Info Terbaru Harga Plastik Mulsa per Roll dan per Kg

Jika Anda sering melihat pemandangan sawah, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan benda plastik berwarna silver. Itu adalah plastik mulsa, yang digunakan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembapan dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Plastik mulsa biasanya dijual secara eceran per kg atau per roll, dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Pertanian (credit: flora-flow)
Ilustrasi: Penggunaan Plastik Mulsa Untuk Pertanian (credit: flora-flow)

Dikutip dari Wikipedia, plastik mula atau mulsa plastik dikatakan sebagai lembaran plastik penutup lahan tanaman budidaya yang bertujuan untuk melindungi permukaan tanah dari erosi, menjaga kelembaban dan struktur tanah, serta menghambat pertumbuhan gulma. Plastik mulsa termasuk jenis mulsa anorganik karena terbuat dari bahan polietilena berdensitas rendah yang dihasilkan melalui proses polimerisasi etilen di bawah tekanan tinggi.

Bacaan Lainnya

Manfaat Plastik Mulsa

  • Produksi lebih tinggi, peningkatan suhu tanah akan memacu pertumbuhan tanaman serta mempercepat masa panen sekitar 7-14 hari menurut sebuah penelitian.
  • Mengurangi evaporasi, dengan tertutupnya tanah dengan mulsa plastik, maka kehilangan air akibat evaporasi akan berkurang. Selain itu, pada penggunaan irigasi tetes pada lahan dengan mulsa plastik, akan menjaga kelembapan tanah serta meningkatkan kebutuhan air bagi tanaman. Penggunaan air lebih efisien karena dapat mengurangi penggunaan air sampai dengan 45% dibandingkan dengan irigasi penyemprotan.
  • Penanganan gulma lebih rendah, mulsa plastik hitam dan hitam perak akan mengurangi intensitas cahaya ke permukaan tanah sehingga gulma cenderung tidak tumbuh. Namun, pada penggunaan mulsa bening, masih dibutuhkan penyemprotan herbisida untuk mencegah tumbuhnya gulma.
  • Mengurangi kehilangan hara dari pupuk, aliran air permukaan akan tertahan oleh mulsa plastik sehingga unsur hara pupuk tidak akan hilang oleh pencucian. Penggunaan mulsa plastik akan menjaga nutrisi bagi tanaman berada pada zona perakaran, sehingga penggunaan nutrisi lebih efisien.
Baca juga  Info Terbaru Harga Meteran 50 Meter dan 100 Meter
Plastik Mulsa (sumber: mydecorative.com)
Plastik Mulsa (sumber: mydecorative.com)

Plastik mulsa sendiri, dikutip Tribun News, juga sering dinamakan hitam perak, karena terdiri dari dua warna tersebut. Warna perak pada lapisan atas berguna untuk pemantul cahaya sehingga proses fotosintesis menjadi lebih maksimal. Sementara, warna hitam pada bagian di bawahnya dikatakan mampu menyerap panas, sehingga suhu pada perakaran menjadi lebih hangat, yang lantas akar berkembang dengan optimal.

Plastik mulsa sendiri dikatakan sangat baik digunakan untuk aneka tanaman sayuran dan buah-buahan. ini diklaim baik digunakan di daerah tropis untuk pertanian pada tanaman cabai, bawang, tomat, mentimun, melon, stroberi, dan kubis bunga. Singkatnya, pemakaian plastik mulsa banyak dipakai pada budidaya tanaman dengan sistem intensifikasi produksi.

Tidak susah mendapatkan plastik mulsa, karena Anda bisa membeli bahan ini di berbagai toko peralatan pertanian, bahkan situs jual beli online. Harga plastik mulsa bervariasi, tergantung ukuran dan kualitasnya. Semakin bagus kualitas plastik mulsa, maka semakin mahal harganya. Berikut kisaran harga plastik mulsa di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Lemari Janitor di Pasaran
Ilustrasi: Petani Memasang Plastik Mulsa (credit: sustainablemarketfarming)
Ilustrasi: Petani Memasang Plastik Mulsa (credit: sustainablemarketfarming)

Harga Plastik Mulsa

Merk/Ukuran Plastik Mulsa Harga
Plastik Mulsa Pertanian Eceran Rp44.000 per kg
Plastik Mulsa Hitam Perak Eceran Rp61.000 per kg
Merek Tembakau Hitam Perak 60/120 cm x 220 m x 0,35 mm Rp395.000 per roll
Merek KUDA 50/100 m x 500 m x 0,35 mm Rp516.000 per roll
Merek Montana Rp590.000 per roll
Merek Tembakau 50/100 m x 500 m x 0,35 mm Rp645.000 per roll
Merek KUDA 60/120 m x 500 m x 0,35 mm Rp740.000 per roll

Harga plastik mulsa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan pertanian dan juga situs jual beli online. Harga plastik mulsa tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020, harga mulsa plastik di atas berkisar Rp40 ribu hingga Rp70 ribu per kg dan Rp500 ribu hingga Rp740 ribu per roll. Harga ini terbilang naik jika dibandingkan dengan tahun 2019, ketika dibanderol Rp32 ribu hingga Rp50 ribu per kg, dan Rp562 ribu hingga Rp495 ribu per roll.

Baca juga  Info Manfaat dan Update Harga Teh Chamomile Berbagai Merek

Sementara, jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga plastik mulsa tahun 2021 dan 2022 terbilang fluktuatif. Sebagai contoh, plastik mulsa eceran yang dibanderol Rp40 ribu hingga Rp70 ribu di tahun 2020, berubah menjadi Rp44 ribu hingga Rp61 ribu per kg di tahun 2021 dan 2022. Lalu, plastik mulsa merek KUDA 50/100 m x 500 m x 0,35 mm yang dijual dengan harga Rp600 ribu per rol 2020, turun menjadi Rp516 ribu per roll tahun 2021 dan 2022. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa berkunjung langsung ke toko peralatan pertanian terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.