Info Terkini Harga Lobster Mutiara dan Bibitnya di Pasaran

Potensi komoditas laut yang berlimpah di Indonesia memang tak perlu diragukan. Selain ikan, jenis lobsternya pun beragam, sehingga tak heran jika Indonesia diklaim sebagai negara penghasil bibit lobster terbesar di dunia. Bahkan, beberapa di antaranya masuk dalam kategori langka yang memiliki nilai jual sangat tinggi, salah satunya lobster mutiara. Harga benur atau benih lobster mutiara per ekor saat ini sudah berada di kisaran Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

Benih lobster mutiara (sumber: Antara)
Benih lobster mutiara (sumber: Antara)

Indonesia memiliki tujuh jenis lobster, yaitu lobster pasir (Panulirus homarus), lobster batik (Panulirus longipes), lobster batu (Panulirus penicillatus), lobster pakistan (Panulirus polyphagus), lobster bambu (Panulirus versicolor), dan lobster batik (Panulirus femoristriga), dan lobster mutiara (Panulirus ornatus). Dari berbagai jenis lobster tersebut, lobster mutiara diklaim sebagai lobster termahal dibandingkan jenis lainnya, mencapai jutaan rupiah per kg. Pasalnya, lobster ini memiliki tekstur daging yang lembut dengan sensasi rasa gurih begitu kuat. Lobster mutiara juga diklaim kaya kandungan gizi. 

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Terbaru Harga Natur-E Daily Face Cream untuk Wajah

Ciri Lobster Mutiara

  • Memiliki kehijauan di bagian tubuhnya.
  • Tubuhnya terdapat bintik-bintik besar dan kecil yang berwarna kuning terang.
  • Setiap ruas antar segmennya terdapat pola garis tipis berwarna kuning dan hitam.
  • Pada setiap kakinya terdapat pola garis vertikal berwarna kuning dan hitam.
  • Pada bagian ekornya berwarna orange.
  • Mampu tumbuh panjang hingga 30-50 cm.

Mengenai harga lobster, salah satu peneliti Center of Maritime Studies for Humanity mengungkapkan, harga lobster di tingkat nelayan penangkap benih lobster dan di tingkat pengepul sudah jauh berbeda. Di Aceh dan Lombok Timur misalnya, benih lobster di tingkat nelayan hanya mencapai Rp3.000 hingga Rp4.500 per ekor. Sementara di tingkat pengepul, harga lobster dapat berkali lipat mencapai Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per ekor. Lalu, berapa harga lobster jenis mutiara per kg saat ini?

Harga Lobster Mutiara 

Berat Lobster Mutiara Kisaran Harga 
Lobster Mutiara 200 – 300 gr Rp620.000 per kg
Lobster Mutiara 300 – 500 gr Rp750.000 per kg
Lobster Mutiara 500 – 600 gr Rp950.000 per kg
Lobster Mutiara 1.000 gr Rp1.600.000 per kg
Lobster Mutiara 1,2 – 1,4 kg Rp5.000.000 per kg
Baca juga  Harga Ikan Tapah per Ekor (Semua Ukuran)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga lobster mutiara di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, harga lobster mutiara berat 500 – 600 gr yang semula dibanderol mulai Rp900 ribu, kini naik menjadi Rp950 ribu per kg. Tak jauh berbeda dengan harga lobster mutiara berat 1 kilogram yang juga naik dari Rp1,5 juta menjadi Rp1,6 juta.

Lobster Mutiara di Pasaran - jurnalis-ntt.blogspot.com
Lobster Mutiara di Pasaran – jurnalis-ntt.blogspot.com

Harga benih lobster pun bervariasi, mulai dari benih lobster air tawar yang paling murah mulai Rp2.500 per ekor,  benih lobster sekitar Rp4.500 per ekor, dan lobster dipatok Rp7.000 per ekor dengan 2,5 hingga 3 inci. Lalu, berapa harga benih lobster mutiara per ekor saat ini di pasaran dalam negeri?

Harga Bibit Lobster Mutiara 

Jumlah Bibit Lobster Mutiara Harga per Ekor
Minimal pembelian bibit 500 ekor Rp12.500
Pembelian di atas 1.000 ekor Rp7.000
Minimal pembelian bibit 600 – 1.000 ekor Rp9.000

Sekadar informasi, sejak awal tahun 2017, harga benih lobster dibedakan berdasarkan jenisnya. Benih lobster mutiara dikenakan harga berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp75 ribu per ekor. Namun, menginjak 2020, bibit lobster mutiara dijual dengan harga Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per ekor. Sementara itu, harga bibit lobster mutiara di Vietnam yang berasal dari perairan Indonesia bisa mencapai Rp139 ribu per ekornya. 

Baca juga  Info Lengkap Manfaat, Komposisi, dan Harga Royal Canin Recovery Terbaru

Perlu diketahui, informasi harga lobster mutiara dan bibitnya di atas kami himpun dari berbagai sumber di internet. Harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Harga di setiap daerah juga dapat berbeda-beda karena dipengaruhi berbagai faktor. Anda dapat mencoba datang langsung ke nelayan lobster untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Anda juga dapat menemukan beberapa situs jual beli yang menawarkan baby lobster dengan harga bersaing.

[Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.