Harga Puter Pelung (Anakan, Betina, Jantan, Gacor, Putih)

Selain perkutut, lainnya yang sering dipelihara manusia sebagai klangenan di rumah adalah puter pelung. Dengan sifat yang cukup jinak, mudah beradaptasi, dan tidak repot dalam hal , peminat burung puter pelung pun cukup banyak. Di sendiri, burung ini rata-rata ratusan ribu rupiah per ekor, walau ada yang menawarkan dengan jutaan rupiah per ekor.

Burung puter pelung (sumber: sapiqu.blogspot.com)

Burung puter pelung (sumber: sapiqu.blogspot.com)

Seperti yang Anda ketahui, burung adalah satwa yang memiliki mobilitas tinggi dan telah menyebar ke berbagai wilayah serta jumlahnya konon sudah mencapai lebih dari 9 ribu .[1] Pada tahun 2014 lalu, jumlah jenis burung yang tercatat di Indonesia berkisar 1.666 jenis, yang mampu hidup di hutan yang lebat hingga ke perkotaan yang padat penduduk.[2]

Selain karena atau kicauan yang dikeluarkan, burung dipelihara oleh banyak orang karena dipercaya dapat mendatangkan hal baik bagi pemelihara. Nah, salah satu jenis yang sudah familiar dijadikan klangenan adalah perkutut. Burung ini dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Jenis yang membawa tuah adalah yang membuat sang tuan tenang dan senang.

Baca juga  Update Harga Ular Baby Ball Python

Perkutut songgo ratu misalnya, dipercaya sebagai titisan seorang putra raja Bali di zaman Majapahit yang dikejar-kejar musuhnya dan melarikan diri ke Desa Tutul di Blambangan, Banyuwangi dan mati terbunuh. Kemudian, ia berubah menjadi perkutut dan diberi nama perkutut songgo ratu, dengan ciri-ciri ada jambul di kepala mirip mahkota berwarna putih.[3]

Ciri Burung Puter Pelung

Nah, selain perkutut, burung lain yang kerap dipelihara sebagai klangenan adalah puter pelung. Dilansir dari berbagai sumber, ini adalah jenis yang memiliki nama ilmiah Streptopelia Risoria, dikatakan masih satu kerabat dengan burung perkutut dan derkuku. Namun, dibandingkan dengan perkutut, popularitas puter pelung memang bisa dikatakan masih kalah jauh.

Secara umum, burung ini memiliki warna klasik cokelat, dengan ciri khas ‘kalung’ berwarna hitam di bagian lehernya. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, namun juga tidak bisa dikatakan kecil, kira-kira sedikit lebih besar daripada burung perkutut, sekitar 24 cm hingga 29 cm. Burung ini disukai karena relatif mudah dirawat dan sangat jinak, bahkan penurut pada empunya.

Baca juga  Info Terkini Harga Murai Bordan (Gacor, Jantan, Betina)

Untuk suara yang dihasilkan, menurut sejumlah penggemar kicau, burung puter pelung mampu mengeluarkan suara yang lebih mengalun panjang, melung, dan berirama, sehingga terdengar lebih santai. Namun, ada pula yang mengeluarkan suara mengalun seperti anak yang sedang menangis, dan inilah jenis puter pelung yang sedang digemari banyak orang.

Burung puter pelung betina (sumber: olx.co.id)

Burung puter pelung (sumber: olx.co.id)

Dulunya, puter jenis lokal sering digunakan untuk foster atau baby sitter (pengasuh) anakan derkuku dan perkutut. Namun, secara kualitas, jenis puter pelung memiliki kelas tersendiri. Sosok burung ini lebih gagah dan suaranya lebih mengalun. Tidak mengherankan jika kemudian harga varian ini bisa mencapai angka jutaan rupiah per ekor, terlebih apabila sudah pernah menjuarai lomba kontes kicau burung.

Jika Anda tertarik dengan burung puter pelung, tidak sulit menemukan varian ini. Anda bisa mendapatkan burung tersebut di sejumlah pasar burung, pasar , atau bahkan via beberapa situs jual beli online dalam negeri. Berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga burung puter pelung di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Ukulele Yamaha (Senar 6 dan Senar 4)

Harga Puter Pelung

Ukuran/Usia Puter PelungHarga
Puter Pelung Anakan 1 BulanMulai Rp100.000 per ekor
Puter Pelung SilanganMulai Rp125.000 per ekor
Puter Pelung Muda SepasangMulai Rp130.000
Puter Pelung Betina IndukanMulai Rp150.000 per ekor
Puter Pelung Jantan GacorMulai Rp300.000 per ekor
Puter Pelung PutihMulai Rp700.000 sepasang
Puter Pelung Trah JuaraMulai Rp1.000.000 per ekor

Harga burung puter pelung di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk toko atau pasar burung dan juga beberapa situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga burung puter pelung tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga satwa ini di setiap tempat juga kemungkinan berbeda, tergantung kebijakan masing-masing penjual. Anda bisa datang langsung ke pasar burung terdekat di sekitar rumah Anda.

[1] Perrins, C.M. dan TR Birkhead. 1983. Tertiary Level Biology: Avian Ecology. New York: Chapman & Hall.

[2] Saefullah, Asep, dkk. 2015. Keanekaragaman Jenis Burung pada Berbagai Habitat Beserta Gangguannya di Hutan Penelitian Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Media Konservasi, Vol. 20(2): 117-124.

[3] Ibid.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Puter Pelung (Anakan, Betina, Jantan, Gacor, Putih)"