Info Terbaru Harga Melia Propolis Kemasan 6ml, 30ml, dan 55ml

Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu panas dan hujan. Saat musim hujan, banyak orang yang mudah terkena flu. Penyakit dapat masuk ke dalam tubuh karena daya tahan tubuh yang kurang maksimal. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, biasanya beberapa orang mengonsumsi suplemen. Salah satu suplemen yang populer di tengah masyarakat yakni Melia Propolis yang dijual beragam kemasan dengan harga berbeda.

Propolis lebah (sumber: mundoverde.com)
Propolis lebah (sumber: mundoverde.com)

Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi Anda, yaitu untuk menjaga badan tetap dan mencegah terjadinya infeksi. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen rupanya dipercaya mampu meningkatkan daya tubuh untuk menghalau pilek dan infeksi yang mudah menular. Penambahan suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal, terutama jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi.

Bacaan Lainnya

Untuk sebagian orang yang mungkin tidak mendapatkan asupan vitamin dari apa yang dikonsumsi, bisa mengonsumsi suplemen makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, seperti suplemen propolis. Akan tetapi, Anda harus mengonsumsi suplemen makanan atau multivitamin sesuai dosis yang disarankan.

Istilah propolis sendiri merupakan zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai tumbuhan. Dengan bantuan air liur lebah akan membentuk propolis. Propolis tersusun dari lilin, resin, dan esensial lain serta sedikit polen. Salah satu komponen aktif yang terkandung di dalamnya adalah caffeic acid phenethyl ester. Dalam sejarahnya, propolis sebenarnya telah dikenal sejak lama tetapi mulai kembali marak diimplementasikan dalam produk kesehatan beberapa tahun terakhir.

Baca juga  Info Terupdate Harga Benzolac untuk Jerawat di Apotek

Apa Itu Propolis?

Apa yang dihasilkan oleh lebah? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab madu, sebuah makanan yang telah dikenal betul manfaatnya. Namun, tahukah Anda, bahwa madu bukanlah satu-satunya produk yang dihasilkan oleh lebah? Selain madu, lebah juga menghasilkan produk yang sangat bermanfaat lainnya yang disebut dengan propolis.

Dilansir dari laman Hello Sehat, propolis adalah zat lengket atau getah alami yang dihasilkan oleh lebah madu. Zat lengket ini merupakan campuran liur lebah, beeswax, dan beberapa kandungan lainnya. Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat yang mereka keluarkan dari tubuh, mereka akan menghasilkan sebuah zat lengket berwarna coklat kehijauan yang berguna untuk melapisi sarang mereka. Nah inilah yang disebut dengan propolis.

Lebah madu mengumpulkan getah dari berbagai tanaman untuk mengisi celah dan lubang-lubang pada sarang mereka. Hal ini dilakukan untuk melindungi sarang dari ancaman luar, seperti mikroba. Kata propolis sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu, ‘pro’ (depan) dan ‘polis’ (kota). Zat ini digunakan para koloni lebah untuk mempertahankan lingkungan sarang mereka dari radikal bebas melalui pengurangan pertumbuhan mikroba pada dinding sarang, mencegah aliran udara yang tidak terkendali ke sarang, serta menjaga kelembapan dinding sarang, serta perlindungan terhadap para hewan pemangsa.

Propolis adalah salah satu obat herbal yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan manusia pada zaman peradaban kuno telah menggunakan obat herbal ini untuk membantu menyembuhkan serta mencegah berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit tertentu.  

Baca juga  Update Harga Flucadex (Tablet, Sirup, Box)

Orang Yunani memakainya untuk mengobati abses. Bangsa Asyur mengoleskan herbal ini di atas luka dan tumor untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Bangsa Mesir memakainya untuk proses pembalseman mumi. Herbal ini kini semakin populer sebagai terapi pengobatan dalam bentuk obat-obatan atau produk kosmetik.

Melia Propolis berbagai kemasan (youtube: ESN OFFICIAL)
Melia Propolis berbagai kemasan (youtube: ESN OFFICIAL)

Propolis Melia

Propolis Melia adalah produk suplemen komersial berupa getah alami yang dihasilkan oleh lebah madu ketika membuat sarang. Tekstur propolis lengket berwarna coklat kehijauan. Getah tersebut terbuat dari campuran liur lebah, beeswax (lilin lebah), dan beberapa kandungan lainnya.

Para peneliti telah menemukan ada kurang lebih 300 jenis senyawa aktif yang terkandung dalam propolis lebah. Di antaranya resin, balsam, minyak aromatik, serbuk sari, dan organik lainnya. Polifenol dan flavonoid adalah senyawa yang proporsinya paling banyak terkandung dalam propolis. Keduanya termasuk antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Propolis umum digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sariawan, kutil, dan gangguan pencernaan seperti infeksi H. pylori yang menyebabkan tukak lambung. Selain itu, propolis juga umum digunakan masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Misalnya, TBC dan ISPA (infeksi bakteri) serta HIV, H1N1 ‘flu babi’, flu biasa, dan herpes genital (infeksi virus).

Propolis Melia juga digunakan untuk membantu pengobatan vaginitis serta kanker hidung dan tenggorokan. Dalam beberapa kasus, propolis juga digunakan sebagai dalam kosmetik. Propolis Melia dapat langsung dioleskan ke kulit untuk membersihkan luka, pembengkakan, dan luka bakar ringan. Selain digunakan sebagai salep, obat propolis juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati luka dan peradangan mulut yang menyakitkan seperti sariawan dan untuk membantu meningkatkan penyembuhan setelah operasi mulut.

Baca juga  Update Harga Cendo Lyteers dan Efek Sampingnya

Harga Propolis Melia di Apotek

Melia Propolis Harga Member (Rp) Harga Non Member (Rp)
Melia Propolis 6 ml 1 botol 150.000 300.000
Melia Propolis 6 ml 7 botol 650.000 1.180.000
Melia Propolis 6 ml 14 botol 1.200.000 1.200.000
Melia Propolis 30 ml 1 botol 236.500 275.000
Melia Propolis 30 ml 5 botol 1.100.000 1.130.000
Melia Propolis 55 ml 1 botol 396.000 450.000
Melia Propolis 55 ml 3 botol 1.175.000 1.200.000

Harga di atas kami rangkum dari website resmi Melia dan mungkin mengalami kenaikan hampir setiap tahun. Pada 2019, tercatat Melia Propolis ukuran 55ml dijual mulai harga Rp300 ribuan hingga Rp500 ribuan. Lalu pada 2020, produk tersebut naik menjadi Rp396 ribu harga member dan Rp450 ribu non member.

Pada 2021 dan 2022, harga sejumlah produk Melia Propolis mengalami kenaikan dibandingkan 2020. Misalnya, Melia Propolis 6 ml 1 botol yang harga membernya ditawarkan sebesar Rp93.500 tahun 2020, naik menjadi Rp150 ribu tahun 2021 dan 2022. Begitu pula dengan Melia Propolis 6 ml 14 botol yang ikut naik dari harga Rp1,1 juta di tahun 2020 menjadi Rp1,2 juta di tahun 2021 dan 2022. Anda juga dapat memesan produk ini melalui sejumlah marketplace.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.