Update Biaya Tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) di Surabaya

Jika Anda merasakan ada kelainan organ di dalam tubuh, untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan Magnetic Resonance Imaging atau biasa disingkat dengan MRI. Sudah banyak rumah di beberapa kota besar di Indonesia seperti yang memiliki ini, dengan kisaran yang memang cukup menguras kantong.

Ilustrasi: pasien menjalani tes MRI

Ilustrasi: menjalani tes MRI

MRI atau pencitraan resonansi magnetik sendiri adalah pemeriksaan yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan struktur dan organ dalam tubuh. Ini adalah diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi adanya kelainan organ di dalam tubuh yang tidak dapat dilakukan pada tes lain, seperti rontgen, USG, maupun CT scan.

Secara umum, tes MRI ini biasanya digunakan untuk memeriksa kelainan pada bagian kepala, leher, tulang belakang, dan jaringan lunak karena memiliki ketajaman dan resolusi gambar yang tinggi. Di samping itu, tes MRI juga bisa dilakukan untuk mengidentifikasi tumor kepala dan stroke, deteksi penyumbatan pembuluh darah, identifikasi patah tulang dan kerusakan sendi, deteksi tumor paru-paru atau ginjal atau hati, hingga mendeteksi kanker payudara.

Pada tes MRI, bagian tubuh yang akan dipindai akan ditempatkan pada sebuah mesin dengan bentuk menyerupai donat besar yang memiliki magnet yang kuat. Pasien berbaring di atas meja yang akan didorong masuk ke dalam lubang mesin tersebut. Medan magnet kemudian akan menyusun partikel atom di dalam sel pasien. Ketika gelombang radio dipancarkan dan mengenai susunan partikel ini, terbentuk sinyal yang bervariasi tergantung jaringan. Kumpulan sinyal ini lalu diterjemahkan oleh komputer dan tercipta gambar tiga dimensi maupun dua dimensi tubuh pasien.

Ketika melakukan tes ini, pasien tidak akan merasakan rasa sakit, bahkan tidak merasakan adanya medan magnet maupun gelombang radio. Yang pasien rasakan pada saat pemeriksaan adalah suara dentuman alat yang berulang, dan untuk beberapa pasien, mungkin dirasakan sangat mengganggu. Untuk mengurangi efek suara tersebut, pasien biasanya akan diberi sebuah headphone (dengan musik), atau ear-plaque (penutup lubang telinga) jika diperlukan.

Para ahli akan mengawasi proses pemeriksaan ini dari balik jendela. Jika pasien merasa tidak nyaman, cukup menekan tombol komunikasi yang telah diberikan. Pasien pun tetap dapat melakukan komunikasi dengan dokter melalui mikrofon. Sementara, untuk pasien anak-anak dan balita, anggota keluarga diizinkan untuk menemani.

Karena merupakan metode pemeriksaan yang lebih canggih, biaya tes MRI memang bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan tes-tes lainnya. Berikut kisaran biaya tes MRI di beberapa rumah sakit yang berlokasi di Kota Surabaya.

Biaya MRI

Magnetic Resonance Imaging - www.dpz.eu

Magnetic Resonance Imaging - www.dpz.eu

 

Baca juga  Update Manfaat dan Harga Minyak Tawon Asli di Pasaran
Rumah SakitBiaya Tes MRI
Siloam HospitalMRI + MRA Otak : Rp2.500.000
MRI Leher : Rp2.000.000
MRI Bahu : Rp2.000.000
MRI Punggung : Rp2.000.000
MRI Lutut: Rp2.000.000
MRI Seluruh Tulang Belakang : Rp4.000.000
RS Premier SurabayaWhole Spine MRI : Rp8.500.000
Whole Spine Kontras MRI : Rp9.700.000
Shoulder MRI : Rp5.000.000
Thorax MRI : Rp6.000.000
RS International SurabayaHead MRI : Rp4.500.000
RS Manyar CentreMulai Rp2.700.000

Daftar biaya tes MRI di atas kami rangkum dari situs resmi rumah sakit dan juga beberapa sumber yang lain. Biaya MRI di beberapa rumah sakit di Surabaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung berkunjung ke rumah sakit yang bersangkutan.

[Update: Panca]

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Biaya Tes MRI (Magnetic Resonance Imaging) di Surabaya"