Update Harga Kadal Duri Crocodile Skink Papua (Bayi dan Dewasa)

Beberapa jenis kadal memiliki bentuk yang unik, yang membuat banyak orang untuk memelihara hewan reptil ini. Nah, salah satu varian kadal yang punya bentuk tidak biasa adalah kadal duri atau crocodile skink, yang juga sering disebut sebagai kadal buaya mata merah Papua. Di pasaran, kadal jenis ini untuk usia dewasa ditawarkan dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah per ekor.

Kadal duri crocodile skink papua (sumber: freepik)
Kadal duri crocodile skink papua (sumber: freepik)

Kadal duri memang sering disebut sebagai crocodile skink. Ini bukan berarti hewan tersebut termasuk dalam spesies buaya, namun bentuknya memang sepintas mirip dengan buaya. Meskipun memiliki tampang yang seram, ganas, sekaligus punya duri-duri di bagian punggungnya, ternyata jika dilihat lebih detail, binatang ini justru terlihat imut dan lucu.

Bacaan Lainnya

Dari beberapa varian kadal duri atau crocodile skink, salah satu yang paling populer dan banyak sering dijadikan hewan peliharaan adalah kadal duri mata murah. Bernama latin Tribolonotus Gracilis, ini adalah spesies yang konon berasal dari Pulau yang seperti namanya, punya keunikan berupa lingkaran berwarna merah di sekeliling matanya.

Crocodile skink atau kadal duri mata merah memiliki ukuran yang mungil, rata-rata ukurannya badannya sekitar 15 cm hingga 20 cm untuk yang sudah dewasa. Kadal duri mata merah adalah hewan pemalu yang aktif mencari makan pada malam hari atau nocturnal. Makanan kesukaan binatang ini yaitu hewan-hewan kecil seperti belalang, jangkrik, ulat, dan cacing. 

Seperti jenis-jenis kadal pada umumnya, crocodile skink juga dapat memutuskan ekornya bila sedang terancam musuh atau mengalami stres. Ekornya yang telah putus dapat tumbuh lagi, namun tak seperti semula. Usia kadal ini dalam penangkaran dapat mencapai 10 tahun, sekaligus termasuk jenis kadal yang memiliki usia yang panjang.

Baca juga  Update Harga Konsentrat Ayam Petelur 124 (1 Kg dan 50 Kg)

Untuk meneruskan generasinya, kadal duri mata merah berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar. Dalam waktu satu bulan, induk betina bisa menghasilkan 1 butir telur dan telur akan menetas dalam jangka waktu 40 hari hingga 90 hari. Ketika menetas, baby crocodile skink ini berukuran sangat kecil, yakni sekitar 7 cm. Dalam satu kali periode bertelur, induk betina hanya menghasilkan 1 butir telur saja.

Seperti hewan-hewan pada umumnya, pejantan crocodile skink juga sangat menjaga daerah kekuasaannya (teritorial) dari pejantan lain. Crocodile skink adalah binatang yang unik dalam sistem pertahanan diri. Pertahanan diri yang dimilikinya sering disebut “playdead” atau pura-pura mati dan menjadi kaku badannya ketika mereka merasa sedang terancam. Kadal ini juga bisa berlari kencang layaknya kadal lain dan dapat melompat.

Selain yang bermata merah, ada juga kadal duri yang bermata hitam atau bernama latin Tribolonotus Novaeguineae. Tampang jenis ini kurang lebih sama, menyeramkan dan mirip seperti miniatur buaya. Tetapi, seperti halnya kadal duri mata merah, kadal duri mata hitam juga merupakan jenis kadal yang amat jinak. Kadal ini pun berasal dari Papua, dengan ukuran tubuh bisa mencapai 25 cm dan usia rata-rata bisa mencapai 10 tahun.

Seperti disampaikan di atas, kadal duri atau crocodile skink merupakan salah satu varian kadal yang umum dipelihara oleh banyak kadal. Pasalnya, meski terlihat sangar, namun kadal ini merupakan binatang yang jinak. Bahkan, jika dilihat secara saksama, maka kadal duri bisa sangat menggemaskan. Nah, apabila Anda juga berminat memelihara kadal ini, berikut beberapa tips untuk Anda.

Kadal Duri Crocodile Skink - belanja.liputan6.com
Kadal Duri Crocodile Skink – belanja.liputan6.com

Tips Memelihara Kadal Duri

  • Usahakan memperoleh sebesar mungkin sebagai kandang kadal duri. Semakin besar, semakin baik. Karena, kadal duri membutuhkan banyak ruang untuk hidup sehat dan bahagia. Kadal yang baru menetas bisa hidup nyaman dalam wadah berukuran 40-75 liter. Apabila ukuran kadal duri cukup besar, pastikan wadah berukuran minimal 110-150 liter. 
  • Isi dengan substrat. Substrat adalah zat yang digunakan untuk mengisi bagian dasar wadah. Anda harus memilih substrat yang nyaman bagi kadal duri. Siapkan minimal 15 cm substrat berkualitas yang dibutuhkan untuk kadal duri. Campuran tanah, pasir, dan serpihan kayu biasanya ideal dipakai. Jika toko hewan peliharaan menjual reptil, mungkin Anda bisa membeli substrat khusus untuk kadal duri.
  • Jaga tetap pada suhu yang tepat. Kadal duri membutuhkan wadah yang memiliki ujung panas dan dingin. Reptil menjaga tubuhnya tetap hangat dan dingin dengan berganti antara dua lingkungan. Satu area tangki harus bersuhu agak di atas ruangan, sedangkan area lainnya bersuhu sekitar 90 derajat celsius.
  • tidak perlu sangat lembap, dan tidak perlu penyemprotan teratur layaknya reptil lain. Substrat basah akan menjaga kelembapan tangki, tetapi Anda juga perlu menyiapkan semangkuk air untuk reptil. Pilihlah mangkuk dangkal yang cukup lebar sehingga kadal duri bisa berbaring di dalamnya.
  • Berikan kadal duri banyak ruang untuk menggali dan bersembunyi. Kadal duri akan bosan atau gugup jika tidak memiliki tempat bersembunyi di dalam tangki. Kunjungi toko hewan peliharaan dan beli lubang bersembunyi dan tempat tertutup lain. Letakkan di sekeliling tangki sehingga kadal duri memiliki tempat sembunyi ketika ingin menyendiri.
  • Pakan menjadi kebutuhan penting ketika memelihara kadal duri. Serangga dan jangkrik adalah makanan utama kadal duri, dan pastikan kondisinya masih hidup. Selain serangga, kadal duri juga menyukai berbagai buah dan sayuran. Sesekali, Anda juga bisa memberikan hewan ini ulat hongkong.
Baca juga  Info Terupdate Harga French Bulldog (Puppy dan Dewasa)

Nah, setelah siap untuk memelihara kadal duri, Anda bisa berburu hewan reptil ini di berbagai pasar hewan, toko reptil, atau situs jual beli online. Lalu, berapa harga kadal duri saat ini?

Harga Kadal Duri

Pilihan Kadal Duri Kisaran Harga (Rp)
Kadal Duri Mata Merah anakan/bayi 249.000
Kadal Duri Mata Merah Dewasa 350.000
Sepasang Kadal Duri Mata Merah 695.000

Harga kadal duri mata merah terpantau mengalami perubahan hampir setiap tahun. Pada 2019, tercatat kadal duri mata merah dijual mulai Rp180.000 hingga Rp350.000 per ekor. Lalu pada 2020, harga kadal duri mata merah per ekor mengalami kenaikan harga menjadi Rp221 ribu hingga Rp280 ribu. Memasuki 2021, harga 1 ekor kadal duri mata merah tersebut kembali naik menjadi Rp337.500, dan tahun 2022 ini naik lagi jadi Rp350 ribu per ekor.

Perlu Anda ketahui, harga kadal duri di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko reptil terdekat di sekitar rumah Anda. Bahkan saat ini, di berbagai situs jual beli online telah tersedia kadal duri mata merah dengan harga bersaing.

Baca juga  Update Harga Burung Cendet Termahal di Pasaran

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *