Update Harga Minyak Rem Sepeda Motor Berbagai Merk dan Kemasan

Layaknya komponen lainnya, minyak rem pada sepeda sebaiknya rutin diganti agar pengereman pada kuda besi ini tidak mengalami masalah. Nah, untuk mengganti minyak rem ini, Anda bisa melakukannya di berbagai bengkel otomotif. Namun, apabila Anda ingin menggantinya secara mandiri, Anda bisa membeli minyak rem dengan harga mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah, tergantung merk dan kapasitas minyak yang bersangkutan.

Minyak rem motor (sumber: harapanrakyat.com)
Minyak rem motor (sumber: harapanrakyat.com)

Minyak rem sepeda motor sama halnya dengan oli atau bagian motor yang lain, juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Masa pemakaian minyak rem memang tergolong lama, yakni satu hingga dua tahun sebelum wajib diganti. Namun, karena masa pemakaian yang lama inilah kebanyakan orang cenderung lupa dan malas memeriksanya.

Bacaan Lainnya

Cairan kimia yang menyusun minyak rem merupakan zat yang bisa berubah karena pengaruh lingkungan dan juga suhu udara. Pada suhu tertentu, cairan ini juga bisa menguap dan menghambat pompa rem yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, sebaiknya ganti minyak rem motor Anda jika warna dan kekentalannya sudah berubah.

Menurut Zainul Furqon, pemilik bengkel Banewmas Motor yang terletak di Depok, Jawa Barat, idealnya penggantian minyak pada rem sepeda motor ini dilakukan per 20 ribu kilometer (km). Pasalnya, menurutnya, bagaimanapun ada zat aditif di sana yang setelah jarak tersebut memang harus diganti atau dibersihkan. Jika tidak diganti, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan di bagian seal master yang berakibat sepeda motor tidak bisa direm.

Untuk mengganti minyak rem, Anda perlu menyiapkan beberapa alat pendukung, di antaranya obeng kembang yang memiliki ukuran sedang untuk membuka tutup master rem. Lalu, lap atau kain yang dicelupkan ke dalam air bersih yang nanti digunakan untuk membersihkan minyak apabila tumpah. Selain itu, persiapkan juga selang kecil transparan untuk memeriksa udara ‘palsu’ dari selang rem, dan yang terakhir, tentu saja minyak rem itu sendiri.

Setelah semua peralatan dipersiapkan, langkah-langkah untuk mengganti minyak rem adalah buka tutup master rem terlebih dahulu. Lalu, masukkan minyak rem ke dalam tabung secara perlahan. Sebelumnya, lindungi dulu bagian sekitar tabung dengan kain atau lap bersih. Jika sudah selesai, pasang selang pada nipel kaliper rem. Pompa handle rem berulang kali sampai terasa keras yang bertujuan membuang udara yang terjebak di tabung.

Tahan handle rem sekaligus kendorkan nipel kaliper secara perlahan sampai minyak rem dan udaranya keluar. Begitu selesai, kencangkan kembali baut nipelnya. Setelah itu, tekan lagi selang beberapa kali untuk mengeluarkan udara yang tersisa dan atur jarak main rem, lalu tutup kembali master rem. Jangan lupa, segera bersihkan cairan minyak rem yang menetes pada bodi motor.

Untuk mendapatkan minyak rem sepeda motor sendiri tidaklah susah. Anda bisa membeli produk ini di berbagai bengkel resmi atau bengkel umum. Selain itu, sudah banyak pedagang yang menawarkan minyak rem sepeda motor di beberapa situs jual beli online. Nah, berikut kami sampaikan informasi terbaru mengenai harga minyak rem sepeda motor.

Mengisi ulang minyak rem (sumber: motorcycle.com)
Mengisi ulang minyak rem (sumber: motorcycle.com)

Harga Minyak Rem Motor

Merk Minyak RemHarga
Prestasi Minyak Rem A Class 50 mlRp5.680
Redex Break Fluid 50 mlRp6.000
STP Brake Fluid DOT-3 50 mlRp7.280
Jumbo Minyak Rem DOT-3 50 mlRp8.999
Prestone DOT-4 Brake Fluid 50 mlRp10.500
Minyak Rem Honda AHM DOT-4 50 mlRp12.000
Lucky DOT-3 Minyak Rem 300 mlRp13.000
Yamalube Minyak Rem DOT-3 50 mlRp17.500
Jumbo Minyak Rem DOT-3 300 mlRp35.000
Prestone DOT-3 Brake Fluid 300 mlRp40.000
Suzuki Minyak Rem DOT-3 300 mlRp42.900
Prestone DOT-4 Brake Fluid 300 mlRp44.999
Prestone DOT-3 Brake Fluid 1 LRp90.000
Motul Racing Brake Fluid RBF 660 FactoryRp280.000

Daftar harga minyak rem sepeda motor di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga minyak rem sepeda motor di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Prestone DOT-4 Brake Fluid 50 ml yang semula dijual dengan harga mulai Rp9.500, menjadi Rp10.500. Sama halnya dengan harga minyak rem Honda AHM DOT-4 50 ml yang naik dari Rp9.900 menjadi Rp12 ribu.

(Update: Ditta)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *