Update Harga Bunga Anggrek Hitam Papua dan Kalimantan

Bunga anggrek memang memiliki keindahan yang sangat menawan. Tak heran jika banyak orang yang senang menanam tanaman ini di pekarangannya. Selain anggrek , ada jenis anggrek lain yang begitu disukai dan diburu oleh pecinta tanaman hias, yakni anggrek hitam. Anggrek hitam sendiri dikenal di wilayah dan Kalimantan. Karena jarang ditemukan, harganya di pasaran memang lumayan mahal.

Bunga anggrek hitam papua (kanan) & kalimantan (kiri)
Bunga anggrek hitam papua (kanan) & kalimantan (kiri)

Karakteristik Anggrek Hitam Papua & Kalimantan

Dalam bahasa Latin disebut Coelogyne Pandurata, spesies anggrek yang satu ini hanya dapat Anda temukan di Papua dan juga Kalimantan. Meski sama-sama berjenis anggrek hitam, anggrek hitam di Papua dan Kalimantan memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Di Kalimantan, bunga tersebut disebut anggrek hitam lantaran memiliki lidah berwarna hitam dengan garis-garis berwarna hijau muda serta berbulu.

Bacaan Lainnya

Anggrek hitam Kalimantan memiliki bentuk yang lebih kecil dengan bagian kelopaknya tirus berwarna hijau muda. Warna hitamnya hanya menghiasi bagian lidah dan sisi tengah bunga anggrek dengan aksen bintik hitam yang membuatnya terlihat begitu indah. Bentuk daunnya sekilas mirip seperti daun atau tunas kelapa yang masih muda. Rata-rata panjang daun anggrek hitam sekitar 40 cm. Namun, bila ditanam di lahan yang tepat, panjang daunnya bisa sampai 60 cm. Umumnya jumlah bunga dalam satu kuntum berjumlah 11-15 kuntum.

Sementara itu, anggrek hitam di Papua punya tampilan lebih indah lagi. Anggrek hitam Papua memiliki bunganya berwarna hitam kecokelatan atau keunguan, bentuknya lebar, serta lidahnya berwarna keunguan, yang akan membuat siapa saja langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat bunga satu ini. Hal itulah yang menyebabkan anggrek bulan Papua lebih diminati oleh para pencinta tanaman. Tidak seperti anggrek pada umumnya, anggrek hitam memiliki wangi yang lebih semerbak.

Jenis ini biasanya hanya mekar bunganya pada bulan Maret hingga Juni. Sayangnya, untuk mencari bunga anggrek hitam di pasaran memang cukup sulit, terutama anggrek hitam Papua. Biasanya yang banyak dijual di pasaran adalah anggrek hitam Kalimantan, dengan harga berada di kisaran ratusan ribu bahkan mencapai ratusan juta rupiah untuk yang sudah dewasa.

Anggrek Hitam Cymbidium Kiwi Midnight ‘Geyserland'.(sumber: www.cosv.com.au )
Anggrek Hitam Cymbidium Kiwi Midnight ‘Geyserland’.(sumber: www.cosv.com.au )

Harga Anggrek Hitam Papua

Seperti disinggung di atas, anggrek hitam Papua cukup sulit ditemui. Kalaupun ada yang menjual, harga tumbuhan satu ini bisa mencapai angka Rp100 jutaan. Jika ingin lebih terjangkau, Anda bisa membeli anggrek Papua jenis lain, misalnya dendrobium violaceoflavens sp atau anggrek besi Papua. Berwarna ungu kehitaman hampir mirip dengan anggrek hitam. Harganya saat ini berkisar Rp5,513 jutaan, naik dari tahun lalu yang dijual mulai Rp4 jutaan.

Harga Anggrek Hitam Kalimantan

Jika dibandingkan anggrek hitam Papua, anggrek hitam Kalimantan masih cukup mudah ditemukan. Di pasaran dalam negeri, harganya saat ini berkisar Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan, tidak jauh berbeda dari tahun lalu yang dilepas Rp350 ribuan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi toko tanaman hias terdekat di daerah Anda.

Bunga Anggrek Hitam yang Mulai Mekar - (www.goodnewsfromindonesia.id)
Bunga Anggrek Hitam yang Mulai Mekar – (www.goodnewsfromindonesia.id)

Perlu diketahui, keberadaan bunga anggrek hitam di Papua dan Kalimantan sendiri juga semakin langka. Tidak banyak orang yang dapat mengembangbiakkan tanaman ini dengan sukses. Pasalnya, tumbuhan ini memang lain daripada yang lain. Untuk dapat menghasilkan bibit, bunga anggrek hitam harus ditempatkan pada kondisi dan lingkungan yang sama seperti habitat aslinya. Bahkan walau sudah diatur sedemikian rupa, tingkat keberhasilan pembibitan bunga anggrek hitam hanya sekitar 20-30 persen.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *