Update Biaya Vaksin HPV Untuk Cegah Kanker Serviks 2019

serviks menjadi salah satu kanker yang paling menakutkan. Kanker ini sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual, yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Untuk mencegah dan menekan risiko terjadinya kanker serviks, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah melalui vaksin HPV.

Ilustrasi: vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks (sumber: tenessean.com)

Ilustrasi: vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks (sumber: tenessean.com)

Umumnya, berpendapat bahwa vaksin HPV ini diberikan ketika seseorang menginjak usia dewasa. Padahal, pemberian vaksin HPV sebenarnya tidak perlu menunggu usia dewasa atau setelah menikah. Justru, vaksin HPV ini seharusnya dilakukan sejak dini. Beberapa menyarankan vaksin HPV ini diberikan ketika anak menginjak usia 10 tahun, karena pada usia itu kekebalan tubuh sedang dalam kondisi sebaik-baiknya.

Pada usia anak-anak, vaksin HPV diberikan dalam dua . kedua bisa diberikan setelah satu tahun kemudian. Dengan mendapatkan vaksin ini, anak pun terbebas ancaman kanker serviks dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus HPV.

Selain usia anak-anak, usia dewasa pun juga bisa tetap menjalani vaksinasi HPV. Beberapa studi mengatakan, vaksin HPV masih bisa diberikan hingga usia 55 tahun. Berbeda dengan usia anak-anak, pada saat usia dewasa, vaksin HPV diberikan sebanyak tiga kali, dengan dosis kedua diberikan pada bulan kedua dan dosis ketiga pada bulan keenam.

Selain untuk wanita, kaum pun juga bisa memperoleh dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV dapat menyebabkan kutil pada kelamin, kanker anus, serta kanker tenggorokan. Golongan pria yang direkomendasikan untuk memperoleh vaksin HPV adalah pria yang memiliki gangguan imunitas, berusia 26 tahun atau lebih muda, dan pria yang berhubungan intim dengan rekan sesama jenis.

Beberapa jenis vaksin HPV yang bisa dimanfaatkan, di antaranya:

  • Cervarix, umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra-vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum penyebab kanker. Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.
  • Gardasil, digunakan untuk mencegah kanker dan pra-kanker serviks, vulva, vagina, dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.
  • Gardasil 9, cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas lagi dari Gardasil sebelumnya, yakni termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Vaksin HPV

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan vaksin HPV ini? Biaya vaksin HPV di Indonesia saat ini masih cenderung mahal, mulai dari Rp900 ribuan hingga Rp1,3 jutaan. Untuk sekali vaksin HPV di RSIA Bunda Jakarta misalnya, biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp900 ribuan untuk jenis vaksin cervarix. Sementara untuk vaksin gardasil, dibanderol dengan lebih mahal, yakni Rp1.250.000

[Update: Galih]

Baca juga  Info Varian & Daftar Harga OBH Combi untuk Anak dan Dewasa
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    Ny dedi2 tahun ago

    D padang ada nggak ya

    Reply

Leave a reply "Update Biaya Vaksin HPV Untuk Cegah Kanker Serviks 2019"