Update Harga Genset 10000 Watt (1 Phase, 3 Phase, Silent)

Listrik yang tiba-tiba padam memang sering membuat kita jengkel. Nah, untuk mengatasi atau memfasilitasi kebutuhan listrik ketika sambungan dari PLN padam, banyak perusahaan yang kemudian merilis alat bernama genset. Di pasaran sendiri, genset ini sudah hadir dalam beragam varian, salah satunya berkapasitas 10000 Watt yang dijual dengan harga rata-rata cukup menguras kantong.

Genset 10000 Watt (sumber: aurorageneratorscom)
Genset 10000 Watt (sumber: aurorageneratorscom)

Genset, akronim dari generator set, bisa dikatakan sebagai suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Mesin pembangkit kerja pada genset ini biasanya berupa yang melakukan pembakaran internal atau mesin diesel yang bekerja dengan bahan bakar bensin atau solar. Prinsip kerja mesin ini adalah mengubah energi kinetik (gerak) menjadi energi listrik.

Bacaan Lainnya

Michael Faraday diklaim sebagai orang pertama yang menemukan generator listrik pada tahun 1831 silam. Generator listrik pertama saat itu dibuat dalam bentuk kawat besi berbentuk “U” yang dililitkan dengan gulungan kawat. Generator tersebut dikenal dengan nama Generator Cakram Faraday. Dengan menggunakan induksi elektromagnetik, generator listrik itu bekerja dengan memutar kumparan dalam medan magnet sehingga muncul energi induksi.

Setidaknya, terdapat dua komponen utama pada generator listrik, yaitu stator (bagian yang diam) dan rotor (bagian yang bergerak). Rotor akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator. Kemudian, poros generator listrik tersebut biasanya diputar dengan menggunakan usaha yang berasal dari luar, seperti yang berasal dari turbin air maupun turbin uap.

Baca juga  Update Harga Lampu Philips 18 Watt TL dan LED

Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, generator listrik dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu generator listrik alternator (AC) dan generator listrik dinamo (DC). Berikut ulasannya.

Jenis Genset

  • Pada genset AC, kutub-kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan sehingga di antara kedua kutub magnet tersebut dihasilkan medan magnet. Di dalam medan magnet tersebut, terdapat kumparan yang mudah berputar pada porosnya. Karena kumparan selalu berputar, maka jumlah gaya magnet yang masuk ke dalam kumparan juga selalu berubah-ubah. Sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini berjenis bolak-balik dengan bentuk seperti gelombang. Amplitudo-nya bergantung pada kuat medan magnet, jumlah lilitan kawat, dan luas penampang kumparan, serta frekuensi gelombangnya sama dengan frekuensi putaran kumparan.
  • Cara kerja genset DC sebenarnya mirip dengan genset AC. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini, menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator di bagian output-nya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listrik DC, meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC.
Genset 10000 Watt (sumber: Bukalapak)
Genset 10000 Watt (sumber: Bukalapak)

Jenis Mesin Genset Indonesia

  • Mesin genset diesel, merupakan salah satu tipe genset yang paling banyak dilakukan. Selain karena cukup mudah ditemukan di pasaran, kapasitas mesin genset ini juga cukup memenuhi kebutuhan, yaitu mulai 500 Watt hingga 2.000.000 Watt. Sementara, untuk urusan harga, mesin genset yang satu ini masih tergolong model yang terjangkau.
  • Mesin genset gas, ini adalah mesin genset yang praktis dan mudah digunakan. Seperti namanya, tipe ini menggunakan gas sebagai bahan bakar. Gas yang biasa untuk menyalakan mesin adalah CNG (Compressed Gas) dan LPG (Liquid Petroleum Gas). Namun, mesin genset ini tidak bisa dikategorikan sebagai perangkat yang murah.
  • Mesin genset turbin, merupakan tipe yang memiliki kapasitas atau daya besar, bisa lebih dari 2.000.000 Watt. Karena punya kapasitas besar, mesin genset turbin ini sudah bisa mencukupi kebutuhan daya listrik pada sebuah kota kecil. Dan, karena tidak masuk dalam daftar genset murah, biasanya orang-orang yang ingin membelinya bekerja sama alias membelinya secara berkelompok.
  • Mesin genset portabel, adalah mesin genset yang bisa dibawa ke mana-mana karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun punya kapasitas daya listrik yang cukup memadai. Biasanya, mesin genset jenis ini banyak dicari oleh mereka yang suka berkemah atau penyelenggara acara luar ruangan yang membutuhkan listrik.
  • Mesin genset bensin, seperti namanya, tipe yang satu ini menggunakan bahan bakar bensin. Biasanya, kapasitas mesin genset berbahan bakar bensin tidak terlalu besar, sekitar 10.000 Watt. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan instalasi yang juga tidak terlalu sulit, membuat genset ini banyak sekali dicari, terlebih bensin merupakan bahan bakar yang gampang ditemukan di pasaran.
Baca juga  Update Harga Mesin Cup Sealer Manual (Berbagai Merk)

Tidak sulit mencari genset, karena sudah banyak yang merilis perangkat ini ke pasaran. Anda pun bisa mencari genset dalam beragam kapasitas, mulai yang kecil 500 Watt hingga berkapasitas jumbo. Tentunya, harga genset dengan kapasitas rendah rata-rata lebih terjangkau dibandingkan dengan genset dengan kapasitas besar. Nah, bagi Anda yang membutuhkan genset besar berkapasitas hingga 10000 Watt, berikut kami sampaikan kisaran harganya di pasaran.

Genset 10000watt (sumber: wotools.com)
Genset 10000watt (sumber: wotools.com)

Harga Genset 10000 Watt

Merek dan Tipe Genset Harga 
Matari Single Phase 10 kVA 1 Phase Rp17.000.000
Maestro MT 13000 LE 1 Phase Rp25.000.000
General MT 13000 1 Phase Rp27.000.000
Maestro MT 13000 S3 Rp33.750.000
Loncin LC 128000-1 3 Phase Rp34.114.000
Honda Oshima OG 13000 LX Rp41.025.000
Honda Oshima OG 13000 LX-3  Rp45.600.000
Hyundai HDG 10R Rp47.501.000
Honda Tenka TH 16000 SGT 3 Phase Rp49.000.000
Matsuko 10 kVA 1 Phase Rp50.000.000
Yamaha -12000E  Rp78.900.000

Harga produk genset dengan kapasitas 10000 Watt di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk peralatan berat dan situs jual beli online. Daftar harga genset 10000 Watt tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. 

Baca juga  Update Harga Air Purifier Sharp Berbagai Tipe

Jika dibandingkan dengan tiga tahun lalu, harga genset 1000 tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Matari Single Phase 10 kVA 1 Phase yang dibanderol Rp13 juta di tahun 2019, naik menjadi Rp17 juta di tahun 2022. Untuk informasi lebih lengkap, silakan langsung mengunjungi peralatan terdekat di domisili Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.