Update Harga Forklift Toyota (Baru dan Bekas)

Toyota selama ini mungkin lebih populer sebagai pabrikan pembuat mobil-mobil andal. Nah, selain kendaraan roda empat, perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut ternyata juga memproduksi forklift, sejenis truk industri bertenaga mesin atau yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang jarak pendek. Hadir dalam berbagai kapasitas, mulai 1,5 ton, 2,5 ton, hingga 5 ton, harga forklift Toyota rata-rata ratusan juta rupiah per unit.

Varian Forklift Toyota (sumber: baklogistics.com)
Varian Forklift Toyota (sumber: baklogistics.com)

Apa Itu Forklift?

Pada proyek pembangunan, perindustrian, pelabuhan, dan area-area serupa lainnya, sering terjadi proses memindahkan sebuah benda dari satu tempat ke tempat yang dituju. Untuk kebutuhan tersebut, tentu saja diperlukan peralatan-peralatan khusus guna memindahkan berbagai jenis bentuk dan ukuran yang tidak mungkin dipindahkan dengan tenaga manusia. Nah, dari sekian banyak jenis pemindah bahan yang ada, pesawat angkat merupakan jenis mesin pemindah yang kerap digunakan dalam kegiatan di area konstruksi, pelabuhan, dan perindustrian.[1]

Bacaan Lainnya

Manifestasi dari pesawat angkat sendiri bermacam-macam, salah satunya adalah forklift. Sebagai contoh pesawat angkat, forklift berguna untuk mengangkat dan memindahkan bahan dengan ketinggian yang berbeda, yang tidak mampu dipindahkan oleh manusia.[2] Biasanya, barang atau benda yang akan diangkat diletakkan di atas pallet terlebih dahulu, kemudian baru diangkat dan dipindahkan.

Baca juga  Update Harga Tiket Kapal Jakarta-Batam

Forklift umumnya sudah didesain dengan kapasitas beban maksimal dan dengan pusat gravitasi (COG) yang sudah ditentukan. Kita dapat mengetahui informasi tersebut dengan membaca name plate yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat forklift. Seorang operator harus mampu memahami informasi yang terdapat pada name plate. Biasanya, pada name plate sudah tertera kapasitas maksimal, berat kendaraan, tahun pembuatan, hingga merk dan tipe forklift.

Salah satu faktor penting dan wajib diketahui tentang forklift adalah alat ini menggunakan kemudi ban belakang. Dengan kemudi ini, tingkat manuver forklift sangat baik, terutama di ruangan terbatas dan sempit atau di tikungan yang sulit. Kemudi ini tentunya sangat berbeda dengan kendaraan yang sering kita temui di jalan raya.

Piranti tersebut juga dilengkapi counterweight, berupa beban penyeimbang yang diletakkan di belakang kendaraan. Tujuan counterweight ini adalah sebagai penyeimbang beban yang diangkat sehingga forklift tidak menungging. Prinsip kerjanya mirip dengan jungkat-jungkit yang ada di taman bermain. Pada forklift yang bertenaga baterai, menjadi bagian dari counterweight.

Forklift Toyota (sumber: toyota-forklift.eu)
Forklift Toyota (sumber: toyota-forklift.eu)

Varian Forklift Toyota

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang telah meluncurkan forklift untuk pasar internasional, termasuk Indonesia. Nah, salah satu nama yang dikatakan populer adalah Toyota. Merk yang berasal dari Negeri Terbit tersebut menyediakan beberapa model forklift yang dapat disesuaikan kebutuhan, dengan daya angkat mulai 1 ton.

Baca juga  Tempat Beli Kartu E-Toll, Limit, dan Biaya Terbaru

Untuk kapasitas 1,5 ton, telah hadir Toyota 8FB15 yang punya mast 3 meter, transmisi manual, serta sudah didukung dengan tenaga baterai. Sementara itu, untuk varian di atasnya, tersedia Toyota 60-8FD25 berkapasitas 2,5 ton, yang diklaim irit bahan bakar, memiliki daya tahan luar biasa, stabil, serta sudah didukung mesin Toyota Diesel 1DZ-II dan ban pneumatic.

Di tengah-tengah kedua model tersebut, terdapat Toyota 32-8FG20 yang punya daya angkut hingga 2 ton. Produk ini telah dibekali dengan sejumlah fitur canggih, seperti stabilizer kontrol untuk roda belakang yang selalu aktif, kontrol pengaturan berat yang selalu aktif untuk menghasilkan keseimbangan bagian depan dan belakang, sinkronisasi kemudi, pengatur kontrol daya ungkit garpu otomatis, daya belok ban yang untuk pengoperasian yang lebih cepat, serta ruang lebih untuk operator dan kenyamanan pengguna.

Jika Anda atau perusahaan Anda tertarik menggunakan forklift buatan Toyota, sebenarnya tidak susah mendapatkan produk tersebut. Anda sudah bisa membelinya di sejumlah toko yang menjual alat-alat berat atau menelusuri sejumlah situs jual beli online. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung tipe. Berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga forklift Toyota.

Baca juga  Info Fasilitas dan Update Harga Sewa Bus Pariwisata Symphonie
Varian Forklift Toyota (sumber: toyota-forklifts.co.uk)
Varian Forklift Toyota (sumber: toyota-forklifts.co.uk)

Harga Forklift Toyota

Tipe Forklift Toyota Harga
Toyota 7FD15 1,5 Ton Rp120.000.000
Toyota 62-8FD30 3 Ton Rp264.600.000
Toyota FDZN30 3 Ton Rp320.000.000
Toyota 62-8FD25 2,5 Ton Rp350.000.000
Toyota 8FD50N 5 Ton Rp670.000.000

Informasi harga forklift Toyota di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan berat dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang stabil, tetapi ada juga yang justru turun. Harga Toyota 8FD50N misalnya, masih tetap Rp670 juta, sedangkan harga Toyota FDZN30 turun dari Rp350 juta menjadi Rp320 jutaan.

Forklift Toyota (sumber: toyota-forklift.eu)
Forklift Toyota (sumber: toyota-forklift.eu)

Harga Forklift Toyota Bekas

Tipe Forklift Toyota Harga Bekas
Forklift Toyota 1 Ton Rp85.000.000 – Rp135.000.000
Forklift Toyota 3 Ton 2001 Rp89.250.000
Forklift Toyota 3,5 Ton 1999 Rp90.000.000
Forklift Toyota 4 Ton 2001 Rp100.000.000
Forklift Toyota 1,5 Ton Rp135.000.000
Forklift Toyota 8FBN25 2,5 Ton Rp150.000.000
Forklift Toyota 3 Ton 2007 Rp165.000.000

Harga forklift Toyota bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan berat. Perlu Anda catat bahwa harga forklift Toyota tersebut tidak mengikat, bisa berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda-beda di masing tempat. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi toko peralatan berat terdekat di daerah Anda.

[1] Jimmy, Frans Yusuf Daywin, Soeharsono. 2014. Perancangan Sistem Angkat Forklift dengan Kapasitas 7 Ton. Poros, Vol. 12(1): 87-94.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.