Update Harga Masako di Indomaret dan Alfamart (Sachet, Dus, Renceng)

Sebagian orang gemar menambahkan penyedap rasa pada masakan meski telah diberi bumbu. Tujuannya untuk meningkatkan cita rasa pada masakan yang disajikan. Dari sejumlah merk penguat rasa yang beredar, Masako terbilang produk legendaris yang mudah ditemukan di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Diklaim berasal dari kaldu ayam maupun sapi asli, produk dari Ajinomoto ini dijual dengan harga relatif terjangkau, baik kemasan sachet, dus, dan renceng.

Menaburkan Masako pada masakan (sumber: dapurumami.com)
Menaburkan Masako pada masakan (sumber: dapurumami.com)

Terdapat dua jenis bahan penyedap makanan, di antaranya penyedap rasa dan aroma (flavor), serta penguat rasa (flavor enhancer). Bahan penyedap rasa dan aroma terdiri dari bahan apel dan nanas yang merupakan senyawa amil kaproat yang banyak digunakan pada kue kering seperti kue nastar. Sementara itu, bahan penguat rasa alami di dapur seperti terasi, garam, dan asam jawa yang memiliki asam asetat (cuka). Beberapa contoh penyedap makanan lainnya, yaitu asam butirat, etil laktat, dan metil salisilat.

Bacaan Lainnya

Berbeda lagi dengan bahan penguat rasa kemasan, yang banyak digunakan adalah monosodium glutamat (MSG) atau kerap dikenal dengan nama bumbu atau vetsin. MSG dibuat dari sari tebu yang difermentasi oleh bakteri khusus, memiliki sifat tidak berbau. Rasanya manis yang dikombinasikan asin membuatnya terasa enak di mulut, serta dapat menekan aroma bawang. MSG tidak terlalu berbahaya asalkan pemakaiannya terbatas. Ambang batas pemakaian MSG yang diizinkan adalah 50 mg/kg per hari.[1]

Masako menjadi salah satu bumbu kaldu spesial yang diproduksi oleh PT Ajinomoto Indonesia. Dikatakan terbuat dari dari ekstrak daging ayam dan sapi pilihan, membuat Masako menawarkan rasa asin dan gurih secara seimbang. Pada proses pengolahan di pabrik, daging tersebut dikeringkan menjadi ekstrak daging, kemudian dicampur dengan bumbu lainnya, lalu dikemas dengan cara yang higienis.

Produk ini diklaim telah melalui proses pengolahan yang higienis dengan teknologi tinggi, sehingga menghasilkan bumbu kaldu berkualitas di rumah Anda. Selain Masako, produsen penyedap rasa Ajinomoto juga memproduksi bumbu praktis siap saji lainnya seperti Sajiku, Saori, mayonaise Mayumi, hingga saus pasta Delito.

Komposisi Masako

Garam, gula, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium inosinat dan guanilat), ekstrak daging ayam, lemak ayam, bawang putih, bawang merah, pengatur keasaman (trinatrium sitrat), ekstrak protein kedelai, merica.

Banyak yang bertanya apakah Masako termasuk MSG? Masako tetap mengandung MSG di samping perasa daging sapi maupun ayam walaupun kadarnya relatif sedikit, berbeda dengan bumbu masak vetsin yang mengandung 100% MSG. Perlu diketahui, meski memiliki kandungan MSG, menurut BPOM, Masako masih aman dikonsumsi karena telah berlabel halal dan tidak mengandung kimia berbahaya.

Masako tidak mengandung bahan pengawet, daya tahan produk relatif lama karena berbentuk bubuk kering, dan dikemas dengan bahan pengemas yang sesuai standar sehingga mikroba tidak dapat tumbuh. Meski dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi fungsi Masako sebagai bumbu masak akan lebih terasa jika digunakan pada saat memasak. Lalu, berapa harga penguat rasa Masako saat ini?

Ilustrasi: Masako (credit: marketing.co.id)
Ilustrasi: Masako (credit: marketing.co.id)

Harga Masako di Minimarket

Varian Kemasan MasakoHarga di IndomaretHarga di Alfamart
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Sapi 6×9 grRp3.400
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Ayam 6×9 grRp3.400
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Sapi 100 grRp5.200
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Ayam 100 grRp5.200
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Sapi 250 grRp10.900Rp10.900
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Ayam 250 grRp10.900Rp11.900
Ajinomoto Penyedap Rasa Masako Sapi 1 KgRp41.900

Informasi harga Masako di atas telah kami rangkum dari situs dan aplikasi minimarket bersangkutan. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi cabang Indomaret dan Alfamart terdekat.

Sementara untuk kemasan Masako lainnya, Anda bisa memesannya lewat marketplace terpercaya. Mengenai harganya, 1 bungkus Masako semula dibanderol Rp500 per sachet pada 2020 dan 2021, lalu sedikit naik menjadi Rp670 per sachet di tahun 2022. Berikut perbandingan harga Masako yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di toko online.

Masako Varian (sumber: nitalanaf.com)
Masako Varian (sumber: nitalanaf.com)

Harga Masako di Online Shop

Varian Kemasan MasakoHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Ajinomoto Masako 1 sachetRp670Rp670
Ajinomoto Masako Sapi 1 renceng (12 x 11 gr)Rp5.000Rp5.288
Ajinomoto Masako Sapi 100 grRp6.000Rp7.000
Ajinomoto Masako Ayam 100 grRp7.000Rp7.200
Ajinomoto Masako Ayam 250 grRp8.900Rp9.000
Ajinomoto Masako 500 grRp18.000Rp22.000
Ajinomoto Masako 1 kgRp34.000Rp36.000
Ajinomoto Masako Ayam/Sapi 1 pakRp46.500Rp46.500
Ajinomoto Masako Ayam/Sapi 1 dus (6 pack x 120 sachet)Rp280.000Rp340.000

Informasi harga Masako di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga Masako di pasaran saat ini cenderung naik, meski ada pula yang harganya tetap. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu review di internet untuk mendapatkan produk berkualitas.

[Update: Ditta]

[1] Suryatin, Budi. 2004. Sains SMP Kelas 1. Jakarta: Grasindo, hlm. 45.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *