Update Harga Obat Tetes Mata Cendo Xitrol

Apabila Anda pergi ke apotek, kemungkinan akan menemukan obat Cendo Xitrol yang dijual dengan harga relatif terjangkau. Obat tersebut merupakan obat tetes mata. Obat tersebut mengandung dexamethasone, neomycin sulphate, polymin b sulphate yang merupakan obat untuk membantu pengobatan peradangan pada mata yang disertai dengan infeksi bakteri sehingga meninggalkan kotoran pada mata.

harga, cendo, xitrol, iritasi, obat, produk, tetes, mata, cara, softlens, lensa, kontak, review, konsumen, botol, kecil, ukuran, 5, ml, di, apotek, dosis, anjuran, dokter, apoteker, reaksi, cairan, khusus
Ilustrasi: memakai obat tetes mata (sumber: lucid.me)

Dosis Cendo Xitrol

Dosis Cendo Xitrol yang dianjurkan adalah 1-2 tetes setiap jam pada siang hari dan tiap 2 jam pada malam hari. Jika respons mata baik, maka bisa dikurangi menjadi 1 tetes setiap 4 jam. Indikasi yang ada pada obat itu adalah inflamasi mata yang responsif terhadap steroid yang disertai infeksi bakteri, inflamasi okular pada palpebra dan bulbar konjungtiva, dan kornea. Namun, dosis pemakaian obat juga bisa menyesuaikan dengan anjuran dokter.

Bacaan Lainnya

Cara pemakaian obat tetes mata itu adalah meneteskan pada mata yang sakit. dari pemakaian Cendo Xitrol sebenarnya tidak ada jika digunakan sesuai anjuran. Tetapi, apabila terjadi gejala reaksi, segera hubungi atau apoteker terdekat.

Review Pemakaian Cendo Xitrol

Obat tetes mata tersebut sudah pernah digunakan oleh beberapa orang hingga tidak heran jika Anda bisa melihat beberapa review. Ada orang yang mengenal obat Cendo Xitrol itu ketika mengalami iritasi mata. Menurut konsumen, pada saat itu kondisi softlens kering, dan mungkin juga kotor, sehingga menimbulkan iritasi yang cukup mengganggu.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, & Harga Canesten Salep

Setelah memakai Cendo Xitrol, konsumen merasakan merah pada mata sangat berkurang, bahkan dalam waktu cepat. Misalnya, mata yang iritasi ditetesi pada malam hari, keesokan paginya, kemerahan pada mata sudah berkurang. Ada beberapa orang yang merasakan seperti menelan sesuatu yang pahit ketika meneteskan obat ini pada mata. Tetapi, hal itu tidak mengurangi kecintaan mereka pada Cendo Xitrol.

Salah satu masalah yang bisa diatasi oleh obat tetes itu adalah iritasi akibat softlens. Penggunaan softlens, meskipun akan memberikan hasil yang lebih baik secara kosmetik namun akan memberikan risiko yang lebih tinggi terhadap timbulnya infeksi atau iritasi yang berbahaya pada mata.

Softlens membutuhkan perhatian mulai dari penggunaan, lama pemakaian, penyimpanan dalam kotaknya, dan perawatan kebersihan. Dikarenakan penggunaan softlens yang kurang tepat dapat berakibat terjadinya infeksi pada kornea mata. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan batas pemakaian softlens Anda (apakah 1 bulan atau 3 bulan, dll) dan pastikan agar tidak dipakai melebihi waktu yang ditentukan.

Penyimpanan dan perawatan kebersihannya juga harus diperhatikan dengan saksama agar tetap bersih dan tidak menjadi sumber infeksi. Pemakaian softlens juga dapat mengondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip lebih sering guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata.

Untuk mengatasinya, Anda dapat meneteskan cairan pelembap khusus untuk softlens langsung ke mata secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata tersebut terjadi. Sebaiknya hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55 persen).

Baca juga  Update Harga Neurobion 5000 Injeksi (Ecer & Kotak Ampoule)

Penggunaan softlens juga dapat menyebabkan infeksi pada mata, misalnya konjungtivitis (infeksi pada selaput tipis yang menyelubungi mata luar), keratitis (infeksi pada kornea mata), dan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada seluruh bola mata. Hal ini dapat terjadi bila higienis pada saat penggunaan softlens atau cairan softlens tidak baik. Warna dan jenis bahan softlens dapat saja menyebabkan alergi. Selain itu, cairan softlens juga dapat menjadi sumber pemicu terjadinya alergi pada daerah mata. Namun, hal ini bersifat berbeda-beda pada setiap individu.

Ilustrasi: mata gatal akibat iritasi (sumber: orami)
Ilustrasi: mata gatal akibat iritasi (sumber: orami)

Selain karena softlens atau lensa kontak, mata juga bisa mengalami iritasi disebabkan beberapa hal berikut.

Penyebab Iritasi Mata

Pukulan atau Benturan Langsung Pada Mata  

Pukulan atau benturan yang langsung mengenai mata dapat merusak kulit dan jaringan pada sekitar mata, bola mata bahkan tulang-tulang rongga mata. Beberapa olahraga dapat menimbulkan pukulan atau benturan langsung, seperti tinju, gulat, sepak bola, tenis, anggar, dan squash.

Luka Bakar pada Mata

Terjadinya luka bakar pada mata biasanya disebabkan oleh uap bahan kimia, uap panas, sinar matahari, semburan api hingga ledakan kompor. Maka itu, untuk menghindari iritasi mata, sebaiknya Anda memakai kacamata saat memasak agar uap panas tidak langsung mengenai mata.

Benda Asing yang Masuk ke Mata

Debu, bedak dan lainnya dapat membawa risiko yaitu menimbulkan iritasi pada mata. Benda-benda asing tersebut juga dapat membuat kornea mata ikut tergores. Perlu Anda tahu, bahwa ketika kornea mata tergores dan saat benda asing sudah tak lagi terjebak di dalam mata, maka akan mengalami kesulitan untuk mengidentifikasinya.

Baca juga  Info Terkini Harga Sepatu Safety King Original

Selain itu, bekas goresan pada kornea mata juga dapat menimbulkan efek seakan objek tersebut masih tertinggal sehingga akan membuat Anda cenderung untuk mengucek mata. Ketika mata terasa gatal, secara otomatis tangan akan langsung mengucek mata untuk menghilangkan rasa gatal. Kebiasaan ini yang sering dilakukan. Alih-alih gatalnya hilang, mata akan memerah. Selain itu, kebiasaan mengucek mata justru dapat memperparah terjadinya kerusakan pada mata.

Serpihan yang Beterbangan

Serbuk kayu hasil gergaji atau potongan rumput yang dihasilkan dari mesin pemotong rumput dapat berisiko menusuk mata. Serpihan benda-benda yang terbang dengan cepat tersebut bisa mengakibatkan perdarahan antara iris dan kornea mata, sehingga berujung kerusakan struktur bola mata.

Obat tetes Cendo Xitrol Minidose (sumber: tokopedia)
Obat tetes Cendo Xitrol Minidose (sumber: tokopedia)

Harga Cendo Xitrol

Varian Cendo Xitrol Harga (Rp)
Cendo Xitrol Minidose 0,6 ml 33.720
Cendo Xitrol 5 ml 34.395
Cendo Xitrol 3,5 gr 47.168

Cendo Xitrol dapat juga digunakan untuk mengobati herpes zoster pada mata serta pencegahan infeksi setelah operasi mata. Sebagai perbandingan, obat keluaran PT Cendo Pharmaceutical Industries itu tiga tahun lalu dibanderol dengan harga sekitar Rp36 ribuan untuk ukuran botol kecil 5 ml turun menjadi Rp34.395 di tahun 2022. 

Lalu, Cendo Xitrol 0,6 ml minidose dibanderol Rp33 ribuan tahun 2019, stabil di tahun 2022. Sementara Cendo Xitrol Mata 3,5 gram dilepas dengan harga Rp47 ribuan di tahun 2019 dan stabil hingga tahun 2022. Harga yang berlaku di apotik atau toko obat lainnya kemungkinan bisa berbeda-beda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.