Syarat Pendaftaran dan Biaya Pelatihan Security Sertifikat Gada Pratama

Untuk menjadi satpam ternyata tidak cuma lolos tes fisik dan kesehatan. Calon security juga wajib mengikuti Diklat Gada Pratama, yakni pendidikan dan pelatihan dasar mengenai wewenang dan tanggung jawab seorang satpam. Di Indonesia sendiri, sudah ada sejumlah lembaga yang menyelenggarakan training tersebut dengan biaya rata-rata jutaan rupiah.

Pelatihan Security Gada Pratama - (ppbm.co.id)
Pelatihan Security Gada Pratama – (ppbm.co.id)

Apa Itu Satpam?

Anda pasti sudah sering mendengar atau melihat satpam. Merupakan akronim dari satuan pengamanan, satpam adalah bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Polri di bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban , terbatas pada lingkungan kerjanya.[1] Tugas pokok seorang satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya, yang mencakup aspek pengamanan fisik, personel, informasi, dan pengamanan teknis lainnya.[2]

Bacaan Lainnya

Untuk satpam yang merupakan pegawai negeri sipil, ia adalah abdi dan tunduk pada undang-undang kepegawaian serta pengaturan gajinya terdapat dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2012 mengenai Perubahan Keempat Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Sementara itu, untuk satpam dari penyedia jasa atau perusahaan swasta, terdapat suatu hubungan antara satpam dengan pengusaha atau pemberi kerja dari penyedia jasa pengamanan yang memenuhi unsur pekerjaan, yakni menjaga keamanan di lingkungan kerja, upah atas pekerjaan yang dilakukannya, dan perintah untuk melakukan pengamanan di lingkungan kerjanya.[3]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Mendaftar satpam memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, untuk mendapatkan sertifikat pelatihan satpam, maka calon satpam yang bersangkutan wajib mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh Polres atau pihak penyedia jasa. Sementara itu, untuk memperoleh pekerjaan, mereka bisa bergabung dengan perusahaan swasta atau mengikuti tes pegawai negeri sipil.

Tujuan Pelatihan Gada Pratama

Ada beberapa pelatihan yang bisa diikuti oleh calon satpam, salah satunya Gada Pratama. Ini adalah pendidikan dan pelatihan dasar dan wajib diikuti oleh semua calon satpam. Tujuan diklat ini adalah untuk menghasilkan anggota satpam yang memiliki kemampuan dan keterampilan dasar sebagai satpam atau petugas pengamanan, serta punya kesiapan fisik dan kepribadian yang kuat.

Umumnya, lama pelatihan Gada Pratama untuk calon satpam berlangsung selama tiga minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi yang diberikan antara lain interpersonal skill, etika profesi, tugas pokok, serta fungsi dan peranan satpam. Selain itu, juga diajarkan kemampuan kepolisian terbatas, bela diri, pengenalan bahan peledak dan barang berharga, pengetahuan narkoba, penggunaan Polri dan borgol, serta pengetahuan baris-berbaris dan penghormatan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Selain materi kurikulum dan silabus sesuai Perkap No. 24 tahun 2007, calon satpam juga akan diberikan sejumlah materi tambahan untuk menambah wawasan dan keterampilan mereka. Tergantung penyelenggara diklat, biasanya materi tambahan yang diajarkan adalah pengenalan basic K3, pelatihan damkar, grooming dan standar layanan security, serta komputer dasar.

Syarat Pelatihan Gada Pratama

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat (menyertakan copy ijazah).
  • Copy KTP dan Kartu Keluarga.
  • Surat keterangan .
  • Copy SKCK atau rumus sidik jari yang masih berlaku.
  • Pasfoto dengan latar belakang biru berukuran 2 x 3, 3 x 4, atau 4 x 6.

Persyaratan pendaftaran di atas merupakan yang paling umum. Syarat pelatihan Garda Pratama memang bisa bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing penyedia diklat. Ada pula penyedia jasa yang mewajibkan calon peserta untuk lulus psikotes dan bebas narkoba, serta ada juga yang mewajibkan tinggi badan minimal (pria biasanya minimal 165 cm, sedangkan wanita biasanya minimal 160 cm).

Proses Pelatihan Gada Pratama untuk Security - (security.astacademy.or.id)
Proses Pelatihan Gada Pratama untuk Security – (security.astacademy.or.id)

Biaya Pelatihan Gada Pratama

Penyedia Jasa Pelatihan Biaya Gada Pratama
BIN Security Academy, Jakarta Rp3.000.000 per orang
Zeta Karya CIGS, Jakarta Rp3.000.000 per orang
Garda Total Sekuriti, Yogyakarta Rp3.500.000 per orang
Kussan Jaya Santoso, Surabaya Rp4.000.000 per orang
Birawidha Garda Santosa, Surabaya Rp4.000.000 per orang
Shelter Nusantara, Surabaya Rp4.000.000 per orang
Asta Security & Safety, Denpasar Rp4.299.999 per orang
Wiratama Jaya Perkasa Sumbar Rp5.200.000 – Rp5.800.000 per orang
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Daftar biaya pelatihan Gada Pratama di atas kami rangkum dari keterangan resmi masing-masing penyedia diklat. Perlu Anda catat bahwa tarif tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Biasanya, saat mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa ruang belajar, makan dan minum, pakaian pelatihan (olahraga), serta buku dan alat tulis. Setelah dinyatakan lulus, calon satpam akan memperoleh ijazah atau sertifikat serta kartu ID anggota keamanan.

[1] Wibowo, Adityo Permana dan Sri Hartati. 2016. Sistem Klasifikasi Kinerja Satpam Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Inovtek Polbeng Seri Informatika, Vol. 1(2): 192-201.

[2] Ibid.

[3] Caroles, M. B., et al. . Hak Berserikat Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai Pekerja dalam Hukum Positif Indonesia. Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Vol. 1(1): 1-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *