Update Harga Pasang Iklan di Situs OLX

No comment3270 views

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan OLX. Ini adalah platform e-commerce yang di Indonesia, yang memungkinkan masyarakat untuk memasang penjualan barang atau penawaran . Namun, jika dulu pasang iklan di OLX tidak dikenakan biaya atau gratis, namun kebijakan baru menyebutkan ada harga yang dikenakan bagi pelanggan yang ingin memasang penawaran barang atau di platform tersebut.

Tentang OLX

Pasang Iklan di OLX - techpoint.ng

Pasang Iklan di OLX - techpoint.ng

OLX merupakan salah satu situs web yang memiliki reputasi global. Setidaknya, grup ini sudah hadir di lebih dari 106 negara dan tersedia dalam lebih dari 40 bahasa yang berbeda. Di Indonesia sendiri, sepak terjang OLX cukup menyita perhatian dan diklaim mampu menarik kunjungan hingga 1 juta orang setiap harinya.

Sejak didirikan pertama kali, OLX memiliki markas di Buenos Aires, Argentina. Namun, setelah melakukan ekspansi, OLX memindahkan pusat operasi mereka di New York, AS. Pada tahun 2010, Naspers masuk sebagai investor strategis OLX, yang kala itu dikabarkan menyuntikkan dana sebesar 20 juta dolar AS sampai 40 juta dolar AS.

Di saat yang bersamaan, Naspers, grup media besar di Afrika Selatan, melakukan ekspansi ke Indonesia dan berinvestasi di Tokobagus.com, sebuah situs e-commerce yang berdiri sejak tahun 2005. Kemudian, pada bulan Maret 2014 lalu, OLX mengambil alih Tokobagus.com secara keseluruhan dan mengubah namanya menjadi OLX.co.id.

Tidak lama berselang, OLX melalui induk usahanya Naspers melakukan kejutan dengan mengumumkan kesepakatan kerjasama patungan (joint venture) dengan Schibsted Media Group (Norwegia), Telenor Group (Norwegia), dan Singapore Press Holdings (SPH) (Singapura) untuk pengembangan platform online classified di empat negara yaitu Indonesia, Thailand, Bangladesh, dan Brasil.

Dari kesepakatan joint venture tersebut, Naspers atau OLX akan menjadi pemilik mayoritas. Dengan demikian, mereka tetap menggunakan nama atau merek OLX serta platform OLX. Sementara, situs, , dan pengguna Berniaga.com (milik Schibsted, Telenor, dan SPH) dipindahkan ke platform OLX setelah semua proses persetujuan selesai dilakukan.

Memasang Iklan di OLX

Sebagai salah satu situs online, OLX memungkinkan masyarakat untuk memasang iklan mengenai barang atau jasa yang akan mereka jual atau tawarkan kepada konsumen umum. OLX sendiri memberikan beberapa tips atau trik untuk memasang iklan di situs tersebut.

Setelah masuk aplikasi OLX dan menekan tombol ‘Jual’, Anda akan diminta meng-upload beberapa gambar. Untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik, Anda diminta memerhatikan pencahayaan, angle, dan latar belakang yang jelas dan polos. Ini bertujuan agar calon pembeli lebih tertarik melihat barang yang dijual.

Kemudian, Anda akan dihadapkan dengan kolom judul. Perhatikan kata-kata bermakna ganda ketika menulis judul. Kata-kata seperti mulus, siap pakai, dan sejenisnya sebaiknya tidak ditambahkan di keterangan deskripsi. Cukup tuliskan produk dan merek beserta tipe produk tersebut.

Aplikasi smartphone OLX (sumber: cnbcindonesia.com)

Aplikasi smartphone OLX (sumber: cnbcindonesia.com)

Ada sepuluh kategori iklan di OLX, dan banyak lagi sub-sub kategori di dalamnya. Setelah mengisi judul iklan, biasanya kategori secara otomatis akan menyesuaikan kategori iklan sesuai judul yang ditulis. Karena itu, penjual disarankan menulis judul iklan dengan jelas sehingga kategori bisa langsung menyesuaikan. Setelah memilih kategori, isi pula keterangan barang bekas atau tidak dan apakah harga negosiasi atau tidak pada pilihan yang sudah tersedia.

Seperti halnya menulis judul, tulis deskripsi barang yang dijual dengan jelas, lengkap, dan jujur. Posisikan diri Anda sebagai pencari barang yang ingin tahu selengkapnya tentang barang yang dijual. Tulis pula dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain itu, isilah domisili Anda atau di mana Anda dapat melakukan COD. Lengkapi juga dengan data pribadi seperti alamat email, PIN BB (jika ada), dan nomor telepon atau ponsel. Dengan informasi lengkap dan jelas, maka calon pembeli tidak akan berpikir panjang untuk menghubungi dan membeli barang yang diiklankan.

Harga Pasang Iklan di OLX

Setelah sekitar 10 tahun menggratiskan biaya pemasangan iklan (termasuk ketika masih bernama Tokobagus.com), sejak November 2015 kemarin, OLX mulai menerapkan iklan dengan tarif atau harga tertentu. Saat itu, iklan properti yang bakal dipungut tarif atau biaya pasang, sedangkan iklan lain, misalnya gadget dan otomotif, masih bisa ditampilkan secara gratis.

OLX akan mengenakan biaya pemasangan untuk iklan properti dijual yang kesebelas dan seterusnya. Biayanya adalah Rp100.000 per iklan. Dalam masa promosi, pengguna bisa mendapatkan potongan harga hingga 50 persen sehingga cuma perlu membayar Rp50.000. Tujuan penarikan tarif ini adalah agar pemilik iklan di kategori properti memastikan iklan-iklan mereka berkualitas sehingga cepat laku.

Selain itu, pihak OLX juga menghadirkan fitur ‘Sundul’ untuk pengiklan yang ingin iklan barang mereka berada di baris teratas. Fitur ‘Sundul’ ini bisa dilakukan kapan saja oleh pengguna. Untuk setiap ‘Sundul’, pengguna hanya perlu membayar biaya mulai Rp5.000. Untuk mendapatkan fitur ‘Sundul’ ini, pengguna bisa membelinya melalui KlikBCA dan Mandiri Clickpay.

Pihak OLX sendiri menyediakan sejumlah kuota iklan yang bisa dipilih pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut informasi terbaru harga kuota pasang iklan di OLX.

Daftar harga tersebut kami rangkum dari situs resmi milik OLX, dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Ongkos Kirim (Ongkir) JNE Dari Bandung ke Seluruh Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Pasang Iklan di Situs OLX"