Info Lengkap Ciri Fisik dan Harga Fennec Fox (Serigala Padang Pasir)

Fennec fox adalah hewan peliharaan baru yang dapat Anda coba pelihara di rumah. Meskipun memiliki nama serigala, tetapi hewan mungil yang satu ini termasuk keluarga rubah dan jinak. Serupa kucing, fennec fox memiliki yang berwarna cerah dan lembut, sehingga memikat para pecinta hewan. Tak heran, jika harga jual fennec fox terbilang mahal di pasaran.

Fennec fox (sumber: pinterest)
Fennec fox (sumber: pinterest)

Fennec fox dikenal dengan nama serigala padang pasir atau vulpes zerda, ditemukan di Sahara Afrika Utara. Namanya berasal dari bahasa Arab yakni fanak (serigala) dan dari Bahasa Yunani, xeros (kering). Fennec fox merupakan serigala terkecil di dunia. Habitat fennec fox ada di Afrika Utara dan Asia, mulai dari Maroko hingga ke Mesir, Nigeria, Semenanjung Sinai, dan Kuwait.

Bacaan Lainnya

Fennec fox termasuk hewan nokturnal. Betapa tidak, di alam bebas hewan yang memiliki indera penciuman yang tajam ini merupakan satwa lucu dan aktif di malam hari. Berbeda saat siang hari, fennec fox lebih memilih bersembunyi dan tertidur lelap. Hal yang menjadi ciri khas dari hewan satu ini adalah telinganya yang luar biasa besar. Selain untuk mengusir panas, juga mampu berfungsi untuk mendengar mangsa bergerak di bawah tanah.

Baca juga  Update Harga Gitar Yamaha C40 (Baru dan Bekas)

Fennec fox mampu hidup tanpa air dalam waktu lama karena fungsi ginjal telah beradaptasi dengan suhu tinggi dan kering pada lingkungan gurun. Tubuh hewan ini juga akan berusaha menyerap air melalui makanan dan tentu saja tetap berusaha minum jika air sedang tersedia. Makanan fennec fox yakni serangga, mamalia kecil, kadal, dan burung. Namun sesekali fennec fox juga mencari tanaman buah dan batang pohon untuk menghidrasi tubuhnya.

Ciri Fisik Fennec Fox (Serigala Padang Pasir)

  • Panjang tubuh antara 24-41 cm
  • Berat tubuh 0,68-1,6 kg
  • Ujung ekornya berwarna hitam berbulu lebat
  • Telinga besar dengan panjang antara 10-15 cm
  • Kaki pendek dan berbulu tebal di telapak kaki untuk melindungi diri dari pasir gurun yang panas[1]
Fennex fox liar di padang pasir (sumber: fennecfoxes.net)
Fennex fox liar di padang pasir (sumber: fennecfoxes.net)

Fennec fox merupakan pemburu ulung yang keluar pada malam hari. Pada siang hari, fennec fox beristirahat dan berdiam di liangnya untuk menghindari panas matahari. Telinga yang cukup lebar pada fennec fox selain untuk mempertajam pendengaran juga digunakan untuk menurunkan suhu tubuh, layaknya kipas. Telinganya yang besar membantunya melepas panas tubuh ke udara agar tubuhnya tetap sejuk.[2] Warna cream (peach) pada tubuh fennec fox mampu mengalihkan panas pada siang hari dan menjaganya tetap hangat di malam hari.

Baca juga  Info Harga Lovebird Non Klep Berbagai Jenis di Pasaran

Populasinya di alam dianggap masih baik, tetapi tetap saja perburuan liar dan perdagangannya harus dikendalikan demi kelangsungan hidup fennec fox. Meski begitu, hewan yang satu ini masih saja diperjualbelikan di pasaran tentu dengan harga fantastis. Jika berminat untuk memelihara fennec fox, berikut beberapa referensi harga di internet.

Harga Fennec Fox (Serigala Padang Pasir)

Berdasarkan situs exoticanimalsforsale.net, harga fennec fox masih tinggi pada 2020. Harga bayi fennec mencapai USD3.400 – 3.800 atau sekitar Rp50,2 juta – Rp56,1 juta sudah termasuk ongkos kirim. Di pasaran Indonesia, Anda dapat menyiapkan kocek mulai Rp15 juta hingga Rp90 juta. Hewan tersebut mahal dikarenakan kelangkaannya di pasaran meski tidak terancam punah, sehingga wajar saja fennec fox dibanderol dengan harga yang menguras kantong Anda.

Walaupun ditawarkan dengan harga mahal, mengapa masih banyak orang yang ingin memelihara fennec fox? Usut punya usut hewan ini memiliki naluri seperti anjing, sehingga dapat Anda dilatih menuruti perintah. Dari segi tampilan, fennec fox juga terlihat menyerupai anjing Chihuahua saat masih bayi karena masih berkerabat dekat dengan ras anjing tersebut. Belum lagi telinga yang besar dan tubuhnya yang sangat kecil menjadikan hewan ini begitu imut. Tidak cukup dari situ, yang membuat orang gemas untuk memeliharanya yakni suara uniknya, mulai dari gonggongan, geraman, lolongan, hingga suara menyerupai kucing.

Baca juga  Info Terbaru Harga Hamster Campbell

Lalu, bagaimana hukum bagi umat muslim yang ingin memelihara fennec fox? Menurut kajian Islam, semua yang dilahirkan dari persilangan anjing dengan hewan lainnya meskipun hewan tersebut suci, hukumnya mengikuti seluruh hukum anjing yakni haram memeliharanya kecuali untuk hal-hal yang dikecualikan oleh syariah.

[1] Jumanta. Buku Pintar Hewan Buas (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019), hlm. 44

[2] Famdon, John. Ensiklopedia mini hewan (Jakarta: Erlangga for Kids, 2003), hlm. 63

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *