Update Info Lengkap Peraturan & Biaya ZNT (Zona Nilai Tanah)

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mulai memakai zona nilai tanah (ZNT) menjadi acuan harga jual tanah setelah rencana penghapusan nilai jual objek pajak (NJOP) yang selama ini jarang dipakai sebagai acuan dalam jual-beli tanah. ZNT nantinya akan diperbarui setiap tahun berdasar keputusan pemerintah dengan mempertimbangkan aksesibilitas seperti ketersediaan air, akses jalan, dan sebagainya.

sistem, tanah, proses, jual, beli, ZNT, harga, jual, acuan, fungsi, jenis, kegunaan, biaya, prosedur, lokasi, persyaratan, data, subjek, objek, online, daftar, nomor, antrean, sertifikat, pemohon, identitas

Ilustrasi: lahan kosong dimanfaatkan untuk perkebunan

Secara teknis, dan kegunaan zona nilai tanah tersebut menyajikan nilai-nilai tanah berdasar zona-zona tertentu yang didapat dari hasil survei di . Kelak zona nilai tanah tersebut berguna dalam penentuan tarif pelayanan pertanahan berdasar PP No. 13/2010 tentang PNBP. Berikut rincian ZNT.

Biaya ZNT (Zona Nilai Tanah)

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2010 tentang dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pertanahan Nasional, berikut ini rincian biaya Zona Nilai Tanah (ZNT) tahun 2017.

Biaya/Tarif ZNT

Jenis LayananTarif
Pemetaan Zona Nilai Tanah dan Zona Nilai Ekonomi kawasan skala 1 : 10.000Rp 25.000 per hektare
Pemetaan Zona Nilai Tanah dan Zona Nilai Ekonomi kawasan skala 1 : 25.000Rp 5.000 per hektare
Pemetaan tematik bidang skala 1 : 2.500Rp 75.000 per bidang
Pemetaan tematik bidang skala 1 : 1.000Rp 75.000 per bidang
Pemetaan tematik kawasan skala 1 : 10.000Rp 40.000 per hektare
Pemetaan tematik kawasan skala 1 : 25.000Rp 20.000 per hektare

Pengurusan ZNT

Tanah Dijual - rumahdijual.com

Tanah Dijual - rumahdijual.com

Jika ingin mengurus Zona Nilai Tanah, ada 2 langkah yang dapat Anda lakukan. Bila lokasi tempat tinggal Anda belum melayani pengurusan ZNT berbasis online, maka Anda bisa langsung datang ke Pertanahan setempat dengan membawa berkas lengkap dan mendaftarkan diri ke bagian loket pendaftaran.

Namun bila tempat tinggal Anda sudah menyediakan pengurusan ZNT secara online seperti Kota Sukabumi, maka Anda bisa mendaftarkan diri melalui ZNT WEB dengan mengisi daftar isian yang tersedia di log pendaftaran ZNT WEB secara online untuk memperoleh nomor antrean.

Dengan mendaftar secara online di ZNT WEB, maka petugas di Kantor BPN sudah bisa terlebih dahulu melihat data-data permohonan dan memudahkan petugas untuk mengolah data sebelum Anda datang untuk melakukan pendaftaran. Melalui proses secara online ini Anda dapat menunggu hasilnya jadi sekitar 30 menit setelah pendaftaran di BPN.

ZNT

  • Data Subjek: Nama pemohon/kuasanya, nomor identitas (KTP/SIM/Paspor), pekerjaan, alamat.
  • Data Objek: Nomor sertifikat, nomor dan tanggal surat ukur, Nomor Induk Bidang (NIB), luas, letak dalam peta TM 3 (lembar & kotak contoh : 48.2-36.076-08-2 kotak : A-5).
  • Pendaftaran: Nama pemohon, nomor identitas (KTP/SIM/Paspor), tanggal lahir, pekerjaan, alamat.

Dengan adanya sistem zona, BPN berharap dapat mengurangi spekulasi terhadap harga tanah dan juga melindungi hak warga negara, terutama berkaitan dengan masalah pertanahan.

[Update: Nurina Thirafi]

Baca juga  Info Terbaru Harga Cat Tembok per Galon di Pasaran (All Merek)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Lengkap Peraturan & Biaya ZNT (Zona Nilai Tanah)"