cenderung asam dan pahit, serta punya kandungan kafein lebih tinggi, sekitar dua hingga tiga kali.[1] Meski demikian, secara umum, kandungan kafein pada kopi bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menekan pertumbuhan sel kanker, serta menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.[2]

Bacaan Lainnya

Namun, Anda perlu membatasi konsumsi kopi karena kebanyakan kafein juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Tingginya kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti pusing, mual, badan gemetar, dan bahkan penyakit jantung.[3] Nah, untuk menurunkan kadar kafein tersebut, terutama pada jenis robusta, sering dilakukan proses dekafeinasi.

Baca juga  Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan per Ekor

Kelebihan Kopi Robusta Lampung

Indonesia sendiri, sudah banyak daerah yang menjadi penghasil biji kopi robusta, termasuk Lampung. Secara umum, tanaman kopi robusta Lampung memiliki bentuk yang tinggi, acidity rendah, dan dengan karakter yang earthy dan nutty. Cara yang biasanya dilakukan oleh orang Lampung untuk mengolah kopi yaitu menggunakan proses dry processed atau diproses secara kering. Namun, untuk proses pencucian biji kopi, dilakukan menggunakan cara semi-washed atau yang sering disebut dengan pencucian semi-kering.

Dikutip dari berbagai sumber, kopi dari Lampung sangat identik dengan tekstur yang sangat halus serta berbau aroma cokelat. Selain itu, kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang sangat “berat” serta sangat bervariasi. Alhasil, kopi yang berasal dari Lampung memiliki cita rasa yang cukup unik. Untuk mereka yang doyan dengan minuman kopi yang pahit sekaligus pekat, maka kopi Lampung merupakan pilihan yang cocok.

Dengan luas perkebunan diklaim mencapai lebih dari 50 ribu hektar, tidak mengherankan jika kopi robusta Lampung akhirnya hadir dalam berbagai varian. Ada kopi robusta Lampung semut, yang punya ukuran cukup kecil, tetapi punya cita rasa cukup pekat. Kopi ini konon sangat nikmat jika disajikan bersamaan dengan kopi arabika. Dengan tekstur yang lembut, kopi robusta Lampung semut tidak akan meninggalkan banyak residu.

Baca juga  Update Harga Bunga Bougenville (Berbagai Varian dan Warna)

Saat ini memang sudah banyak toko yang menjual kopi robusta Lampung dalam bentuk bubuk, dan biasanya dikemas dalam wadah berbentuk pouch. Namun, untuk mereka yang suka mengolah kopi sendiri agar mendapatkan kenikmatan yang lebih autentik, bisa pula membeli green bean-nya. Bagi yang belum tahu, green bean adalah jenis kopi yang belum memasuki proses pemanggangan atau bisa dikatakan sebagai biji kopi mentah.

pasaran sendiri, sudah banyak yang menawarkan green bean kopi robusta Lampung. Namun, sebelum membeli, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan biji terbaik antara lain pilih biji yang berasal dari pegunungan tinggi, pilih penjual yang sudah terkenal dan terpercaya, serta pilih biji kopi yang utuh, kering, dan tidak berbau apek. Bagi yang sudah penasaran, berikut kisaran harga green bean kopi robusta dari Lampung.

Green bean kopi robusta lampung (sumber: shopee)
Green bean kopi robusta lampung (sumber: shopee)

Harga Green Bean Kopi Robusta Lampung

Kemasan Green Bean Kopi Robusta Harga
Green Bean Kopi Robusta Lampung 125 gr Rp8.551
SUJI Green Bean Kopi Robusta Lampung 125 gr Rp14.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung Grade A 500 gr Rp32.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung Peaberry 1 kg Rp47.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung Grade A 1 kg Rp65.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung Fine Robusta 1 kg Rp68.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung Red Cherry Honey 1 kg Rp80.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung Wine 1 kg Rp250.000
Green Bean Kopi Robusta Lampung 5 kg Rp252.000
Baca juga  Update Harga Kue Lapis Surabaya di Holland Bakery

Harga green bean kopi robusta Lampung atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya tidak banyak berubah. Namun, ada juga yang turun seperti green bean kopi robusta Lampung peaberry 1 kg yang semula dijual Rp61 ribu dan sekarang turun menjadi Rp47 ribuan.

[1] Redaksi Health Secret. 2012. Khasiat Bombastis Kopi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2] Artho, Lilian N., Jane Wuisan, J. A. Najoan. Op cit.

[3] Suharman dan Patoni A. Gafar. 2017. Teknologi Dekafeinasi Kopi Robusta untuk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Jurnal Dinamika Penelitian Industri, Vol. 28(2): 87-93.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.