Update Harga Bunga Bougenville (Berbagai Varian dan Warna)

Bougenville, atau yang biasa disebut Bugenvil, merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer di Indonesia. Sebagian besar orang biasanya menanam bougenville di depan rumah agar merambat cantik dan membuat tampilan rumah menjadi rimbun. Harga bunga bougenville sendiri relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya.

Varian Bunga Bougenville - steemit.com

Varian Bunga Bougenville - steemit.com

Bougenville sendiri berwujud sebuah pohon kecil yang sulit untuk tumbuh dengan tegak. Daya tarik utama dari bunga ini tentu saja adalah kelopak bunganya yang berwarna sangat cerah dan mempesona karena nantinya dapat tumbuh dengan rimbun. Seludang bunga tersebut sering dianggap sebagai bagian dari bunga, padahal sesungguhnya bagian bunganya tersebut justru kecil yang terlindungi oleh selubung.

Tanaman hias yang satu ini berasal dari Amerika Selatan dan kerap ditanam orang di taman atau kawasan perumahan. Ketika berbunga, bougenville memiliki kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bougenville juga kerap dijuluki sebagai bunga kertas lantaran bentuk seludang bunganya tipis dan mirip seperti kertas.

Sebagian besar dari Anda mungkin banyak yang penasaran mengapa bunga yang indah ini dinamakan bougenville. Ternyata, tanaman yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Bougainvillea ini mengambil nama dari Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis. Jenis pokok bougenville yang paling terkenal adalah Elizabeth Angus, Red, Pultonii ‘Easter Parade’, dan Lady Mary Baring.

Selain warna-warnanya yang menarik, rupanya penanaman dan perawatan bunga bougenville pun tidak sulit. Anda tak perlu menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk menanti bougenville berbunga. Pasalnya, bunga bougenville memang cocok untuk ditanam di kawasan yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia ini. Bahkan, jika sudah berkembang dengan suburnya, bougenville dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 10 meter.

Namun, di balik keindahannya, Anda patut berhati-hati, sebab batang tanaman bunga bougenville agak keras dan memiliki duri yang tajam dan bercabang-. Untuk mengembangbiakkannya, Anda perlu mengerat batang yang disemai dalam bungkus plastik atau pot.

Harga bunga bougenville pun cukup terjangkau, bibitnya yang sudah memiliki batang biasanya dijual berkisar antara Rp20 ribuan hingga Rp45 ribuan, tergantung dari jenis dan warnanya. Untuk bougenville berwarna ungu, biasanya menjadi varian dengan harga termahal dibandingkan bugenvil dengan warna-warna lainnya. Sebagai informasi, berikut daftar harga bunga bougenville di pasaran saat ini.

Ilustrasi: Bougenville Tumbuh di Depan Rumah (credit: thespruce)

Ilustrasi: Bougenville Tumbuh di Depan Rumah (: thespruce)

Harga Bunga Bougenville

Jenis Bunga BougenvilleHarga
Bibit Bunga Bougenville KuningRp35.000
Bunga Bougenville Ungu 1 mRp55.000
Bibit Bunga BougenvilleRp45.000
Bunga Bougenville MagentaRp60.000
Bibit Bunga Bougenville OranyeRp47.000
Bunga Bougenville Putih 40 cmRp50.000
Bibit Bunga Bougenville Merah MudaRp20.000
Bibit Bunga Bougenville UnguRp50.000
Bibit Bunga Bougenville PutihRp33.000

Perlu Anda ketahui, harga bunga bougenville di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, harga bunga bougenville berkisar Rp35.000 hingga Rp76.000, tergantung jenisnya. Sementara, jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga bunga bougenville tahun 2021 mengalami penurunan. Sebagai contoh, bunga bougenville putih 40 cm yang semula dibanderol Rp54 ribu, turun menjadi Rp50 ribu.

Dengan perawatan yang mudah serta harga jual bunga bougenville yang stabil, membuat tanaman hias ini termasuk salah satu yang populer untuk dibudidayakan. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkannya di sejumlah pasar bunga atau toko yang menjual berbagai tanaman hias.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Info Harga Bawang Bombay per Kg di Pasaran
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Bunga Bougenville (Berbagai Varian dan Warna)"