Update Harga ATV Kawasaki (Semua Tipe)

Setelah tidak lagi merilis motor bebek, Kawasaki saat ini lebih dikenal sebagai produsen motor sport. Namun, pabrikan asal Jepang tersebut ternyata juga menyediakan varian kendaraan untuk konsumen yang doyan menjelajah jalur off-road. Hadir dalam beragam tipe, motor kepunyaan Kawasaki berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah per unit.

ATV Kawasaki (sumber: atvrider.com)
Kawasaki (sumber: atvrider.com)

All-Terrain Vehicle, atau lebih populer dengan sebutan ATV, sendiri merupakan kendaraan beroda empat yang sering digunakan untuk memacu adrenalin di medan off-road. Orang Indonesia juga kerap menyebut kendaraan ini sebagai mobil mini atau mini traktor, karena bentuknya yang memang menyerupai traktor.

Bacaan Lainnya

Meski biasa dikendarai untuk melibas medan off-road, namun sebenarnya juga bisa diajak untuk melahap segala medan. Awalnya, kendaraan ini hanya digunakan oleh para pemilik perkebunan sebagai alat transportasi mereka. Seiring perkembangan zaman, ATV digunakan untuk banyak kegiatan di dunia otomotif, seperti balap, motor penjelajah alam, kendaraan operasional SAR, atau untuk disewakan sebagai kendaraan pelintas alam.

Baca juga  Specs dan Update Harga Mixer Yamaha AG06

Umumnya, ATV bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu Tipe I yang ditujukan untuk operator tunggal atau tanpa penumpang. Sementara, Tipe II ditujukan untuk operator dan penumpang. Karena itu, untuk ATV Tipe II ini, biasanya telah dilengkapi dengan jok belakang yang mampu menampung satu penumpang, atau bisa diajak tandem.

Sejumlah pabrikan tercatat telah meluncurkan berbagai varian ATV untuk memuaskan pengendara off-road. Pabrikan Yamaha misalnya, pada tahun 2015 lalu resmi merilis tiga ATV terbaru, salah satunya Grizzly. Grizzly tampil gagah dengan empat roda dan telah disokong sistem transmisi otomatis, lengkap dengan V-belt dan kopling sentrifugal sehingga mudah dikendarai.

Sementara, pabrikan lokal, Viar, tak mau kalah dengan meluncurkan dua ATV sekaligus untuk pasar Indonesia pada pertengahan Maret 2016 kemarin. Dua model ATV yang diperkenalkan Viar kala itu adalah Razor 100SP dan Razor 150SP. Jika Razor 150SP ditujukan untuk kalangan pria dewasa, maka Razor 100SP menyasar segmen anak-anak dengan bobot maksimal 60 kilogram.

Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Box Bayi Pliko Original

Varian ATV Kawasaki

Lalu, bagaimana dengan Kawasaki? Pabrikan Jepang yang lebih terkenal dengan -produk motor sport itu ternyata juga beberapa kali melemparkan ATV ke pasar global. Dikutip dari situs resminya, ATV produk Kawasaki secara garis besar dibedakan menjadi dua kategori, yaitu Youth yang ditujukan untuk pengendara pemula dan Utility atau Recreation untuk mereka yang lebih mahir.

Untuk kategori Youth, saat Kawasaki menyediakan dua tipe kendaraan ATV. Tipe yang pertama adalah KFX 50, yang seperti namanya, dibekali mesin 4-stroke, air-cooled, silinder tunggal, berkapasitas 49,5cc. Sementara, varian kedua adalah KFX 90 yang didukung dengan mesin tipe 4-stroke, air-cooled, single cylinder, berkapasitas 89cc.

Kawasaki KFX50 & KFX90 (sumber: picaoutos.com)
Kawasaki KFX50 & KFX90 (sumber: picaoutos.com)

Sementara, untuk kategori kedua, pilihannya lebih beragam. Perusahaan menyediakan setidaknya empat tipe kendaraan ATV untuk penggemar dan konsumen. Varian paling kecil adalah Brute Force 300 yang membawa mesin 300cc. Sementara, tiga varian Brute Force lainnya, kompak mengusung mesin berkapasitas 750cc.

Lalu, berapa ATV buatan Kawasaki? Pada tahun 2019 lalu, varian ATV kategori Youth dilepas dengan harga USD 1.999 hingga USD 2.599, sedangkan harga tipe Brute Force mulai USD 4.399 hingga USD 10.599. Harga tersebut masih tidak berubah pada tahun 2020 dan tahun 2021. Untuk harga terbaru, Anda dapat melihat tabel berikut.

Baca juga  Info Terkini Harga Keyboard KORG Pa700 (Baru & Bekas)

ATV Kawasaki Edisi 2022

Tipe ATV Kawasaki
KFX 50 USD 2.999
KFX 90 USD 3.099
Brute Force 300 USD 4.799
Brute Force 750 4x4i USD 11.399
Brute Force 750 4x4i EPS USD 11.399 – USD 11.999
Brute Force 750 4×41 EPS CAMO GBP 8.3999

Daftar kendaraan ATV Kawasaki di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan yang bersangkutan. Jika dibandingkan edisi sebelumnya, harganya saat ini memang mengalami kenaikan. Varian Kawasaki KFX 50 misalnya, awalnya dijual USD 1.999 dan sekarang naik menjadi USD 2.999. Sementara itu, harga Kawasaki Brute Force 300 naik dari USD 4.399 menjadi USD 4.799. Saat tulisan ini tayang, kurs 1 USD setara Rp14.700, sedangkan kurs 1 GBP sekitar Rp18.200 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.