Harga Meja Billiard Mini Terbaru

No comment168 views

Jika ingin bermain billiard, salah satu peralatan yang wajib ada adalah meja. Pasalnya, ini adalah media yang berfungsi sebagai tempat menggulirkan dan memasukkan bola. Sayangnya, harga meja billiard saat ini memang cenderung , bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu. Pasalnya, sekarang sudah ada banyak toko olahraga yang menawarkan meja billiard mini dengan harga lebih terjangkau, yang cocok juga untuk dijadikan hadiah ulang tahun Anda.

Manfaat Bermain Billiard

Bermain billiard (unsplash: Dimitri Bong)

Bermain billiard (unsplash: Dimitri Bong)

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan penat, salah satunya berolahraga. Olahraga kerap dikatakan sebagai kegiatan yang tidak hanya memiliki fungsi kesehatan dan sosial, melainkan juga rekreasi, politis, bahkan bisnis.[1] Sejak dulu, olahraga telah menjadi sarana untuk persahabatan, kesehatan, menghilangkan penat, sumber penghasilan, hingga investasi.

Untuk tujuan rekreasi atau hiburan, ada sejumlah olahraga yang dapat dicoba salah satunya billiard. Meskipun umumnya bersifat rekreasi, billiard ternyata termasuk dalam kategori olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar. Di samping itu, layaknya cabang olahraga lainnya, billiard juga harus ditunjang dengan kemampuan fisik yang prima agar pemain mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Billiard sering dikatakan sebagai permainan ketangkasan memasukkan bola ke dalam kantong di sudut meja billiard, dengan cara menusuk bola menggunakan stik.[2] Selain itu, billiard juga dapat diartikan sebagai sejenis permainan yang dilakukan dengan cara menyodok atau memukul bola di tempat yang telah ditentukan (biasanya berupa meja).[3]

Baca juga  Update Harga Wearpack Balap Motor (Semua Merk & Tipe)

Sudah banyak studi yang membahas mengenai manfaat billiard bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan Rohit Sagoo dari Anglia Ruskin University, menemukan bahwa bermain billiard menimbulkan dampak positif pada lebih dari 1.029 responden yang diteliti, seperti peningkatan konsentrasi, kemampuan mengasah keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang kehidupan lain, kemampuan melakukan penilaian dan mengelola risiko, serta meningkatkan kesabaran.

Sementara itu, seperti dikutip dari Health Fitness Revolution, manfaat billiard di antaranya menghambat penuaan dini bagi kaum laki-laki, meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus, membakar kalori, membangun kewaspadaan dan kontrol diri, meningkatkan daya ingat dan daya kerja , membentuk dan melenturkan otot, serta dapat mempererat hubungan antar-anggota keluarga atau antar-teman.

Fungsi dan Ukuran Meja Billiard

Meja billiard (unsplash: Sven Mieke)

Meja billiard (unsplash: Sven Mieke)

Untuk bisa bermain billiard, selain stik dan bola, salah satu peralatan yang wajib ada adalah meja billiard. Meja ini, seperti halnya meja pingpong, berguna sebagai medan permainan billiard. Tidak seperti meja pada umumnya, meja billiard memiliki karakteristik spesifikasi dan sangat bergantung pada jenis material yang dipakai, teknik pemasangan, dan kelembapan udara dalam ruangan permainan biliar.

Baca juga  Info Cara Perawatan dan Harga Kura-Kura Ambon

Meja billiard ini biasanya terbuat dari bahan granit atau lempengan tebal, yang berguna untuk mencegah adanya tonjolan-tonjolan yang tidak diinginkan dan mencegah perubahan bentuk meja karena kelembapan udara. Meja billiard umumnya juga dilapisi dengan kain khusus, biasanya berwarna hijau, meski ada juga lain seperti merah dan biru. Perbedaan warna kain pelapis pada meja ini bisa memengaruhi laju bola.

Punya bentuk persegi , meja billiard telah hadir dalam berbagai ukuran, yang biasanya disebut dalam satuan kaki atau feet. Untuk mereka yang masih amatir atau pemula, disarankan untuk menggunakan meja billiard 7 feet atau 8 feet. Sementara, untuk para pemain profesional, sering bermain di meja billiard berukuran 9 feet.

Karena terbuat dari bahan granit, berat, tebal, dan punya karakteristik khusus, harga meja billiard memang tidak bisa dikatakan . Meja billiard 7 feet saja misalnya, harganya paling murah sekitar Rp7,2 juta dan paling mahal, yakni merk Orileys, bisa mencapai angka hampir Rp30 jutaan. Ini tentunya menyulitkan mereka yang punya anggaran terbatas.

Namun, seperti disampaikan di atas, mereka dengan bujet pas-pasan tidak perlu galau terlebih dahulu. Sebagai solusi yang lebih murah, Anda bisa membeli meja billiard mini. Cocok untuk anak-anak atau remaja yang ingin bermain billiard, harga meja ini memang jauh lebih murah daripada meja billiard ‘sesungguhnya’. Lalu, berapa harga meja billiard mini tersebut?

Baca juga  Update Daftar Drumset Harga Termurah (Akustik dan Electric)

Harga Meja Billiard Mini

Meja billiard mini (sumber: forallgifts.com)

Meja billiard mini (sumber: forallgifts.com)

Ukuran Meja Billiard MiniHarga
Meja Billiard Mini 50,5 x 30,5 x 60 cm Complete SetRp375.000 – Rp575.000
Meja Billiard Mini 4 Feet (120 x 64 x 62-75 cm) Complete SetRp1.480.000
Meja Billiard Mini 4 Feet (122 x 64 x 77 cm) Complete SetRp1.650.000
Meja Billiard Mini 4 Feet (140 x 64 x 75 cm) Complete SetRp1.995.000
Meja Billiard 11-in-1 106 x 58 x 70 cm Complete SetRp5.000.000
Minnova Mini Pool Table 4 FeetRp5.600.000

Harga meja billiard mini di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga meja billiard mini tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan olahraga terdekat.

[1] Santosa, Jacky dan Mariana Wibowo. 2014. Perancangan Interior Bowling dan Billiard Club di Surabaya. Jurnal Intra Vol. 2(2): 154-160.

[2] Surahman, Oki. 2015. Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional dan Konsentrasi terhadap Hasil Permainan Biliar Bola 9 pada Pemain Pemula di Klub Biliar Kudus (Skripsi). Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

[3] Daniswara, Radhitya. 2011. Jago Bermain Billiard. Sleman: Second Hope, hlm. 11.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Meja Billiard Mini Terbaru"