Info Harga Salep Miconazole Obat Anti Jamur

No comment67 views

Infeksi termasuk kulit yang cukup mengganggu. Selain gejalanya berupa bercak putih bersisik halus atau bintil kemerahan, infeksi jamur rasanya sangat , terutama ketika sedang berkeringat. Ini merupakan tanda kulit terkena infeksi jamur. Secara umum jamur adalah tumbuhan sederhana yang tidak mengandung zat hijau daun (klorofil) dan hidup saprofit (menumpang pada induk).

Ilustrasi: kulit gatal akibat jamur (sumber: self.com)

Ilustrasi: kulit gatal akibat jamur (sumber: self.com)

Jamur kulit hidup dari sel tanduk kulit. Jamur ini banyak macamnya. Ada jamur dermatofita yang menyebabkan dan kutu airan, non-dermatofita penyebab , jamur rambut penyebab ketombe, dan kandida penyebab keputihan. Gejala penyakit jamur di kulit tergantung dari bagian kulit yang terserang dan jenis jamurnya. Jika penyakit itu berupa (pitiriasis versikolor) menimbulkan bercak putih, kehitaman, atau kemerahan dengan sisik halus di punggung, muka, lengan, paha, dan bagian yang banyak mengandung kelenjar minyak atau kelenjar keringat.

Sedangkan penyakit kurap atau kudis (ring warm) berupa bercak tegas, pinggir lebih merah dan berbintil-bintil, rasanya sangat gatal, terutama pada saat berkeringat. Kurap merupakan golongan penyakit jamur superfisial (di permukaan) yang disebabkan jamur dermatofita. Penyakit ini menyerang jaringan tanduk pada kulit ari, rambut, dan kuku. Tempat-tempat yang diserang antara lain kulit kepala (tinea kapitis), sela paha (tinea kruris), sela jari (tinea unguium), badan (tinea korporis), dan janggut (tinea barbae).

Pada dasarnya, jamur paling sering menyerang lipatan-lipatan kulit yang lembap dan orang yang kurang memelihara kebersihan. Pemakaian -obatan, seperti antibiotik atau kortikosteroid (anti-radang) dalam jangka waktu lama, sangat rawan. Sebab, kedua jenis tersebut bisa merusak flora dalam usus yang mengganggu keseimbangan ekologi usus. Jamur dalam usus bisa meluas ke vagina. Akibat kortikosteroid pertahanan tubuh akan menurun, sehingga jamur mudah menyerang.

Baca juga  Info Terkini Biaya Operasi Lasik Mata Silinder

Penyakit jamur harus diobati. Jika tidak, akan terjadi penularan ke bagian-bagian lain. harus menyeluruh dan teratur. Menyeluruh maksudnya membasmi tuntas habis dan mencegah kembalinya gangguan jamur. Teratur adalah harus dilakukan sesuai dengan aturan dan sampai penyakit terkikis habis. Lama tergantung dari jenis jamur dan tempat serangan. Kurap biasanya menyerang bagian kepala pada anak laki-laki. Panu kerap menyerang anak remaja yang kulitnya berminyak. Sementara itu, jamur kandida menyerang orang tua, wanita dewasa, dan bayi. Dengan melihat patofisiologis dan gejalanya, bisa dilakukan dengan tepat.

Binatang peliharaan sebagai sumber penularan, jika terkena penyakit harus segera diobati. Pakaian, sapu tangan, sandal, kaos kaki, dan handuk yang dipakai penderita harus segera dicuci dan direndam dengan air panas agar tidak terjadi infeksi berulang atau menyerang anggota keluarga yang lain. Penderita kurap pada pergelangan dan jari-jari kaki, sebaiknya mencuci kaos kakinya setiap hari.[1]

Ada banyak jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur, salah satunya seperti salep Miconazole. Berikut ulasan lengkap mengenai salep Miconazole.

Tentang Miconazole

Salep Miconazole (sumber: bukalapak)

Salep Miconazole (sumber: bukalapak)

Miconazole adalah obat luar untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit seperti kurap (tinea), panu, dan candidiasis pada kulit. Selain kulit, Miconazole juga dapat digunakan untuk infeksi jamur pada mulut (candidiasis oral), namun hanya sediaan oral gel yang boleh digunakan pada mulut. Sebagai antijamur, Miconazole bekerja dengan merusak struktur sel jamur, sehingga menghentikan jamur, demikian seperti dilansir dari Alodokter.

Miconazole tersedia dalam berbagai merek dagang, yakni Daktarin, Daktazol, Fungares, Funtas, Kalpanax, Locoriz, Micoskon, Micrem, Moladerm, Mycorine, Mycozol, Sporend, Zolagel. Selain dalam bentuk salep, Miconazole juga tersedia dalam wujud bedak, krim, dan oral gel. Miconazole dalam bentuk salep berguna untuk mengatasi infeksi kuku dan kulit karena dermatofita, kandida atau jamur lain dan bakteri gram positif.

Baca juga  Info Terkini Biaya Rontgen Gigi di Laboratorium Parahita

Dilansir dari Honestdocs, Miconazole merupakan obat anti jamur yang termasuk golongan azol. Obat ini adalah turunan dari imidazole. Obat ini bersifat fungistatik terhadap jamur (menghambat pertumbuhan) namun pada jamur yang rentan terhadap obat ini seperti golongan Candida, obat ini dapat bersifat fungisidal (mematikan jamur).

Miconazole bekerja pada membran sel jamur. Obat ini akan menghambat biosintesis ergosterol pada membran sel sehingga terjadi kerusakan pada dinding sel jamur. Permeabilitas membran sel jamur akan mengalami peningkatan, dan pada akhirnya menyebabkan sel jamur kehilangan nutrisi selulernya.

Miconazole memiliki aktivitas anti jamur spektrum luas yang mencakup banyak jamur termasuk dermatofit dan ragi seperti Candida albicans, Candida guilliermondii, Candida tropicalis, Epidermophyton floccosum, Microsporum canis, Trichophyton mentagrophytes, dan Trichophyton rubrum.

Miconazole

Salep Miconazole dapat digunakan oleh dewasa dan anak-anak berusia 2 tahun ke atas. Cara pemakaiannya mudah, cukup oleskan salep Miconazole sebanyak 2 kali sehari selama 2-6 minggu. Pastikan kulit dalam kondisi benar-benar kering dan bersih sebelum mengaplikasikan salep Miconazole.

Interaksi Miconazole dengan Obat Lain

  • Meningkatkan risiko gangguan irama jantung apabila digunakan bersamaan dengan cisapride dan terfenadine.
  • Meningkatkan risiko rhabdomyolysis apabila digunakan bersama obat kolesterol golongan statin, seperti lovastatin dan simvastatin.
  • Meningkatkan risiko efek samping dari obat-obatan, seperti midazolam, alprazolam, carbamazepine, cilostazol, methylprednisolone, ciclosporin, tacrolimus, docetaxel, phenytoin, obat diabetes golongan sulfonylurea (misalnya glibenclamide), antagonis kalsium.
  • Meningkatkan risiko perdarahan dari warfarin.

Efek Samping Salep Miconazole

Ilustrasi: mengoleskan salep Miconazole (sumber: medpertise.de)

Ilustrasi: mengoleskan salep Miconazole (sumber: medpertise.de)

Sebagian besar orang tidak mengalami efek samping yang serius setelah pemakaian salep Miconazole. Akan tetapi, beberapa orang bisa saja mengalami efek samping seperti rasa terbakar, tersengat, bengkak, iritasi, kemerahan, benjolan seperti jerawat, dan pengelupasan pada area kulit yang diobati dengan salep Miconazole.

Baca juga  Update Harga Vitaquin 5% CR 15g di Apotek

Sejumlah reaksi alergi yang pernah dilaporkan tetapi sangat jarang terjadi, antara lain berupa ruam, gatal/bengkak (terutama pada , lidah, atau tenggorokan), pusing berat, hingga kesulitan bernapas. Apabila Anda mengalami efek samping semacam itu, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Peringatan & Perhatian Pemakaian Salep Miconazole

  • Hanya untuk pemakaian luar (kulit).
  • Hindari kontak salep Miconazole dengan mata, mulut, atau hidung. Jika terkena, harap segera bilas dengan air dingin.
  • Salep Miconazole harus digunakan secara tepat sesuai dosis yang disarankan. Apabila tidak sesuai dengan dosis dapat menurunkan efektivitas obat ini dan meningkatkan risiko bahwa jamur tidak akan lagi sensitif terhadap salep Miconazole dan mungkin tidak dapat diobati dengan obat anti jamur lain di masa depan.
  • Obat Miconazole sebaiknya tidak digunakan oleh anak-anak yang berusia kurang dari 12 tahun.
  • Penggunaan salep Miconazole selama kehamilan hanya ketika jelas dibutuhkan dan harus dengan petunjuk dokter.
  • Hati-hati penggunaan Miconazole pada ibu menyusui karena masih belum diketahui apakah obat ini dapat masuk ke dalam ASI atau tidak.

Harga Salep Miconazole

Miconazole Cream 2% dijual dengan harga cukup murah di Apotek K24, yakni Rp5.624 per tube isi 10 gram. Obat salep Miconazole dapat dibeli dengan mudah di sejumlah toko obat atau apotik terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Namun perlu diingat bahwa harga salep Miconazole dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga salep Miconazole yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[1] Dwikarya, M. 2003. Merawat Kulit & Wajah. Jakarta: Kawan Pustaka.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Salep Miconazole Obat Anti Jamur"