Update Harga Sereh Dapur per Batang dan per Kg

No comment6159 views

Sereh biasa digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu masak. Sereh juga dianggap sebagai salah satu jenis rempah yang penting dalam beragam menu masakan tradisional khas Indonesia. Jenis sereh yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap ini biasa disebut dengan sereh dapur. Berbeda dengan jenis sereh lainnya, sereh dapur memiliki ukuran lebih kecil dengan aroma yang kuat. Di pasaran sendiri, harga sereh dapur relatif terjangkau, baik per batang maupun per kg.

Sereh dapur (sumber: spicemountain.com)

Sereh dapur (sumber: spicemountain.com)

Sebelum kita membahas harga sereh dapur secara detail, Anda juga perlu mengetahui manfaat sereh dapur. Sereh dapur sendiri tidak hanya bermanfaat dalam dunia kuliner, tetapi juga untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat sereh dapur yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

Manfaat Sereh Dapur

Sereh dapur sering digunakan sebagai salah satu bumbu tambahan dalam beragam jenis makanan. Hal ini karena aroma sereh yang harum dapat membangkitkan nafsu makan. Kebanyakan menu makanan dengan bumbu tambahan sereh biasanya memiliki aroma khas dan cita rasa yang menggoda.

Cita rasa tersebut juga mampu menambah nafsu makan. Ini cocok bagi Anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan, atau bagi Anda yang sedang sakit. Biasanya, orang sakit memiliki nafsu makan yang cenderung berkurang. Ada berbagai jenis menu makanan dengan bahan tambahan sereh, seperti sate lilit, soto, rawon, ikan santan, dan masih banyak lagi. Menu-makanan tersebut bisa Anda cicipi selagi nafsu makan Anda berkurang.

Sereh dapur memiliki cita rasa lebih kental dibanding dengan jenis sereh lainnya. Jika jenis sereh gajah atau sereh untuk memiliki rasa yang samar, ini berbeda dengan jenis sereh dapur. Cita rasa yang lebih kental dan khas inilah yang mampu membuat masakan lebih kaya akan rasa. Kebanyakan masakan dengan bahan sereh dapur juga memiliki cita rasa yang segar dan tidak membosankan.

Sereh dapur cocok untuk beragam menu masakan berkuah dan sayur. Anda juga bisa menggunakan sereh dapur sebagai salah satu bahan pelengkap dalam menu bakaran. Aroma dari sereh bakar dan cita rasanya mampu membuat masakan menjadi lebih nikmat dan kaya rasa. Biasanya, sereh digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat sate lilit dan ayam bakar.

Dalam dunia kesehatan, sereh juga bermanfaat sebagai salah satu rempah yang bisa digunakan sebagai detoks. Anda bisa membuat minuman sereh sebagai salah satu jenis minuman detoks tradisional. Caranya mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan 3 batang sereh dapur dan merebusnya dalam air mendidih. Rebuslah sereh dapur hingga air rebusan berubah warna menjadi kecoklatan.

Daun sereh segar (sumber: klikdokter.com)

Daun sereh segar (sumber: klikdokter.com)

Minumlah air rebusan sereh di pagi dan malam hari. kerja detoks pada air sereh, yaitu dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat dan urin. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa pahit pada sereh, bisa mencampurkan potongan jeruk lemon, gula jawa, dan jahe. Minuman ini dapat disajikan dalam keadaan hangat dan .

Sereh dapur juga bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah gejala masuk angin. Sereh mengandung zat anti , antiseptic, anti-inflamasi, dan minyak atsiri. tersebut bisa mengatasi beberapa gejala masuk angin, seperti mual dan pusing. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan sereh dalam keadaan hangat.

Dengan mengonsumsi air rebusan sereh hangat, rasa mual dan pusing akan hilang. Anda juga bisa mengonsumsi air rebusan sereh dapur untuk mencegah masuk angin. Minumlah air rebusan sereh hangat setelah bepergian atau ketika cuaca sedang dingin. Ini akan membantu Anda terhindar dari gejala masuk angin.

Kandungan minyak atsiri pada sereh dapur juga bermanfaat untuk mengatasi . Jika Anda ingin mengatasi demam dengan cara alami, Anda bisa mengonsumsi air rebusan sereh dalam keadaan hangat. Air rebusan sereh dapur ini bisa juga dicampur dengan gula batu dan jahe agar rasanya lebih nikmat.

Cara kerja air rebusan sereh dapur, setelah dikonsumsi akan membantu tubuh mengeluarkan keringat dengan nyaman. Air rebusan sereh juga akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus yang menyebabkan demam.

Itulah beberapa manfaat sereh dapur dalam dunia kuliner dan dunia kesehatan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat di atas, bisa membeli sereh dapur di pasaran. Tidak sulit untuk menemukan sereh ini, apalagi di pasaran sudah banyak dijual sereh dapur dalam bentuk kering dan siap digunakan.

Harga Sereh Dapur

Sereh dapur (sumber: drweil.com)

Sereh dapur (sumber: drweil.com)

Harga sereh dapur di pasaran beragam, tergantung dari jenis dan jumlah yang Anda beli. Untuk sereh segar, harganya mulai Rp1.000 hingga Rp1.500 per batangnya. Ini berbeda jika Anda membeli dalam jumlah banyak. Seikat sereh dapur segar dengan ukuran 1 kg dibanderol mulai Rp3.500 hingga Rp7.000.

Ada juga sereh dapur siap digunakan dalam bentuk kering, dengan harga mulai Rp40.000 per 50 gr. Sementara, sereh dapur bubuk/giling dibanderol mulai Rp10.000 hingga Rp14.000 per 100 gr. Harga sereh tersebut tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing toko dan produsen sereh dapur di pasaran. 

Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga sereh dapur per batang Rp500 hingga Rp1.000, dan kini menjadi Rp1.000 hingga Rp1.500. Sementara itu, seikat sereh dapur dengan berat 1 kg, sebelumnya dibanderol Rp3.500 hingga Rp7.000 dan kini menjadi Rp8.000 hingga Rp9.000. Adapun serai kering yang semula Rp40.000 per 50 gr, kini menjadi Rp42.000 dan harga serai bubuk dari Rp10.000 hingga Rp14.000, kini menjadi Rp37.800 per 100 gr.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Berbagai Jenis Kambing Anakan & Dewasa di Pasaran
author

Leave a reply "Update Harga Sereh Dapur per Batang dan per Kg"